Better You

Hati-Hati! Inilah 6 Makanan Lebaran yang Menyebabkan Jerawat

  by: Shamira Priyanka Natanagara       28/5/2019
  • Hmm... tidak terasa kalau tinggal beberapa hari lagi menuju Lebaran. Jadi semakin terbayang-bayang suasananya yang meriah, berkumpul bersama keluarga, dan tentunya, makanan Lebaran! Opor ayam, ketupat sayur, rendang, gulai ayam, ahh... jadi tidak sabar untuk menyantap makanan sepuasnya pada Hari Raya nanti.

    Eits, tapi sebelum itu, apakah kamu sudah tahu kalau ada beberapa makanan Lebaran yang bisa menyebabkan jerawat? Sebenarnya kecenderungan munculnya jerawat pada setiap orang berbeda-beda, tapi jika kamu memiliki kulit berminyak atau rawan jerawat, ada beberapa makanan yang kurang baik untuk kulit. Kalau ingin tahu lebih lanjut, simak terus artikel ini, ya! Cosmo juga telah memberikan tips spesial untukmu. 




    1. Telur Balado

    Why? Girls, telur dan sambal bukanlah kombinasi yang bagus untuk kulit rawan jerawat. Tidak semua orang dapat mencerna protein yang dikandung telur dengan baik, dan konsumsi telur yang berlebih dapat menyebabkan hormon tidak stabil yang memicu jerawat.

    Nah, sama halnya dengan sambal. Pelengkap makanan ini ternyata dapat meningkatkan produksi minyak pada wajah yang dapat memperburuk jerawat. 

    Cosmo Tips: Jangan makan telur balado terlalu banyak. Kalau bisa, sharing saja bersama orang tua atau saudaramu, dan ambil sambal secukupnya saja. Memang enak, sih, tapi perlu diingat bahwa ada banyak sekali makanan lain yang disajikan saat Lebaran, jadi coba untuk kontrol diri, ya!


    2. Ketupat Sayur

    Why? Santan, santan, dan santan! Susu kelapa ini kaya akan lemak yang dapat memicu timbulnya jerawat dan meningkatkan produksi minyak pada wajah. Resep ketupat sayur untuk satu keluarga kecil saja membutuhkan 1,5 liter santan, jadi bayangkan saja betapa tingginya kadar lemak yang dikandung satu mangkuk.

    Cosmo Tips: Rasanya bukan Lebaran kalau tidak menyantap ketupat sayur, but one portion is enough! Mengingat makanan Lebaran banyak yang berlemak, sediakan ruang untuk makanan lainnya—jangan gunakan seluruh jatah makanan berlemakmu untuk ketupat sayur saja.




    3. Rendang

    Why? Karena kaya akan santan (untuk memasak 1,5 kg daging butuh 2 liter santan!), rendang mengandung lemak dan minyak yang tinggi, sehingga dapat menimbulkan jerawat. 

    Cosmo Tips: Kamu harus pintar memilih lauk pada Hari Raya nanti. Semisal kamu sudah makan rendang, sebaiknya kamu skip lauk lainnya, seperti opor ayam, gulai ayam, dan telur balado, dan sama halnya jika kamu sudah makan lauk lain. 




    4. Kerupuk

    Why? Satu kata: minyak! Kerupuk harus digoreng menggunakan minyak dalam jumlah yang tinggi agar bisa dikonsumsi. Minyak yang dikandung kerupuk dapat meningkatkan produksi minyak berlebih, serta menyumbat pori-pori.

    Cosmo Tips: Jangan konsumsi kerupuk sebagai camilan karena ini bisa membuatmu 'hilang kendali'. Sebaiknya konsumsi sebagai pelengkap hidangan utama saja, jadi kamu akan memakannya dalam jumlah yang lebih sedikit.



    5. Kue Kering

    Why? Nastar, kaasstengels, putri salju, dan kue kering lainnya memiliki bahan dasar telur, susu, dan gula yang kaya akan lemak dan protein. Gula dapat meningkatkan hormon insulin yang mampu menghasilkan minyak berlebih pada kulit wajah, sedangkan kandungan protein dalam susu dapat menimbulkan jerawat.

    Cosmo Tips: Camilan seperti kue kering memang bikin nagih. Rasanya baru makan tiga atau empat, eh, beberapa detik kemudian toples sudah kosong. Nah, kalau tidak bisa mengontrol diri saat makan kue kering, ada baiknya kamu makan kue yang gluten-free atau dairy-free saja. 


    6. Es Kolang Kaling

    Why? Sama seperti kue kering, es kolang kaling juga mengandung banyak gula sehingga bisa memicu jerawat. Apalagi jika ditambah susu kental manis, hmm... jadi tambah bahaya!

    Cosmo Tips: Satu atau dua gelas saja cukup, setelah itu seimbangkan nutrisi tubuhmu dengan mengonsumsi air putih. Air putih bagus untuk melancarkan peredaran darah dan menyaring racun, jadi setelah menyantap makanan Lebaran yang berlemak dan berminyak serta camilannya yang manis, jangan lupa untuk minum air putih yang banyak, ya!


    (Shamira Natanagara / VA / Images: Ismed Hasibuan©123RF.com, Lena Lee Bee Kim©123RF.com, Ismed Hasibuan©123RF.com )