Lifestyle

Virtual Book Club yang Bisa Kamu Ikuti selama #DiRumahAja

  by: Givania Diwiya Citta       1/5/2020
    • Dengan merebaknya kasus Covid-19 di Indonesia, masyarakat diimbau untuk beraktivitas dari rumah.
    • Lima book club virtual ini bisa kamu ikuti untuk mengisi waktu secara positif dan produktif di rumah.


    Jika kamu gemar membaca dan senang mendiskusikannya, maka kamu berada di artikel yang tepat. Cosmo mengurasi lima book club virtual yang aktif memberikan daftar rekomendasi bacaan, dan menggelar pembahasannya. Apalagi book club ini bisa diakses online via Instagram (bahkan beberapa di antaranya digawangi oleh selebriti!), jadi ada cara baru untuk tetap positif dan produktif selama mengisi waktu self-quarantined di rumah. What’s not to love?




    Belletrist



    Book club yang sudah lebih dulu terkenal ini memang punya slogan “merayakan buku-buku hebat dan semua orang yang membacanya”, jadi bersiap untuk menerima berbagai daftar bacaan segar, sekaligus informasi tentang toko buku independen yang tersebar secara global (sebagai daftar kunjung berburu buku kamu saat sudah bisa traveling nanti), yang setiap bulannya dipilih oleh Emma Roberts serta Karah Preiss. Kunjungi juga blog mereka yang kerap memberi penawaran diskon untuk buku-buku dan merchandise terpilih, serta terdapat pula berbagai sesi wawancara dengan para penulis buku.


    Between Two Books



    Ini adalah book club yang didirikan oleh Florence Welch, sang vokalis dari band indie Florence and the Machine. Between Two Books memiliki sesi diskusi di Facebook setiap bulannya yang akan membahas mendalam suatu buku, dan para anggotanya mendapat kesempatan untuk mengirim email topik apa yang ingin mereka diskusikan, hampir seperti aktivitas book club di kehidupan nyata – lengkap dengan sesi tanya jawab bersama sang penulis buku.


    Kaia Gerber





    Baru pada bulan Maret lalu, tepatnya saat imbauan untuk #DiRumahAja digaungkan hampir di seluruh dunia, Kaia Gerber memulai untuk merintis book club miliknya sendiri di Instagram. Ia pun kerap menggelar pembicaraan mingguan dengan para pengikutnya di Instagram, di mana mereka bisa mendiskusikan berbagai macam daftar bacaan bersama. Pertama, ia memulainya dengan novel Normal People karya Sally Rooney. Kemudian Kaia juga rutin menggelar Instagram live seperti salah satunya mengundang penulis Stephanie LaCava untuk mendiskusikan buku Bonjour Tristesse karya Françoise Sagan. Book club yang satu ini siap untuk naik daun!


    Jakarta Book Club



    Biasanya, book club yang berbasis di Jakarta ini akan bertemu setiap sebulan sekali untuk memperbincangkan topik-topik spesifik, semisal semua hal tentang Haruki Murakami, sampai novel-novel tentang cinta dari penulis internasional sekaligus nasional. Book club yang sudah didirikan sedari tahun 2010 ini telah memiliki anggota lebih dari 3.200 orang, dan kini, mereka pun aktif menggelar sesi diskusi via video conference. Follow ’em to catch ’em up!


    Post Bookshop



    Ya, meskipun yang satu ini merupakan akun toko buku yang berlokasi di Pasar Santa, Jakarta, namun untuk sementara dalam masa outbreak pandemi ini, mereka tetap aktif memberikan daftar bacaan rekomendasi (seperti yang selalu mereka lakukan seperti biasa) mulai dari novel independen lokal hingga best-seller internasional. Tapi menariknya, mereka kini kerap menggelar sesi Instagram live yang membahas tentang buku-buku spesifik dengan topik menarik, seperti salah satunya bahasan rekomendasi buku khusus untuk setiap zodiak. Meski toko buku ini belum bisa lagi menggelar acara-acara diskusi intimate di dalam toko seperti biasanya, namun tetap mengikutinya secara online bisa membuat kamu merasa tak sendirian dalam menghadapi masa-masa menantang ini. Enjoy!


    (Givania Diwiya / Image: Daria Shevtsova from Pexels)