Beauty

Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Aloe Vera Untuk Rambut

  by: Astriana Gemiati       4/5/2020
    • Cosmo akan menjabarkan semua hal tentang aloe vera untuk rambut kamu.
    • Cari tahu bagaimana mengaplikasikan dan manfaatnya menggunakan aloe vera.


    Aloe Vera atau lidah buaya adalah salah satu bahan yang hampir digunakan oleh semua orang, termasuk ibu, nenek, dan nenek buyut kamu. Manfaatnya untuk kecantikan termasuk rambut, yang —katanya— bisa bantu untuk menumbuhkan dan menebalkan rambut kamu bahkan bisa menyembuhkan jerawat di wajah. Cosmo bertanya kepada dokter kulit, Nava Greenfield, M.D., dari Schweiger Dermatology Group di Brooklyn, NY dan Michelle Blaisure, seorang ahli trikologi bersertifikat dari Bosley Professional Strength untuk mencari tahu kebenaran tentang lidah buaya untuk rambut.




    Nah, penasaran mengenai aloe vera? Yuk, simak berikut ini!


    Apa itu aloe vera?

    Aloe vera atau lidah buaya lebih dari sekadar tanaman imut yang sering kamu temui. Menurut Blaisure, aloe vera juga kaya akan vitamin, mineral, dan asam lemak. Greenfield juga menambahkan bahwa ia memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi, itulah sebabnya aloe vera umumnya dapat digunakan untuk penyembuhan luka bakar dan iritasi kulit.


    Bisakah aloe vera menumbuhkan kembali rambut yang hilang atau buatnya menebal?

    Sekarang kita tahu bahwa aloe vera memiliki semua sifat-sifat hebat ini, yang artinya kamu jadi tahu benar manfaat untuk rambut kamu. Jika kamu mencarinya di internet, kamu mungkin akan menemukan cerita dari orang-orang yang bersumpah bahwa aloe vera dapat membuat rambut mereka lebih tebal atau tumbuh lebih cepat. Sebenarnya pada kenyataan, tidak ada studi aktual mengenai hal ini, hanya anekdot pribadi dan klaim penggunaan secara tradisional.


    Menurut Dr. Greenfield, ada penelitian yang menunjukkan efek menguntungkan dari aloe vera pada kulit, dan mungkin saja aloe vera dapat membantu pertumbuhan rambut dengan mengatasi peradangan. Karena ada banyak penyebab pertumbuhan rambut lambat atau tidak ada, yang secara kolektif disebut sebagai alopecia —lebih dikenal dengan kebotakan. Ada kemungkinan aloe vera juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut ketika penyebab alopecia adalah kondisi peradangan.


    Lebih mungkin lagi bahwa aloe vera berkontribusi pada rambut sehat karena kondisi dan pelembap rambut, serta kulit kepala. Hidrasi yang tepat adalah suatu keharusan untuk rambut sehat dan penghalang kulit.


    Bagaimana cara menggunakan aloe vera di rambut?

    Blaisure merekomendasikan penggunaan aloe vera langsung di kulit kepala untuk manfaat kulit dan pada rambut sebagai pembersih ringan untuk menghilangkan minyak, serta membuat rambut lembut dan berkilau. Karena teksturnya yang seperti gel dalam bentuk mentah, aloe vera bertindak sebagai agen pembersih ringan sehingga akan lebih baik untuk digunakan pada kulit kepala dan rambut, kemudian segera dibilas karena mungkin akan terasa lengket jika dibiarkan di rambut. Sedangkan untuk jenis rambut, cari kondisioner untuk jenis rambut kamu yang mengandung aloe vera untuk mendapatkan manfaat bersama dengan efek smoothing atau volumizing.




    Greenfield mengatakan kamu bisa memeras gel dari daun tanaman aloe vera dan mengaplikasikannya langsung ke rambut dan kulit kepala kamu. Namun jika kamu merasa tidak menemukan tanaman ini atau merasa tidak nyaman menggunakannya, kamu juga bisa gunakan produk perawatan rambut (seperti kondisioner, masker rambut, dan kondisioner tanpa bilas) yang mengandung aloe vera. "Produk mungkin mengandung ekstrak lidah buaya, yang merupakan versi gel yang lebih kuat langsung dari tanaman," kata Greenfield. "Formulasi mana yang kamu gunakan akan tergantung pada jenis rambut yang kamu miliki dan alasan kamu untuk menggunakannya."


    Seberapa sering kamu harus menggunakan aloe vera di rambut?

    Seberapa sering menggunakan aloe vera tergantung pada apa yang kamu gunakan, namun secara umum, Dr. Greenfield merekomendasikan menerapkan beberapa tetes formula berbasis cairan yang didistribusikan secara merata ke seluruh rambut dan kulit kepala satu hingga dua kali sehari. Blaisure merekomendasikan pembilasan selama 30 menit hingga satu jam, dan dilanjutkan dengan pengguaan sampo jika rambut kamu masih terasa lengket.


    Apakah aloe vera memiliki efek samping?

    Sejauh ini, aloe vera bisa menyebabkan iritasi atau reaksi alergi pada beberapa orang, kata Dr. Greenfield. "Jika kamu menemukan bahwa kulit kamu berubah menjadi merah, gatal, atau bersisik setelah menggunakan aloe vera, kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter dan untuk tidak mencoba lagi produk tersebut."


    Kesimpulannya?

    Secara keseluruhan, jika kamu tidak sensitif atau alergi terhadapnya, aloe vera bisa bermanfaat jika tujuan kamu adalah membuat rambut dan kulit kepala kamu terhidrasi. Apakah ini akan membuat rambut kamu tumbuh lebih cepat atau lebih tebal? Jawabannya, mungkin juga tidak. Namun jika kamu juga ingin memberikan sedikit aloe vera ke rutinitas kamu untuk manfaat tambahan, why not?




    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image:  Piotr Marcinski©123RF.com / giphy.com)