Beauty

5 Aplikasi Smartphone Untuk Kecantikan, Sangat Membantu!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       21/5/2019
  • Zaman kini, aplikasi ponsel tidak hanya dirancang untuk game, mobile banking, memesan makanan, dan ridesharing saja, lho. Ada juga beberapa aplikasi untuk kecantikan yang sangat membantu, mulai dari yang mampu mengorganisir rutinitas skincare, memberi informasi produk, hingga yang dapat memantau kondisi kulit wajahmu. Ingin tahu aplikasi ponsel apa saja yang berguna untuk kecantikan? Simak terus artikel ini, ya!


    1. BeautyKeeper




    Ayo ngaku, kamu sering lupa masa kedaluwarsa produk kecantikan, kan? Pada umumnya, produk makeup dan skincare memiliki period after opening (PAO) yang tercantum pada boks atau bagian belakang kemasan produk. Kalau kamu menemukan gambar jar kecil dengan nomor dan huruf 'M', itu berarti kamu telah menemukan PAO produk tersebut! PAO sebuah produk sesuai dengan nomor yang tertera. Jika tertulis '12M', maka produk tersebut layak untuk dipakai hingga 12 bulan setelah kemasan dibuka ('M' berarti months atau bulan). 

    Nah, namun kebanyakan orang sering lupa kapan mereka membuka kemasan produk, jadi mereka pun tidak tahu kapan produk tersebut kadaluwarsa. That's why BeautyKeeper exists! Aplikasi ini dapat membantumu mengingat kapan kamu membuka kemasan produk kecantikan, dan kamu akan diberi notifikasi ketika sebuah produk akan kedaluwarsa dalam waktu yang dekat. Selain itu, BeautyKeeper juga dapat memindai barcode produk untuk mengetahui tanggal produksi dan kedaluwarsanya. So useful!

    Download sekarang: App Store (Free)


    2. SkinSmart


    Pemula skincare terkadang memiliki kesulitan untuk keep up dengan ragam produk yang harus digunakan—apalagi jika bercita-cita untuk mengikuti 10 steps Korean skincare routine. Huft... banyak sekali produk yang harus digunakan. Kalau kamu termasuk orang yang masih suka kebingungan, atau mungkin kamu hanya ingin membuat daftar skincare routine yang lebih terorganisir, aplikasi SkinSmart patut diunduh! Aplikasi ini berfungsi untuk 'mencatat' skincare routine-mu beserta produk-produk yang digunakan. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mencatat kondisi kulit wajahmu, sehingga lebih mudah untuk tahu produk mana saja yang tidak cocok. 

    Download sekarang: Google Play Store  (Free)


    3. Think Dirty


    Sedang mencoba untuk lebih sadar akan kandungan produk kecantikan yang kamu gunakan? Mungkin kamu harus mengunduh Think Dirty, dan sebelum kamu bertanya, nope, ini bukan aplikasi yang aneh. Dengan lebih dari 350.000 produk dalam database-nya, Think Dirty menyimpan informasi mengenai kandungan berbagai produk kecantikan dan memperbolehkan penggunanya untuk membandingkan produk berdasarkan kandungannya. Caranya pun mudah: buka aplikasinya, scan barcode produk menggunakan aplikasi, dan... voila! Think Dirty akan memberi informasi yang lengkap. Aplikasi ini juga memiliki Dirty Meter®, sebuah sistem rating yang menjadi indikator keamanan kandungan sebuah produk, lengkap dengan efek samping yang dapat ditimbulkan.



    Download sekarang: App Store, Google Play Store (Free)


    4. UVLens


    Agar siap menghadapi teriknya sinar matahari, unduh UVLens! Aplikasi ini dapat memberi tahu tingkat sinar ultraviolet alias UV berdasarkan lokasi, serta berapa lama kamu boleh berada dibawah sinar matahari tanpa perlindungan sunscreen atau pakaian yang tertutup. Seperti yang mungkin sudah kalian ketahui, radiasi sinar UV dari matahari tidak melulu baik untuk kulit, dan bahkan dalam jangka lama dapat menyebabkan kanker kulit. So, sudah saatnya kamu mulai waspada akan tingkat UV, and UVLens can help you!

    Download sekarang: App Store, Google Play Store (Free)


    5. Skincare Regimen Organizer


    Aplikasi ini dirancang khusus untuk produk DECIEM, perusahaan induk brand skincare The Ordinary, Hylamide, dan NIOD. Karena rangkaian produk yang ditawarkan DECIEM cukup bervariasi, aplikasi ini dapat membantumu memilih produk-produk yang paling cocok dengan kondisi kulitmu. Skincare Regimen Organizer juga menyediakan kalender agar kamu bisa memantau perkembangan skincare routine, serta alarm yang akan mengingatkanmu untuk merawat kulit wajah.

    Download sekarang: App Store, Google Play Store (Rp31.000,-)


    (Shamira Natanagara / VA / Images: Dok. Instagram, BeautyKeeper, SkinSmart / Layout: Maya Rahmawati Putri)