Lifestyle

Wajib Tonton! 5 Film Musikal yang Diangkat dari Broadway

  by: Givania Diwiya Citta       20/5/2019
  • Genre film yang satu ini tak kalah bersaing dalam hal popularitas dan audiens dibanding genre film blockbuster lainnya seperti action, komedi, atau pun drama. Ingat bagaimana film musikal La La Land secara tak terduga menyabet lima piala Oscar dan lima penghargaan Golden Globe secara berbondong-bondong? Selain sensasi magis dari musik sebagai penghidup alur utama film, serta prosa yang dirangkai lebih otentik, film musikal menjadi angin segar yang subtil dinikmati dalam industri showbiz ini. Apalagi dengan adanya seni panggung seperti Broadway yang turun temurun mencetak pementasan cerita-cerita legendaris hingga kontemporer dalam format musikal yang exquisite, membuat banyak sutradara serta produser film yang terpincut untuk mengadaptasinya ke layar perak. Cosmo pun mengurasi lima film musikal yang diangkat dari Broadway, yang tak kalah mencetak prestasi dari pementasan orisinalnya. Cocok untuk menghabiskan waktu ngabuburit, girls!


    Into The Woods

    Disutradarai oleh Rob Marshall dan diadaptasi dari karya musikal Broadway milik Stephen Sondheim dan James Lapine di tahun 1986, Into The Woods yang diproduksi Walt Disney Pictures ini menggandeng nama-nama besar industri showbiz. Meryl Streep, Emily Blunt, James Corden, Chris Pine, hingga Johnny Depp adalah beberapa nama pemerannya. Tapi yang menjadi twist dalam film musikal ini adalah bagaimana genre fantasy digarap dalam aplikasi kehidupan nyata yang relatable dengan dinamika modern. Seperti ekspedisi Emily Blunt dan James Corden yang melintas berbagai hidup para karakter dari Little Red Riding Hood, Cinderella, hingga Rapunzel, yang mengharuskan seluruh karakter beraksi untuk menghadapi masing-masing tantangan mereka. Wicked!




    Les Miserables

    Film garapan Tom Hooper yang dibintangi oleh Hugh Jackman, Anne Hathaway, Russell Crowe, Amanda Seyfried, dan Eddie Redmayne ini sukses membawa pulang tiga piala Oscar hingga tiga penghargaan Golden Globe, termasuk salah satu titel tertinggi Best Motion Picture – Musical or Comedy. Tak main-main, produksi film ini memang merentang hingga 10 tahun lamanya, mulai dari proses copyright hingga masa produksi. Tapi konsep film yang berpegang teguh pada konsep musikal sung-through layaknya versi orisinalnya, menjadi turning table bagi industri layar perak, bahwa emosi dari alur cerita yang kompleks berhasil dieksekusi lewat narasi musik, yang nyatanya bisa dikonsumsi khalayak luas – melebihi panggung Broadway. Produksi Broadway dari musikal yang diangkat dari novel karya Victor Hugo ini juga penuh keberhasilan, dengan masa pementasan yang merentang hingga 16 tahun setelah 6.680 show. Wow!


    Dreamgirls

    Diadaptasi dari karya musikal Broadway tahun 1981 oleh Henry Krieger dan Tom Eyen, film ini dibintangi oleh Beyoncé, Jamie Foxx, Eddie Murphy, Jennifer Hudson, dan disutradarai oleh Bill Condon. Tak butuh waktu lama hingga film ini memenangkan tiga penghargaan Golden Globe (dengan meraih penghargaan tinggi Best Motion Picture – Musical or Comedy), sekaligus dua piala Oscar. Bahkan untuk karya musikal Broadway pun, Dreamgirls telah dinominasikan ke dalam 13 Tony Awards, dan memenangkan enam penghargaan darinya! Saksikan sendiri cerita perjuangan grup vokal yang dipimpin Beyoncé ini mengarungi evolusi musik R&B di Amerika era ‘60an dan ‘70an, sekaligus menghadapi perusahaan rekaman yang manipulatif. Thrill, baby, thrill.




    Chicago

    Film musikal ini digarap oleh sutradara Rob Marshall (Into The Woods) dan penulis naskah Bill Condon (Dreamgirls), dari adaptasi terhadap karya musikal berjudul sama yang telah tayang di Broadway sebanyak 7.486 kali. Dan dengan dua nama besar kreatif dalam industri showbiz tersebut, film ini sukses meraih enam piala Oscar (salah satunya kategori Best Picture!), dan menjadi film musikal pertama yang memenangkan lagi kategori ini semenjak Oliver! tahun 1968 silam. Applause! Film ini menceritakan tentang kriminalitas selebriti di era Jazz yang berlatar di kota Chicago, dan dengan performa Catherine Zeta-Jones dan Renée Zellweger yang killer, genre musikal ini bisa dinikmati secara lebih fun dan fearless!


    Rent

    Adaptasi dari karya musikal tahun 1996 ini juga dibintangi mayoritas pemeran yang sama dari panggung Broadway ini. Di antaranya terdapat Idina Menzel, Rosario Dawson, hingga Anthony Rapp yang juga merupakan Broadway cast orisinal. Rent sendiri telah tayang di Broadway sepanjang 12 tahun, dengan menyabet berbagai kesuksesan penghargaan seperti di antaranya Best Musical dalam Tony Award, serta Best Original Score dalam Tony Award, hingga Pullitzer Prize untuk kategori Drama. Cerita mengenai kehidupan para bohemian di latar New York era ‘89 dan ‘90 ini pun lantas diangkat ke layar perak dengan sutradara Chris Columbus, dan diproduseri di antaranya oleh Jane Rosenthal hingga Robert De Niro. We bet the lovely track ‘Seasons of Love’ will keep on ringing in your head!


    (Image: Dok. Outnow.ch)