Beauty

Ini Bedanya Perawatan Kulit Peeling dan Exfoliating

  by: Kissy Aprilia       22/5/2019
  • Perawatan kulit bukan hanya sekadar membersihkan, melembapkan, mengencangkan, atau mencerahkan. Banyak istilah kecantikan lainnya yang harus kamu tahu agar tidak salah memilih jenis produk skincare. Kali ini, Cosmo akan membahas dua istilah yang masih sering membingungkan, yaitu peeling dan exfoliating. Apa perbedaanya?


    Eksfoliasi

    Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel-sel kulit mati di lapisan teratas. Perawatan ini bermanfaat untuk mengangkat kotoran yang mengendap di dalam pori-pori, membantu tekstur kulit tampak lebih halus, dan juga lebih cerah. Bagi kulit yang sudah mulai mengalami penuaan, eksfoliasi lebih diperlukan untuk mengoptimalkan regenerasi sehingga membantu meningkatkan produksi kolagen pada kulit. 




    Apa saja jenis eksfoliasi?

    Ada dua metode eksfoliasi yang pelu kamu tahu, yaitu physical dan chemical exfoliant. Sesuai dengan namanya, physical exfoliant menggunakan ‘alat bantu fisik’ yang bertekstur seperti scrub, sikat, atau sponge, untuk mengangkat sel kulit mati. Sementara itu, chemical exfoliant terbuat dari bahan-bahan kimia yang dapat memberikan hasil lebih cepat. 


    Peeling

    Sejumlah perawatan chemical exfoliant memberikan efek pengelupasan pada kulit. Prosedur inilah yang disebut dengan nama ‘peeling’. Reaksi formula kimia yang terdapat dalam produk eksfoliator bekerja mengikis lapisan terluar epidermis, lalu akan digantikan oleh sel-sel baru yang lebih sehat.


    Peeling bisa disesuaikan dengan sejumlah masalah kulit

    Kamu dapat menyesuaikan kandungan peeling sesuai dengan masalah kulit, seperti glycolic acid untuk mencerahkan, salicylic acid untuk mengatasi jerawat, dan retinoids untuk melawan tanda penuaan. Akan tetapi, Cosmo menyarankan kamu sebaiknya mengunjungi ahli dermatologi untuk konsultasi lebih detail. 

     



    Apa yang cocok untuk kulitku?

    Sudah mengerti perbedaan antara peeling dan eksfoliasi? Jadi, eksfoliasi adalah prosedur pengangkatan sel-sel kulit mati dan peeling merupakan salah satu jenis eksfoliasi. 


    Jika ingin melakukan eksfoliasi di rumah, produk scrub dapat menjadi pilihan yang mudah untuk kamu gunakan setiap minggu. Kamu dapat membuat scrub wajah organik atau membeli produk yang ada di pasaran. Namun, berhati-hatilah! Butiran scrub yang terlalu kasar dapat berisiko menyebabkan iritasi pada kulit yang sensitif. Menggunakan scrub pada kulit berjerawat juga dapat membuat kondisinya semakin buruk, khususnya pada jerawat yang sedang meradang. 


    Sementara itu, chemical exfoliating atau peeling cenderung lebih aman dari risiko iritasi dan juga memberikan hasil yang lebih baik. Namun, penggunaan kandungan yang tidak sesuai dengan jenis kulit dapat menimbulkan sejumlah masalah, seperti kulit kemerahan, kering, bahkan iritasi parah. Cari tahu kandungan apa yang cocok untuk kulitmu di sini, atau kunjungi ahli dermatologi agar lebih akurat. 


    (Kissy Aprilia, Image: Iyashenko from Freepik)