Beauty

6 Bahan Alami Terbaik untuk Meredakan Stretch Mark

  by: Kezia Calesta       19/5/2019
  • With curves, comes stretch marks! Girls, penampakan stretch mark pada tubuh merupakan hal normal yang dialami oleh semua wanita. There's no shame to it, namun jika kamu ingin meredakan guratan-guratan tersebut, berikut adalah bahan-bahan alami yang bisa kamu aplikasikan untuk meredakan stretch mark.


    1. Argan oil

    Attention, girls! Argan oil mengandung triterpenoid dan antioksidan yang sangat baik untuk kulitmu: selain dapat membantu melembabkan kulit, argan oil yang berasal dari Maroko ini juga mengandung 80% fatty acid yang memperbaiki kesehatan sel kulit, mengembalikan elastisitas kulit dan memudarkan stretch mark. 




    2. Minyak kelapa

    Apakah kamu tahu bahwa minyak kelapa (a.k.a. coconut oil) bisa melancarkan peredaran darah dan memproduksi serat kolagen? Hal ini sangat penting untuk menyehatkan kulit dan meredakan stretch mark. Dengan kandungan 12-carbon fatty acid, minyak kelapa dapat meningkatkan regenerasi kulit, menangkal infeksi, dan meredakan inflamasi juga. Yay!


    3. Aloe vera

    Aloe vera gel merupakan salah satu pelembap alami terbaik untuk menjaga kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Aloe vera, alias lidah buaya, juga memiliki properti anti-aging - daun aloe mengandung berbagai macam antioksidan termasuk beta carotene, vitamin C, dan vitamin E yang bisa meningkatkan kelembapan dan kekencangan kulit.


    4. Putih telur

    Amino acid yang terkandung dalam putih telur dapat diserap oleh epidermis kulit dan membantu menyembuhkan bekas luka, lho. Kamu bisa membuat masker putih telur sendiri di rumah: gunakan 2 butir telur organik dan pisahkan kuning dan putih telur, kemudian kocok putih telur hingga berbusa dan gunakan spons untuk mengaplikasikan masker ke stretch mark. Tunggu sampai kering, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini selama beberapa minggu hingga tampilan stretch mark mereda!




    5. Minyak zaitun

    Minyak zaitun atau olive oil mengandung 4 macam antioksidan yang dapat menetralisir elemen berbahaya dalam kulit. Linoleic acid dalam olive oil juga mencegah evaporasi cairan dalam kulit dan menjaganya agar tetap lembab. Wanita hamil dapat menggunakan minyak zaitun untuk mengurangi kecenderungan stretch mark, lho. Aplikasikan 1/2 sendok teh minyak zaitun di area kulit sebanyak dua kali sehari, dan pijat hingga minyak terserap oleh kulit. Setelah itu, aplikasikan krim vitamin E untuk mendapat hasil yang lebih optimal setelah 3-4 minggu.


    6. Lemon

    Girls, antioksidan, vitamin C, dan zat asam yang terkandung dalam buah lemon merupakan holy trinity yang dapat mengurangi tampak stretch mark dan mencerahkan kulit, lho. Peras sari lemon dan oleskan di atas stretch mark selama 3 menit, kemudian diamkan selama 10-20 menit agar sari buah terserap oleh kulit. Buah lemon juga memiliki efek bleaching dan memiliki kemampuan untuk mengeksfoliasi kulit, maka lemon tidak disarankan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. 


    (Image: doc. freepik.com)