Lifestyle

Homemade Idol, Ajang Bakat Digital Pertama di Indonesia

  by: Kezia Calesta       1/5/2020
    • Ada ajang kompetisi digital seru yang hadir pada bulan Mei ini - Homemade Idol akan segera tayang sebagai pertunjukan bakat digital pertama di Indonesia pada tanggal 1 hingga 22 Mei 2020!


    Blssed mendapat dukungan dari VIT dan berkolaborasi dengan Trax 101.4 FM Jakarta serta MRA Media untuk menghadirkan Homemade Idol yang akan mencari sosok-sosok dengan berbagai bakat unik yang bisa menginspirasi orang lain. Kini, semua orang jadi memiliki platform untuk menunjukkan talenta mereka, mulai dari menari, menyanyi, membuat video komedi, atraksi, dan berbagai hiburan kreatif lainnya ditengah pandemi COVID-19. Yup, kini bakat rumahan bisa jadi idola beneran!




    Duo aktor legendaris, Danang dan Darto berhasil disatukan kembali oleh Tarra Budiman untuk tampil bersama dan menjadi headhunters alias mentor di Homemade Idol. “Tarra Budiman mengajak saya membuat aktivitas dengan mengumpulkan netizen yang mempunyai bakat rumahan untuk jadi idola beneran. Saya mau banget, secara ini peluang untuk membuat konten di masa pandemi COVID-19,” ujar Danang. “Setelah saya pikir-pikir, boleh juga, secara saya dan Danang sudah lama berpisah. Siapa tahu ini bisa menjadi ajang reuni kembalinya Danang-Darto yang ditunggu-tunggu oleh netizen,” tambah Darto.



    Homemade Idol ini bisa jadi satu wadah hiburan untuk anak-anak muda dalam mengisi masa PSBB mereka dengan berkreasi menunjukkan bakat, meng-upload ke media sosial, dan mendapatkan hadiah. Homemade Idol ini selain juga bisa jadi satu alternatif hiburan, juga bisa melahirkan idola-idola baru dan bisa menciptakan peluang baru di industri kreatif dan juga hiburan Indonesia,” jelas Iwet Ramadhan, Head of Business Growth MRA Media.


    Semua orang memiliki kesempatan untuk mengikuti kompetisi dan menjadi juara dengan cara unggah video berisi bakat yang dimiliki tanpa batasan di Instagram dengan mengikuti syarat yang diberikan. Peserta yang akan dipilih harus memenuhi kriteria dan syarat yang diberikan, yaitu peserta harus follow Instagram @homemadeidolid. Selanjutnya, calon peserta dapat merekam video dengan durasi maksimal 1 menit berisi bakat yang dimiliki atau kreativitas yang lahir dari ketidaksengajaan selama #dirumahaja, dan di unggah di akun Instagram pribadi. Peserta juga wajib lengkapi caption pada unggahan, mention @homemadeidolid, serta tiga orang teman, dan menggunakan tagar #HomeMadeIdol. Dan pastinya, video yang dilombakan tidak boleh mengandung unsur SARA, kekerasan, keasusilaan, atau pornografi.




    Peserta yang telah unggah video yang menampilkan bakatnya akan dipilih oleh “Headhunters” yang merupakan komedian, selebritas, hingga penyiar. Headhunters juga ikut mengajak pengikut akun Instagram mereka masing-masing untuk berpartisipasi dalam Homemade Idol untuk menunjukan bakat yang dimilikinya. Headhunters terdiri dari Danang, Darto, Gita Bhebita, Rizky Firdaus Wijaksana (UUS), Ge Pamungkas, dan Aurelie Moeremans. Setiap headhunters akan memilih lima peserta sebagai timnya dan membawa video yang telah diunggah untuk mengikuti kompetisi dan menunjukkan bakatnya untuk bersaing dengan kontestan lainnya.


    Lima peserta pilihan para headhunters di setiap episode Homemade Idol, akan dipilih masing-masing hanya 1 peserta oleh juri yang akan lanjut pada tahap selanjutnya dan diseleksi secara live di Homemade Idol. Homemade Idol menghadirkan Soleh Solihun sebagai juri utama, Luna Maya, Anya Geraldine, Ayushita, dan Patricia Gouw sebagai juri tamu yang juga akan memberikan masukan positif yang membangun bagi peserta. Peserta pilihan yang sesuai dengan kriteria akan menunjukan bakatnya secara live yang bisa di saksikan secara gratis oleh masyarakat melalui YouTube channel The Homemade Idol yang akan dipandu oleh Tarra Budiman sebagai pembawa acara. Untuk membuat acara lebih seru, penonton juga dapat berinteraksi di kolom live chat saat berlangsungnya Homemade Idol, dan memilih peserta dengan bakat favorit masing-masing. Selain itu, penonton dapat mengikuti kuis berhadiah saat berlangsungnya acara. 



    Homemade Idol yang menggandeng para selebritas, penyiar, dan influencer untuk berpartisipasi mencari bakat yang tercipta dari rumah agar menjadi Idol, dan menginspirasi banyak orang akan segera berlangsung selama satu bulan. Homemade Idol akan dibagi menjadi 3 episode yaitu Homemade Idol 1st show – Episode 1 akan tayang pada tanggal 1 Mei 2020, Homemade Idol 1st show – Episode 2 akan tayang 8 Mei 2020, dan Homemade Idol 1st show – Episode 3 akan tayang pada 15 Mei 2020. Setiap episode-nya akan dipilih satu finalis yang akan masuk ke tahap grand final tanggal 22 Mei 2020 untuk menentukan pemenang utama Homemade Idol


    Berbagai bakat unik yang tercipta dari rumah akan dipilih langsung oleh orang-orang terkenal, pemenang disetiap episode-nya akan mendapatkan hadiah hingga 5 juta rupiah dan mereka akan bersaing memperebutkan gelar pemenang di grand final dengan hadiah hingga 50 juta rupiah.