Love & Sex

Merasa Bosan Dalam Hubungan? Saatnya Melakukan 7 Hal Berikut

  by: Shamira Priyanka Natanagara       25/5/2019
  • Girls, Cosmo tahu, kok, kalau menjalin hubungan itu bukanlah hal yang mudah. Argumentasi, pertengkaran, miskomunikasi, dan berbagai hal lainnya sangat mungkin terjadi dalam sebuah hubungan, termasuk rasa bosan terhadap hubungan itu sendiri. But that's okay, merasa bosan dalam hubungan adalah hal yang normal, apalagi jika kamu dan sang pasangan sudah bersama untuk waktu yang lama. Anggap saja ini adalah sebuah wake-up call untuk kalian berdua—apakah ada sesuatu yang hilang dari hubungan tersebut? Atau mungkin kalian berdua sedang tidak mood saja?

    Nah, Cosmo punya beberapa rekomendasi untuk menghilangkan rasa bosan dalam hubungan. Masih mau, kan, bersenang-senang dengan sang pasangan? Kalau ingin tahu cara-caranya, simak terus artikel ini!




    1. Keluar dari zona nyaman

    Stuck dalam hubungan yang begitu-begitu saja tidak nyaman, kan? Oleh karena itu, saat hubungan mulai terasa bosan dan jenuh, ada baiknya kamu menantang diri sendiri dengan melangkah keluar dari zona nyaman. Coba ikut kelas zumba, selesaikan novel yang sudah ada di rak bukumu selama berbulan-bulan, upload tutorial makeup yang selama ini kamu ragu untuk perlihatkan—try doing new things! Keluar dari zona nyaman dapat membuat dirimu merasa lebih refreshed, dan ini dapat membawa energi baru pada hubunganmu yang sedang monoton. 



    2. Surprise him!

    Girls, mungkin sekarang adalah saat yang tepat untuk memberi pasanganmu sebuah kejutan. Tidak perlu mewah dan megah, kok, yang penting ia bisa melihat usaha yang kamu lakukan untuknya dan betapa tulusnya usaha tersebut. Memberinya surprise juga akan menghadirkan sesuatu yang menarik dalam hubungan kalian, so mungkin momen ini dapat memulai hubungan yang 'baru'.


    3. Kencan seperti dulu lagi

    Bukan rahasia kalau bagian awal dari sebuah hubungan adalah masa-masa terbaik. Masih sering saling flirting, masih lovey-dovey alias mesra, dan perasaan terhadap satu sama lain juga masih pada puncaknya. Nah, untuk menghidupkan kembali hubungan kalian, coba lakukan aktivitas yang sering kalian lakukan saat baru memulai hubungan. Mungkin dulu ia sering mengajakmu nonton serial favoritnya? Atau mungkin dulu kamu sering membawanya pergi ke kafe-kafe yang sedang hits? Kegiatan-kegiatan seperti itu patut dicoba lagi, siapa tahu bisa meningingatkan kalian akan alasan yang membuat saling jatuh cinta. 





    4. Cari tahu apa kesukaannya

    Mungkin kamu dan sang pasangan memiliki dunia yang berbeda, tapi ini bukan berarti kamu boleh cuek terhadap hobi dan kegemarannya, lho. Coba pelajari hal-hal yang ia sukai, mungkin ini bisa membantumu mengenalnya lebih dekat. Kalau ia terobsesi dengan Star Wars, coba tonton serial film tersebut bersama-sama! Bagaimana kalau ia gemar olahraga? Well, kamu bisa coba ikut berolahraga dengannya. Dan kalau kamu merasa sudah benar-benar mengenalnya karena kalian sudah berhubungan cukup lama, hey, tidak ada salahnya kan untuk mencoba menjelajah dunianya? Siapa tahu kamu juga bisa menemukan masalah-masalah pribadi, insecurities, atau hal lainnya yang bisa menjadi faktor kebosanan hubungan kalian. 


    5. Buat activity jar 

    Apakah kalian sudah kehabisan ide untuk nge-date? Jangan khawatir, buat saja activity jar! Activity jar adalah sebuah toples yang berisi ide-ide kencan menarik yang bisa kalian lakukan. Cara membuatnya mudah: sediakan toples kosong, lakukan sesi brainstorming soal ide kencan bersama pasangan, tulis setiap ide pada secarik kertas, gulung kertas tersebut, masukan ke dalam toples, dan simpan toples tersebut di tempat yang aman. Setiap kali kalian merasa bosan dan ingin melakukan aktivitas yang berbeda, tinggal ambil gulungan kertas dari activity jar tersebut, deh! Kencan kalian bisa menjadi lebih menarik, plus, sesi membuat activity jar-nya sendiri juga bisa menjadi quality time. Aww!




    6. Sedikit cheesy tidak apa-apa, kok!

    Hayooo ngaku, kamu dan sang pasangan sering melakukan hal-hal yang cheesy, kan, saat baru jadian? Beli couple t-shirt, menggunakan foto satu sama lain sebagai wallpaper ponsel, foto couple ala selebgram, memberi kejutan saat anniversary, hmm... kedengarannya hal-hal tersebut gak banget kalau dilakukan sekarang, tapi patut dicoba, lho, untuk membangkitkan semangat. Siapa tahu bisa membuat kalian kembali mesra!


    7. Katakan yang sejujurnya

    Komunikasi adalah kunci utama sebuah hubungan, karena tanpa komunikasi yang jelas hubungan akan diisi dengan banyak kesalahpahaman. Kalau kamu memang benar-benar merasa bosan, then tell him! Beri tahu pasanganmu kalau kamu merasa hubungan kalian tidak lagi menggairahkan. Dari situ kalian bisa mulai berdiskusi soal masalah ini—siapa tahu ia memiliki perasaan yang sama, atau mungkin ia berpikir sebaliknya. Dan jangan tunggu sampai kamu benar-benar tidak tahan dengan kebosanan ini. It's a big no-no, karena kalau penuh dengan emosi, kamu bisa 'meledak' dan akan sulit untuk membicarakan masalah ini secara tenang. 


    (Shamira Natanagara / VA / Image: Milan Popovic on Unsplash, Chiến Phạm on Unsplash, sept commercial on Unsplash, Alex Holyoake on Unsplash)