Lifestyle

#SemuaMuridSemuaGuru Gelar Pesta Pendidikan 2019

  by: Shamira Priyanka Natanagara       11/5/2019
  • Untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei, Jaringan Semua Murid Semua Guru (SMSG) kembali menggelar Pesta Pendidikan, sebuah acara yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik akan pendidikan Indonesia. Acara ini menghadirkan rangkaian sesi diskusi yang berlangsung dari akhir April hingga awal Mei 2019.






    Rayakan Inovasi dan Kolaborasi

    Tahun ini, Pesta Pendidikan mengusung tema "Rayakan Inovasi dan Kolaborasi, Kerja Barengan untuk Pendidikan". Melalui tema ini, Jaringan SMSG berharap masyarakat Indonesia bisa lebih sadar akan peran dan tanggung jawab masing-masing dalam pendidikan anak bangsa.

    "Sudah banyak inovasi yang dilakukan oleh komunitas dan organisasi pendidikan di Jaringan SMSG di penjuru nusantara," ujar Inisiator Jaringan SMSG Najeela Shihab. "Namun inovasi ini butuh kolaborasi nyata dari semua pihak dengan berbagai latar maupun profesi." 

    Sebagai bentuk inovasi, Jaringan SMSG rutin melaksanakan pertemuan dan pertukaran informasi antar komunitas agar setiap komunitas dapat belajar dari pengalaman satu sama lain. Selain itu, inovasi ini dapat mendorong komunitas jaringan untuk berkolaborasi dengan sesama.

    Saat ini, SMSG sedang berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan berbagai kelompok masyarakat, diantaranya pendidikan anak dengan disabilitas, pengembangan anak muda, dan pendidikan anak marjinal. Selain itu, jaringan ini juga bertujuan untuk mengembangkan pendikan guru, peningkatan literasi, serta pendidikan vokasi kewirausahawaan. 






    Diskusi Bareng di "Ngobrol Publik"

    Pesta Pendidikan 2019 menghadirkan rangkaian sesi diskusi "Ngobrol Publik Online" dari tanggal 22 April hingga 3 Mei. Kegiatan ini mengajak masyarakat untuk turut berdiskusi soal isu-isu pendidikan Indonesia, terutama yang sering terjadi di kehidupan sehari-hari, seperti cara memilih sekolah untuk anak, peran seorang ayah dalam rumah tangga, cara berkomunikasi dengan anak, dan sejenisnya.

    Ngobrol Publik Online ditayangkan di akun media sosial Jaringan SMSG, dan rangkaian sesi diskusi ini mengundang figur publik dan pakar topik tertentu sebagai narasumber. 

    Sebagai puncak acara, Pesta Pendidikan 2019 mengadakan sesi diskusi spesial yang dinamakan "Ngobrol Publik Spesial Hardiknas". Kegiatan ini diadakan di Gedung Kemendikbud RI, Jakarta Pusat pada tanggal 2 Mei lalu. 

    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI hadir sebagai narasumber di acara ini, dan juga sejumlah artis tanah air, diantaranya Andien, Baim Wong, Vidi Aldiano, dan Merry Riana. Selama dua jam, para narasumber tersebut membahas inovasi dan kolaborasi yang telah mereka lakukan untuk pendidikan Indonesia. Ngobrol Publik Spesial Hardiknas juga diramaikan oleh siswa dan siswi yang telah melakukan berbagai dedikasi untuk pendidikan negara.

    Selain Jakarta, Pesta Pendidikan 2019 juga dilaksankan di Makassar, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Sorong.


    (Shamira Natanagara / ed. / Images: Dok. Jaringan SMSG)