Lifestyle

Dapat THR? Ini Dia Yang Wajib Kamu Prioritaskan

  by: Nadhifa Arundati       30/5/2019
  • Meski bulan Ramadan sebentar lagi akan berakhir, tetapi ada satu hal yang bisa jadi kabar gembira – yasss, THR telah tiba, ladies! Eits, tetapi kamu jangan impulsif – dengan membeli semua barang yang ada di kantong belanja online (ugh, that’s so us). Ada banyak hal penting yang perlu kamu prioritaskan untuk kebutuhan sehari-hari. Hmm... Supaya kamu enggak keburu ‘lupa diri’, lebih baik simak apa saja yang wajib kamu prioritaskan setelah dapat THR!


    1. Membayar zakat

    First thing first adalah membayar zakat atau bersedekah. Sebelum uang kamu raib entah buat apa, hal terpenting adalah menyisihkan uang THR untuk membayar zakat sebesar 2,5% dari hasil pendapatan.




    2. Sisihkan untuk tabungan dan bayar tagihan

    Sebenarnya mengelola uang THR dan gaji bulanan tak ada bedanya, namun karena jumlah uang THR jauh lebih banyak, tak ada salahnya untuk menyisihkan setidaknya 30% dari hasil THR, apalagi untuk back up pengeluaran darurat. Oh! Dan tentunya, segera lunasi segala macam tagihan, sebelum menumpuk!


    3. Kebutuhan untuk keluarga

    Salah satu kebutuhan untuk keluarga adalah dana mudik. Mudik pasti membutuhkan pengeluaran yang cukup banyak, khususnya dana untuk transportasi. Selain kebutuhkan mudik, ada hal lain yang perlu dipikirkan seperti membeli baju lebaran dan bahan-bahak masakan untuk hari raya (opor ayam dan kue nastar menunggu!). So, pergunakan uang THR kamu sehemat mungkin – contohnya seperti saat membeli baju lebaran, jangan langsung pilih, look at the price tag!


    4. Membayar THR untuk pekerja rumah

    Kalau kamu mempekerjakan asisten rumah tangga, security, atau babby sitter, maka di saat seperti ini ada baiknya kamu menyisikan uang untuk memberikan mereka THR. Well, meski bukan hal yang wajib (karena tergantung dari kebijakan setiap orang) namun dengan memberikan THR, kamu telah menghargai pekerjaan mereka selama ini. Plus, mempertahankan mereka supaya enggak mudik ‘selamanya’.




    5. Memberikan hadiah lebaran untuk teman

    Setelah menjalani kewajiban di atas, ada satu hal penting yang enggak bisa kamu lewatkan – yes, memberikan hadiah lebaran untuk teman. Sebenarnya maksud teman di sini ada dua macam: teman kantor dan teman yang biasanya kamu ajak hang out. Kamu bisa memberikan parcel, cookies that made by yourself, make up tools, dan banyak hal lain yang bisa kamu berikan (tak usah sibuk memikirkan harga, yang penting kegunaannya). Well, hal ini menjadi penting seutuhnya untuk menjaga hubungan baik antar teman, karena taj ada salahnya kan menyisihkan beberapa jumlah uang THR untuk mereka? Cause loyalty is the most important quality.


    6. Bagi kamu yang tidak merayakan hari raya lebaran....

    Untuk kamu yang tidak merayakan hari raya lebaran, mendapat THR bisa menjadi peluang besar khususnya untuk menabung! Kamu bisa menyisihkan jumlah uang yang lebih besar. Enggak hanya menabung, kamu tetap bisa bersedekah, memberikan bingkisan untuk teman yang merayakan, and also.... Shopping! Karena sisa uang yang kamu miliki lebih banyak dibanding yang merayakan, tak ada salahnya untuk menikmati. But wait up, tetap membayar tagihan sebelum bersenang-senang, ya.


    Kalau semua ini sudah dilakukan, kamu diperkenankan kok untuk kembali ‘cuci mata’ di online shop, impulsive mode on.


    (Image: Doc. Freepik)