Better You

Skin Cancer Awareness Month: 7 Cara Mencegah Kanker Kulit

  by: Shamira Priyanka Natanagara       20/5/2019
  • Girls, apakah kamu tahu kalau bulan Mei adalah Skin Cancer Awareness Month? Mengingat lapisan ozon yang kian menipis, kulit kita semakin terpapar terhadap sinar matahari. Sinar matahari memang memiliki beberapa manfaat, salah satunya mampu meningkatkan kesehatan tulang, tapi sinar matahari mengandung sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker kulit dalam jangka panjang. Sebelum Skin Cancer Awareness Month berakhir, yuk, ketahui cara mencegah kanker kulit. Simak!


    1. Sunscreen is a must

    Mulai dari sekarang, jangan lupa gunakan tabir surya alias sunscreen, ya! Mungkin terkadang kamu masih malas dan skip penggunaan produk ini. Cosmo mengerti, kok, apalagi jika skincare routine-mu memiliki banyak langkah, tapi sunscreen adalah produk yang penting bagi kulit dan tidak boleh dilewatkan. 



    Sunscreen dapat menjaga kulit dari radiasi sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB). Pemakaian sunscreen disarankan 20 menit sebelum kulit terpapar sinar matahari, dan untuk orang dewasa, dianjurkan untuk menggunakan sunscreen sebanyak satu sendok teh (sekitar 5ml) pada setiap bagian tubuh. 

    Baca juga: Rekomendasi Sunscreen Wajah Terbaik Untukmu!




    2. Kurangi sunbathing

    Apakah kamu gemar sunbathing? Kalau iya, sebaiknya kurangi kebiasaan ini, ya. Berjemur dibawah sinar matahari memang relaxing dan bisa membuat kulit tan, tapi jika terlalu lama tidak baik untuk kulit. Radiasi sinar ultraviolet dalam jangka panjang dapat menyebabkan berbagai penyakit kulit, termasuk kanker kulit, serta mempercepat proses penuaan kulit.


    3. Stop indoor tanning

    Nope, indoor tanning atau tanning bed bukanlah alternatif sunbathing yang aman untuk kulit. Perawatan ini menggunakan sinar ultraviolet buatan yang lebih berbahaya dari sinar ultraviolet dari matahari karena lebih terkonsentrasi. Kalau memang ingin memiliki kulit tan, alternatif dari sunbathing dan indoor tanning yang lebih aman adalah spray tan dan tanning lotion yang mampu membuat kulitmu glowing.




    4. Hindari puncak terpanas sinar matahari

    Girls, take note: puncak terpanas sinar matahari adalah jam 12 hingga 2 siang, dan sebaiknya hindari paparan sinar matahari untuk waktu yang lama pada jam-jam tersebut. Jika kamu harus keluar ruangan saat matahari sedang panas-panasnya, pastikan kamu telah menggunakan sunscreen dan pakaian yang melindungi kulit dari sinar matahari. 


    5. Gunakan pakaian yang melindungi kulit dari sinar matahari

    Indonesia memang panas, tapi tidak ada salahnya untuk memakai pakaian yang lebih tertutup jika beraktivitas di luar ruangan untuk waktu yang lama. So, sediakan jaket, celana panjang, kacamata hitam, dan topi agar kulitmu aman dari teriknya sinar matahari.


    6. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan

    Diet yang kaya akan antioksidan dapat membantu pencegahan kanker kulit. Antioksidan dapat ditemukan di berbagai macam sayuran dan buah-buahan, diantaranya jeruk, lemon, jeruk nipis, bayam, tomat, dan brokoli. 


    7. Lakukan check-up secara rutin

    Make sure you get a professional's help! Kunjungi dermatolog sekali setiap satu tahun agar kamu bisa mendapat informasi yang jelas mengenai kondisi kulitmu. Terutama jika kamu memiliki tahi lalat yang membesar, berubah warna, atau gatal, kunjungi dermatolog secepat mungkin. 


    (Shamira Natanagara / VA / Images: Bruce Christianson on Unsplash, Tyler Nix on Unsplash,  Conner Baker on Unsplash, 煜翔 肖 on Unsplash)