Lifestyle

5 Ide Ngabuburit Hemat Tanpa Menguras Dompet di Bulan Puasa

  by: Shamira Priyanka Natanagara       17/5/2019
  • Bukber, beli baju untuk hari Lebaran, THR untuk adik sepupu dan keponakan, promosi dan diskon Ramadan di mana-mana... huft, pengeluaran di bulan puasa dan menjelang Lebaran semakin meningkat, padahal rencananya ingin menabung. Namun kamu tidak perlu pusing, girls, karena masih ada beberapa cara untuk menabung bulan ini, salah satunya adalah melalui kegiatan ngabuburit. Untuk menunggu waktu buka puasa, tidak perlu mengeluarkan banyak uang, kok. Kalau ingin tahu ide-ide ngabuburit yang hemat, Cosmo punya beberapa rekomendasi. Simak terus artikel ini ya!


    1. Yoga with YouTube




    Menunggu buka puasa sambil yoga? Nggak capek, tuh? Hmm... justru menggerakkan tubuh selagi menunggu waktu buka itu menyegarkan, lho. Apalagi dengan yoga, jenis olahraga ini tidak terlalu menguras tenaga tapi tetap membuat tubuh bugar. Selain itu, yoga juga cukup mudah untuk dilakukan di rumah, jadi kamu bisa menghemat uang. Dan kalau kamu butuh panduan, there's YouTube! Sudah ada beberapa YouTuber yang membuat konten khusus yoga, seperti Yoga with Adriene, Faith Hunter, EkhartYoga, dan DoYouYoga.

    Nah, waktu yang pas untuk melakukan yoga saat bulan puasa adalah sekitar 45 menit sebelum adzan maghrib dikumandangkan. Kamu tidak akan merasa terlalu lelah, dan kamu akan selesai yoga tepat pada waktu buka puasa. 


    2. Mewarnai? Why Not!


    Keluarkan jiwa senimu di bulan Ramadan ini! Tidak perlu membuat karya yang rumit, kok, kamu masih bisa berkreasi dengan mewarnai adult coloring book. Yup, bukan hanya anak-anak saja yang punya buku mewarnai, sekarang ada yang khusus untuk orang dewasa. Buku mewarnai ini telah dirancang untuk menenangkan pikiran dan mengurangi stres, so mungkin saja kegiatan ini akan membuatmu lupa soal waktu puasa, hehehe... 

    Adult coloring book bisa ditemukan di toko buku terdekat dengan harga yang cukup terjangkau, yakni di bawah Rp100.000,-.


    3. DIY Pampering


    Memanjakan diri di spa atau salon kedengarannya enak sekali, apalagi pada bulan Ramadan—wajah dan tubuh rasanya harus di-recharge. Nah, daripada mengeluarkan uang untuk perawatan di salon, coba manjakan diri di rumah saja! Boleh dicoba, dong, sekali-sekali. Selain menghemat uang, kegiatan ini juga dapat membunuh waktu karena kamu perlu menyiapkan segala hal sendiri, mulai dari masker wajah, masker rambut, hingga mengisi bathtub (jika ingin berendam). 




    4. Binge-watch serial TV atau maraton film


    Of course, daftar ini tidak akan lengkap tanpa binge-watch serial TV atau maraton film. Bulan Ramadan ini adalah waktu yang tepat untuk akhirnya menonton berbagai series dan film yang telah kamu tunda setelah sekian lama.

    Baca juga: Daftar Film Netflix Terbaru yang Rilis Bulan Mei 2019


    5. Bersih-bersih, yuk!

    Hayo, angkat tangan kalau kamu sering menunda bersih-bersih kamar! Nah, gunakan saja waktu menjelang buka puasa untuk membersihkan kamar, serta memilah barang-barang yang ada. I mean, kapan lagi, kan? Kalau tidak dilakukan pada bulan puasa ini, bisa-bisa kamu menundanya lagi.


    (Shamira Natanagara / VA / Image: Plush Design Studio on Unsplash, GIPHY)