Lifestyle

5 Rekomendasi Buku Bulan Mei untuk Bacaan Sepanjang Liburan

  by: Givania Diwiya Citta       27/5/2019
  • Libur lebaran hampir tiba, girls! Sudahkah kamu merencanakan agenda untuk menikmati momen liburan nanti? Untuk menemani aktivitas berlibur kamu, simak lima rekomendasi buku lokal dan internasional dari bulan Mei 2019 ini, sebagai bahan bacaan kamu untuk mengisi agenda liburan lebaran nanti. Happy reading!


    1. The Girls in the Picture oleh Melanie Benjamin




    Mengambil latar Hollywood tahun 1914, buku ini menceritakan tentang segala yang terjadi di balik gemerlap Hollywood. Cerita tentang survival menampilkan Frances Marion yang mengejar mimpinya sebagai penulis di antara masa keemasan film bisu, serta aktris tersohor Mary Pickford yang mulai kehilangan pamornya. Dengan segala drama yang terjadi, pertemanan mereka diuji saat harus mengarungi mitos-mitos yang memenuhi Hollywood. (Kinokuniya, Harga: Rp291.000,-)


    2. Normal People oleh Sally Rooney


    Dua remaja Connell dan Marianne seiring waktu harus dihadapkan dengan perasaan yang semakin menguat meski selalu disangkal oleh keduanya. Koneksi pun mulai mengikat saat rasa afeksi yang terpendam mencuat selama berjuang di Trinity College, Dublin, dalam hal akademik hingga lingkaran sosial. Tapi untuk bisa menyelamatkan satu sama lain dari self-destruction, keduanya harus melawan ego masing-masing tentang seberapa jauh mereka berani untuk berkorban. (Periplus, Harga: Rp259.000,-)


    3. The Friend oleh Sigrid Nunez


    Buku yang instan menjadi New York Times bestseller ini mengekspos tentang hubungan emosional antar manusia dan hewan. Ikatan magis muncul saat wanita dan seekor Great Dane kehilangan seseorang yang sama dalam hidup keduanya. Sang wanita yang kehilangan sahabat sekaligus mentornya, terbebani harus merawat seekor Great Dane yang lantas membisu akibat trauma terhadap kematian sang pemilik. Berdua, mereka mengeksplorasi rasa duka hingga meditasi untuk sama-sama belajar mencinta lagi. (Periplus, Harga: Rp155.000,-.)




    4. On the Come Up oleh Angie Thomas


    Dengan latar budaya underground Amerika, cerita ini mengungkapkan perjalanan seorang perempuan muda, Bri, dengan aspirasi tinggi menjadi rapper terbaik sepanjang masa. Namun ambisinya tak lagi menjadi fantasi saat ia dan keluarganya dihadapkan dengan hutang yang mengancam keberlangsungan hidup mereka. Bri tak punya pilihan selain mewujudkan mimpinya sebagai bintang rap untuk menyelamatkan seluruh keluarganya. (Periplus, Harga: Rp170.000,-.)


    5. Imperfect oleh Meira Anastasia


    Meski bukan buku motivasi, tapi buku ini mengungkapkan tentang ekspedisi seorang perempuan yang berjuang untuk menerima dan mencintai dirinya sendiri. Meira pun mengekspos kehidupan personalnya sebagai perempuan yang dibayangi judgments para netizen karena perannya sebagai istri dari figur publik Ernest Prakasa. Di antara segala turbulensi yang dialami Meira terhadap self-esteem dan rasa percaya dirinya, ia menemukan ketidaksempurnaan yang nyatanya membawa kebahagiaan. (Kinokuniya, Rp135.000,-.)


    Fotografi: Hadi Cahyono

    (Image: Goodreads.com. Artikel ini dimuat pada Cosmopolitan Indonesia edisi Mei 2019 dengan judul "Cosmo Reads")