Better You

Ups! 6 Fakta Pembalut & Tampon yang Membahayakan Lingkungan!

  by: Giovani Untari       28/5/2019
  • Bukan lagi soal rasa nyeri, mood swings, atau jerawat hormonal! Bagaimana jika siklus menstruasi bertransformasi jadi sebuah masalah baru bagi lingkungan? Sama halnya dengan organ kewanitaan, siklus menstruasi para wanita pun menyimpan misteri yang tak kalah menarik untuk disimak. Tetapi di balik segala hal outstanding-nya, periode menstruasi juga menjadi sebuah masalah serius dalam lingkungan. Tanpa disadari, pembalut dan tampon yang kita gunakan ternyata berbahaya bagi lingkungan. Dear girls, berikut sejumlah fakta mencengangkan yang perlu kamu ketahui:


    1. Fakta pertama:

    Menurut penelitian dari brand menstural cup Mooncup, seorang wanita menggunakan 11,000 pembalut sepanjang hidupnya. Unfortunately, pembalut dan tampon terdiri dari 90% plastik, serta tampon juga mengandung pemutih, kapas non-organik, serta rayon yang sulit terurai.




    2. Fakta kedua:

    Berdasarkan riset yang dilakukan di Stockholm, plastik yang terdapat dalam bungkus dan lem pembalut membutuhkan waktu 500 – 800 tahun untuk terurai ke tanah. Plastik tersebut bahkan mengandung low-density polyethylene, salah satu zat yang membahayakan planet dan membutuhkan bahan bakar besar dalam proses pembuatannya.



    3. Fakta ketiga:

    Melalui riset United Nations Environment Program, produksi pembalut sekali pakai menyumbang emisi gas karbon sekitar 15 juta ton pertahunnya! Hal tersebut setara dengan 35 juta barel minyak yang bisa digunakan untuk memproduksi berbagai kebutuhan pokok.


    4. Fakta keempat:

    Data dari Trash Free Seas program at Ocean Conservancy, dalam sehari ditemukan sekitar 27.938 tampon yang telah terpakai di seluruh pantai yang ada di dunia. Bahkan European Commission menyatakan pembalut ada di urutan ke-5 barang yang sering dibuang di pantai!




    5. Fakta kelima:

    Zero Projects menuturkan bahwa penggunaan 1 pembalut setara dengan 4 kantung plastik. Dengan total tersebut berarti ada sekitar 44.000 kantung plastik yang digunakan para wanita sepanjang hidupnya (hanya dari pembalut saja).



    6. Fakta keenam:

    Penelitian dari Journal of the Institution of Environmental Sciences mengatakan bahwa ada sekitar 2,5 juta tampon dan 700.00 pantyliner yang dibuang melalui flush di seluruh Inggris setiap harinya. Hal ini berbahaya lantaran material tersebut akan terbawa ke laut dan mencemari ekosistem laut selama ribuan tahun. Bayangkan jika ini terjadi di seluruh dunia!


    Itu dia girls, 6 fakta seputar pembalut dan tampon yang ternyata membahayakan lingkungan. Tertarik untuk mencoba opsi yang lebih eco-friendly?


    Images: Dok. Freepik.com, Unsplash.com, Tenor.com.