Lifestyle

10 Istilah yang Wajib Diketahui oleh Para Fans EXO, EXO-L!

  by: Giovani Untari       18/5/2019
  • Calling all EXO-L! Selain fangirling (or fanboying) dengan mendengarkan lagu EXO, menonton video klip serta 10 variety show EXO yang seru, hingga datang ke konser Suho dkk secara langsung. Tapi belum lengkap rasanya jika kamu belum mengetahui 10 istilah yang wajib diketahui oleh para fans EXO yaitu EXO-L di bawah ini.






    Hmmm kira-kira apa saja ya 10 istilah yang wajib diketahui oleh para fans EXO atau EXO-L? Pastikan kamu mengetahui istilah berikut ini ya:


    1. EXO! Saranghaja!



    “We Are One! EXO! Saranghaja!” bagi kamu yang masih asing dengan kalimat ini, “We Are One!” adalah slogan khas perkenalan dari EXO. Sedangkan “EXO! Saranghaja!” digunakan sebagai penyemangat bagi para personil dan fans dalam setiap perfomance mereka. Saranghaja dalam bahasa Korea berarti “Let’s Love”.

    Kalimat penuh makna ini pun merupakan bentuk semangat penyebaran rasa cinta EXO pada segala hal di dunia ini, mulai dari cinta untuk para member EXO, cinta untuk fans, cinta kepada musik, serta cinta kepada staff yang bekerja di balik kesuksesan EXO. So sweet!


    2. Aeri / Eri



    EXO-L adalah sebutan official bagi para penggemar EXO. Tapi menariknya, salah satu personil EXO yaitu Baekhyun pun memberi panggilan sayang lainnya kepada EXO-L yaitu Aeri / Eri. Aeri / Eri berasal huruf L-Y (L yang terdapat dari nama fandom EXO-L) di mana saat diucapkan terdengar seperti “Eri.” Di Korea Aeri juga memiliki makna pelindung.

    Ide Baekhyun memberi nama panggilan sayang kepada EXO-L ini muncul karena ia ingin merasa lebih dekat dengan para EXO-L selayaknya ia memanggil para member EXO dengan penuh keakraban seperti: Chennie, Chanyeolie, Jonginie, dan Sehunie.


    3. Yehet & Ohorat



    Sebagai EXO-L salah satu variety show EXO yang tidak boleh kamu lewatkan adalah EXO Showtime. EXO Showtime menjadi penanda dari variety show yang pertama kali dibintangi oleh EXO. Dari 12 episode dalam EXO Showtime, kamu akan diajak mengenal lebih dekat personality dari masing-masing personil EXO. Di sini pula kamu bisa mengenal istilah Yehet dan Ohorat yang dipopulerkan oleh sang maknae EXO yaitu Sehun, girls!



    Yehet sendiri merupakan sebuah kata yang digunakan untuk mengungkapkan rasa senang dalam dirinya. Kata ini begitu populer sejak ditayangkannya EXO Showtime bahkan masuk ke dalam kamus Urban Dictionary. Sedangkan Ohorat menjadi istilah unik yang dipakai Sehun untuk menggambarkan perasaannya. Bahasa slang satu ini merupakan plesetan dari kata “Alright."


    4. Chogiwa



    Di awal debutnya, EXO terbagi menjadi dua sub-grup yaitu EXO-K dan EXO-M. Satu tahun berselang setelah debutnya, EXO pun resmi merilis album pertamanya yang berjudul XOXO di tahun 2013 dan resmi tampil dengan personil lengkap yaitu 12 member melalui lagu Wolf. Kata Chogiwa diambil dari lirik awal lagu Wolf tersebut yaitu: Chogi wa danbeone neukkyeo. Nah kata ini menjadi begitu populer karena lirik lagu satu ini begitu melekat di otak setelah kamu mendengarkannya. Bahkan sampai banyak yang menjadikan bahan untuk meme!


    5. Eureureong



    Kesuksesan Wolf membuat boyband satu ini merilis album XOXO dalam versi repackaged-nya. Kali ini EXO kembali dengan video klip Growl atau Eureureong yang tak kalah energik dari Wolf. Sama seperti Chogiwa, Eureureong pun merupakan lirik lagu Growl yang tidak kalah ikonik! Eureureong dalam bahasa Inggris berarti growl atau menggeram. Na eureureong eureureong eureureong dae!




    6. Kkaebsong



    Lagi-lagi Baekhyun menciptakan istilah unik yang wajib diketahui oleh para EXO-L. Dalam salah satu episode EXO Showtime, vokalis EXO tersebut menciptakan istilah Kkaebsong. Buat kamu yang penasaran, kkaebsong berasal dari kalimat is ’kkab chuh suh jwe song hab ni da.” Yang berarti “Maaf jika melakukan sebuah tindakan yang bodoh."

    Jadi Kkaebsong juga bisa digunakan untuk menunjukkan rasa penyesalan atas tindakan yang foolish atau guyonan yang garing. 


    7. Nagajuseyo



    Nah kalau istilah yang satu ini dipopulerkan oleh member EXO yaitu Lay, babes! Istilah nagajuseyo berarti “silahkan keluar.” Nagajuseyo populer berkat cerita Baekhyun tentang Lay dalam acara Star Show 360. Semasa trainee, Baekhyun pertama kali bertemu Lay di ruang latihan yang sama. Lay pun bertanya apakah Baekhyun akan latihan menggunakan ruangan tersebut dan ia pun menjawab tidak. Jawaban Baekhyun tersebut lantas dibalas Lay dengan kata Nagajuseyo untuk mempersilahkan Baekhyun keluar. Alhasil kisah Baekhyun ini langsung mengundang derai tawa seluruh acara. Tapi dengan ekspresi polosnya pria bernama asli Zhang Yixing tersebut menjelaskan bahwa ia mempersilahkan Baekhyun keluar bukan untuk niat buruk kok, babes! Melainkan karena Lay merasa malu jika ada yang melihatnya latihan menari. Ada-ada saja ya!


    8. Beagle Line



    Beralih ke istilah berikutnya yang wajib diketahui para EXO-L adalah beagle line. EXO sendiri punya trio beagle lines yang terdiri dari Chanyeol, Baekhyun, dan Chen. Ketiga personil EXO ini memang punya sifat yang mirip dengan puppy beagle alias hiperaktif, ceria dan senang bermain di mana pun. Kehadiran trio beagle lines ini selalu sukses membuat suasana EXO menjadi ramai dan penuh canda tawa berkat aksi ketiganya. 


    9. Satansoo





    Istilah ini diberikan untuk menyebut salah satu member EXO yaitu D.O. D.O alias Kyungsoo merupakan member EXO yang dikenal memiliki sifat yang tenang dan adorable sehingga tidak jarang ia kerap digoda oleh personil lainnya. Tetapi ia di lain waktu, Kyungsoo juga kerap menunjukkan sifatnya yang straight-forward, sassy, dan jahil. Biasanya istilah Satan Soo ini digunakan saat Kyungsoo tengah melancarkan aksi mengerjai balik para personil EXO yang kerap menggodanya. Ayo tebak, siapa personil EXO yang sering menjadi objek Satansoo ini?




    10. “Shawty imma party til the sundown



    Shawty imma party til the sundown? Yes, kamu nggak sedang salah baca! Ini merupakan salah satu istilah yang populer di kalangan EXO-L dan berasal dari part Sehun di lagu Love Me Right. Lagu yang berasal dari repackaged album EXODUS, ini tidak kalah hadir dengan melodi funky dan seru untuk didengarkan. 


    Images: Dok. SM Entertaiment dan Tenor.com.