Beauty

Kegunaan Rose Water untuk Kulit Berjerawat dan Rekomendasi

  by: Shamira Priyanka Natanagara       23/5/2019
  • Akhir-akhir ini, rose water sering disebut-sebut sebagai salah satu kandungan produk skincare yang terpercaya. Well, jelas saja, air mawar yang telah disuling ini memiliki antioksidan, bersifat anti-inflamasi, antimikroba, serta mengandung vitamin A, C, D, E, dan B3 yang bagus untuk menutrisi kulit wajah. Bahkan kabarnya, zaman dulu rose water digunakan Ratu Mesir Cleopatra untuk merawat kecantikannya. Hmm... menarik sekali!

    Selain kaya akan nutrisi, rose water juga memiliki pH 4 hingga 4,5 yang ramah untuk segala jenis kulit, termasuk kulit berjerawat yang sering membandel. Nah, kalau sedang mencari produk skincare yang dapat menenangkan kulitmu yang berjerawat, Cosmo bisa membantu! Berikut adalah lima kegunaan rose water untuk kulit berjerawat serta rekomendasi produk rose water yang bagus untuk kulitmu. Simak!




    1. Untuk toner wajah


    Toner wajah terkadang membuat kulit terasa kering dan perih pada bagian yang berjerawat, padahal toning wajah adalah langkah yang penting dalam rutinitas skincare karena dapat menyeimbangkan tingkat pH kulit. Kalau merasa belum ada toner yang cocok dengan kulitmu, mungkin sudah saatnya kamu beralih ke toner yang berbahan utama rose water. Jenis toner ini ramah pada kulit berjerawat dan bersifat moisturizing, tapi bahan kandungan ini juga mampu mengontrol kadar minyak pada kulit sehingga wajah tidak akan terasa oily dan pori-pori tidak tersumbat. Cosmo approves, apalagi jika kulitmu juga sensitif!

    Rekomendasi produk: Garnier Soothing Botanical Toner with Rose Water, Mamonde Rose Water Toner, Thayers Rose Petal Facial Toner


    2. Untuk melembapkan kulit


    Melembapkan kulit? Hmm... bukankah kulit berjerawat cenderung berminyak, ya? Yes, kulit berjerawat memang cenderung berminyak, tapi bukan berarti tidak butuh pelembap, lho. Justru minyak berlebih dapat disebabkan oleh kulit yang dehidrasi. Untuk kulit berjerawat, sebaiknya gunakan pelembap rose water yang bagus untuk menghidrasi kulit secara maksimal.

    Pilihlah pelembap rose water yang memiliki formula ringan, biasanya berupa gel atau pelembap water-based, yang lebih mudah meresap di kulit wajah dan tidak akan meninggalkan rasa lengket.

    Rekomendasi produk: Secret Key Rose Water Base Gel Cream, Herbivore Pink Cloud Rosewater Moisture Creme, Nacific Real Floral Air Cream Rose


    3. Untuk menghilangkan kemerahan pada kulit


    Selain moisturizing, rose water juga memiliki efek cooling yang bagus untuk menenangkan kulit dan jerawat yang meradang. Jika kulitmu merah akibat jerawat, semprotkan rose water mist pada area tersebut setelah mandi untuk meredakannya. Rose water mist mudah untuk digunakan dan kamu juga bisa memakainya untuk jerawat pada punggung, leher, dada, dan bagian tubuh lainnya. Plus, rose water adalah antimikroba dan antiseptik alami yang mampu membasmi bakteri penyebab jerawat, jadi jika rutin digunakan jerawat bisa mengecil. 



    Rekomendasi produk: Mario Badescu Facial Spray with Aloe, Herbs and Rose Water, Heimish Bulgarian Rose Water Mist Serum, Glossier Soothing Face Mist


    4. Untuk menghilangkan luka bekas jerawat


    Walaupun jerawat sudah hilang, rasanya tugas belum 100% tuntas kalau masih ada luka bekas jerawat pada wajah. Nah, rose water pun juga bermanfaat untuk menghilangkan acne scars tersebut, lho. Kamu bisa menggunakan scrub wajah yang telah diperkaya dengan rose water setiap dua hingga tiga hari sekali. Kulitmu akan terasa lebih halus, lembap, cerah, dan luka bekas jerawat lama-kelamaan akan hilang.

    Ingat, girls, rose water ramah pada kulit, jadi tidak akan menyebabkan iritasi saat sel-sel kulit mati dieksfoliasi (asal kamu melakukannya dengan lembut, ya). It's time to kiss your acne scars goodbye!

    Rekomendasi produk: St. Ives Cleansing Stick Rose Water & Bamboo, ALTHEA x Get It Beauty Real Fresh Skin Detoxifier Rose, Lancôme Rose Sugar Scrub


    5. Untuk mengecilkan pori-pori


    Nah, kamu tidak perlu khawatir komedo dan white heads akan bermunculan karena rose water juga efektif untuk membersihkan pori-pori, sehingga pori-pori juga akan mengecil dan kulit wajah menjadi lebih kencang. Walaupun pori-pori mengecil, kulit tidak akan terasa kesat—justru rose water mampu membuat kulit halus dan kenyal.

    Produk rose water yang mampu mengecilkan pori-pori hadir dalam berbagai bentuk, diantaranya face wash, moisturizer, dan masker. Gunakan secara rutin untuk hasil yang maksimal, ya!

    Rekomendasi produk: Bio-essence Bio-Gold Rose Gold Water, MIZON Joyful Time Essence Mask Rose, NUXE Gentle Exfoliating Gel with Rose Petals


    (Shamira Natanagara / VA / Images: Dok. Garnier, Mamonde, Thayers, Mario Badescu, Heimish, Glossier, Corine de Farme, Herbivora Botanicals, Nacific, St. Ives, Althea, Lancome, Bio-essence, MIZON, NUXE / Layout: Maya Rahmawati Putri)