Better You

Maag Kambuh Saat Puasa? Hindari 8 Makanan Penyebab Maag Ini!

  by: Giovani Untari       17/5/2019
  • Salah satu masalah yang kerap menyerang selama berpuasa adalah timbulnya penyakit maag. Ternyata, penyakit yang berpusat pada sistem pencernaan ini dapat terjadi karena beberapa faktor lho, girls! Mulai dari pola makan yang salah, kebiasaan yang kurang tepat, serta pengaruh makanan yang dikonsumsi. Untuk mencegah terjadinya penyakit maag selama berpuasa, kamu dapat melakukan sejumlah cara jitu mengatasi sakit maag pada bulan puasa. Serta menghindari 7 makanan penyebab maag berikut ini:

    1. Makanan yang digoreng


    Makanan yang digoreng pun menyumbang lemak dan kalori yang besar bagi tubuh. Belom lagi penggunaan tepung yang ada di gorengan juga semakin menambah asupan karbohidrat bagi tubuh. Makanan yang digoreng dalam temperatur tinggi pun umumnya mengandung lemak jenuh yang buruk bagi kesehatan. Makanan yang digoreng pun umumnya sulit dicerna oleh tubuhmu, hal ini tidak jarang akan membuat lambungmu lebih sensitif. Minyak pada gorengan juga mampu merangsang produksi asam lambung yang tinggi. Duh!




    2. Produk dairy


    Produk dairy memiliki kandungan laktosa yang berpotensi membuatmu bertambah gemuk dan perut buncit. Di dalam laktosa terdapat enzim laktase, dan permasalahannya adalah semakin bertambahnya usia tubuh kita semakin sulit dalam menyerap laktase. Beberapa produk dairy juga mengandung tinggi lemak yang juga sulit dicerna tubuh sehingga perutmu buncit dan berpotensi menyebabkan maag. Terlebih bagi kamu yang memang memiliki masalah lactose intolerance, maka makanan ini akan menjadi musuhmu.


    3. Sayuran yang mengandung gas


    Meski kaya nutrisi yang baik bagi tubuhmu, namun ada beberapa sayuran yang sebaiknya kamu hindari agar terhindar dari penyakit maag, girls! Sayuran seperti brokoli, kol, serta asparagus mengandung kadar gas di dalamnya. Gas di dalam lambung akan dengan cepat merangsang terjadinya sakit maag.


    4. Makanan pedas


    Makanan pedas memang selalu menggugah selera. Tapi sayangnya makanan pedas juga menjadi makanan yang wajib dihindari para penderita maag saat berpuasa. Hindari mengonsumsi makanan yang pedas terutama saat perut dalam keadaan kosong, girls! Makanan pedas dapat meningkatkan risiko lambung teriritasi dan memicu rasa tidak nyaman pada perutmu.




    5. Makanan Asam


    Rasa asam dalam makanan dapat menyebabkan kambuhnya penyakit maag dan membuat pencernaanmu sensitif akibat meningkatnya produksi asam lambung. Supaya ibadah puasamu aman terkendali, tidak ada salahnya mencoba pilihan menu makanan dan minuman yang tidak memiliki kandungan asam.


    6. Makanan dan minuman berkafein


    A cup of coffee, please! Tapi bagi kamu penderita maag di bulan puasa ini kamu pun puasa sejenak dari makanan dan minuman yang mengandung kafein ini seperti kopi. Beberapa biji kopi contohnya memiliki tingkat acid yang tinggi sehingga kurang ramah dengan pencernaanmu.


    7. Daging merah


    Daging merah mengandung protein yang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna tubuh. Terlebih jika kamu menyantapnya dalam keadaan perut kosong dan terburu-buru. Hal ini semakin menjadi pemicu terjadinya masalah pada pencernaanmu dan berakhir dengan penyakit maag. Oh no! Jika kamu penderita maag, ada baiknya untuk beralih mengonsumsi daging yang lebih mudah dicerna seperti daging ayam maupun ikan. 


    (Images: Dok. Unsplash.com dan Tenor.com)