Beauty

Cara Mengatasi Jerawat Batu Tanpa Perlu ke Dokter Kulit

  by: Kissy Aprilia       17/5/2019
  • DIY Masker Wajah Aspirin

    Dua dermatologis asal Amerika Serikat, Jennifer Herrmann, MD, FAAD, dan Joshue Zeichner, MD, merekomendasikan perawatan home remmedy menggunakan masker wajah aspirin. Jenis obat ini merupakan kategori salicylic acid, yang artinya dapat mengurangi radang atau inflamasi.

    Cara pembuatannya adalah dengan menggerus 1 tablet aspirin, campurkan dengan air sampai menjadi kental, lalu aplikasikan secara langsung pada area jerawat batu. Zeichner memberitahukan bahwa perawatan ini tidak akan membuat kulit menjadi kering. 




    Lakukan Triple Treatment

    Dokter Zeichner menyarankan 3 ritual skincare penting, yaitu dengan menggunakan benzoyl peroxide, krim hydrocortisone, dan salicylic acid. Dalam perawatan tersebut, benzoyl peroxide akan bekerja mengurangi bakteri penyebab jerawat. Sementara itu, krim hydrocortisone akan mengurangi peradangan dan salicylic acid mengatasi kelebihan minyak pada kulit. 


    Kompres dengan Es Batu

    Suhu dingin es batu bisa membantu mengurangi pembengkakan, kemerahan, rasa sakit, dan gatal pada jerawata batu. Hal ini juga dibenarkan oleh Celebrity esthetician ternama di Amerika Serikat dan Eropa, yaitu Angela Caglia. Menurutnya, cara terbaik untuk melakukan perawatan ini adalah dengan cara menggosokkan es batu di area jerawat dalam gerakan melingkar. Lakukan sampai kulitmu terasa sensitif dari dingin dan lakukan 3 kali sehari untuk hasil terbaik. 




    Bersihkan Wajah dengan Cuka 

    Menggunakan cuka apel sebagai toner wajah memang sedang menjadi tren kecantikan. Tapi dokter Hermann mengungkapkan bahwa cuka putih cair memiliki sifat antibakterial yang luar biasa, dan dapat membantu membunuh bakter penyebab jerawat batu. Ia merekomendasikan jenis cuka ini sebagai pembersih wajah atau toner untuk digunakan dua kali sehari. 


    Kontrol Pola Diet

    Apakah kamu sedang mengubah pola makan? Skincare expert asal Amerika Serikat, Renee Rouleu memberikan informasi tentang apa yang tidak dan sebaiknya kamu konsumsi. Selama 3 minggu, hindari dairy product seperti yogurt, susu, dan keju untuk melihat perubahan kondisi kulit. Selain itu, hindari pula makanan yang mengandung gula karena dapat memicu inflamasi yang memperburuk masalah jerawat. 


    (Kissy Aprilia, Image: Jcomp on Freepik)