Better You

Ini Penyebab Mimisan dan Cara Benar Mengatasinya

  by: Kezia Calesta       11/5/2019
  • Pernah mengalami mimisan? Darah yang keluar dari hidung dapat membuat kamu panik atau khawatir, namun masalah ini sebetulnya merupakan gangguan kecil yang dapat disebabkan oleh banyak hal. Simak penjelasan Cosmo agar kamu bisa mengatasi mimisan dengan baik dan benar.


    Mimisan terbagi dalam dua jenis:

    Mimisan anterior yang terjadi saat pembuluh darah pecah di bagian depan hidung, sedangkan mimisan posterior yang lebih serius diakibatkan oleh pendarahan yang terjadi di bagian dalam hidung. 




    Mimisan anterior merupakan masalah umum yang disebabkan oleh mengorek hidung atau membuang lendir hidung secara paksa. Selain itu, mimisan anterior juga dapat terjadi akibat hidung yang terpukul, sinusitis, pilek/flu, alergi, perubahan cuaca, obat pengencer darah, obat anti-inflamasi (seperti ibuprofen), devisiasi septum (kondisi tulang hidung bengkok), penggunaan narkoba, dan lain-lain.

    Lain halnya, mimisan posterior biasanya disebabkan oleh masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, kekurangan kalsium, alergi terhadap gluten, penyakit darah seperti hemophilia atau leukemia, dan tumor. Maka dari itu, bila kamu sering mengalami mimisan yang berlangsung selama lebih dari 20 menit, inilah waktu yang tepat untuk berkonsultasi dengan dokter.



    Untuk menghentikan pendarahan hidung dengan benar, ikuti langkah berikut:

    Duduk dengan tegak dan arahkan tubuh sedikit ke depan untuk mencegah darah kembali masuk ke hidung. Posisi ini juga akan menurunkan tekanan darah dan memperlambat pendarahan.

    Jangan bersandar ke belakang atau menengadahkan kepala, karena tindakan ini dapat membuat kamu menelan darah secara tidak sengaja.

    Pencet cuping hidung menggunakan jari selama 5-15 menit untuk memberikan penekanan agar darah berhenti mengalir. 



    Jangan mengorek hidung, bersin, atau membuang lendir dalam hidung secara paksa agar kamu tidak merangsang darah untuk mengalir lagi.

    Bila darah dalam hidung terus mengalir setelah 20 menit, segera ke dokter untuk penanganan medis lebih lanjut.


    Ada beberapa tindakan yang bisa kamu ambil untuk mencegah mimisan.

    Gunakan humidifier atau alat pelembap udara dalam ruangan agar kamu tidak terus menghirup udara kering.

    Jangan mengorek hidung secara kasar atau membuang lending hidung secara paksa.

    Batasi konsumsi aspirin, antihistamin, dekongestan, dan obat-obat lainnya yang dapat mengencerkan darah. 


    (Image: doc. freepik.com)