Lifestyle

5 Aktivitas Menenangkan untuk Atasi Stres Karantina di Rumah

  by: Kezia Calesta       2/5/2020
  • Di tengah masa social distancing akibat pandemi COVID-19, banyak orang harus mengubah rutinitas sehari-hari mereka dengan beraktivitas dan bekerja di dalam rumah saja. Khususnya untuk orang-orang yang menerapkan self-quarantine sejak pertengahan bulan Maret, beraktivitas #DirumahAja selama 6 minggu dapat menimbulkan perasaan resah, stres, dan anxiety akibat harus merubah gaya hidup dan ketidakpastian mengenai jangka waktu pandemi ini. Untuk membantu kamu mengatasi perasaan stres tersebut, Cosmo ingin merekomendasikan aktivitas menenangkan yang dapat membantumu melewati hari-harimu di rumah. Let’s all stay strong, one day at a time.


    1. Berolahraga

    Menurut riset oleh Jillian Rigby untuk Psychology Today, ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di tengah pandemi untuk meredakan stres, dan salah satu kegiatan yang paling ampuh adalah olahraga. Bila olahraga merupakan salah satu rutinitas kamu sebelum pandemi ini, melanjutkan aktivitas olahraga secara rutin di rumah dapat membawa perasaan “normal” ke dalam perubahan jadwalmu. Tentunya, olahraga juga meningkatkan endorfin alias happy hormones yang dapat memperbaiki mood - kandungan glucocorticoids dapat meningkatkan efek epinephrine dan membawa perasaan euforia. Jika kamu suka bergerak dengan aktif dan kangen dengan rutinitas gym, kini kamu bisa menonton banyak sesi olahraga di YouTube dan bergabung dalam kelas HIIT (High-Intensity Interval Training) atau Zumba! A happy body makes a happy soul.




    2. Menulis

    Aktivitas menulis memang dianggap old fashioned oleh sebagian orang, khususnya dengan kehadiran gadget canggih yang bisa menggantikan catatan… namun faktanya adalah expressive writing atau menulis tentang emosi kamu dapat mendukung stress relief juga untuk berekspresi. Menulis notes, surat, ataupun menulis tentang kegiatan sehari-hari saja juga dapat membantu meningkatkan kreativitas dan menurunkan perasaan anxiety. Jika ingin mencoba menulis jurnal di tengah masa work from home, berikut tips menulis jurnal harian agar lebih produktif di rumah… namun bila kamu tidak terlalu suka menulis, merakit puzzle atau mewarnai adult coloring books dapat menjadi opsi lain yang juga therapeutic!


    3. Meditasi dan Yoga

    Tidak suka kegiatan sporty yang terlalu aktif? Teknik lainnya untuk mengatasi stres adalah meditasi dan yoga - it is a great way to be present in your thoughts. Ditambah lagi, meditasi juga bisa membantumu berpikir dengan lebih tenang dan membawa aura positif agar kamu bisa meluangkan waktu untuk bersyukur tentang hal-hal positif di sekitarmu. Tentunya, yoga juga dapat meningkatkan fleksibilitas, postur, dan meningkatkan peredaran darah yang diperlukan untuk mengatasi stres. Berikut 10 video yoga yang bisa kamu tonton di YouTube!




    4. Menonton film menghibur

    Obviously, menonton film menghibur seperti komedi romantis atau serial favorit kamu dapat meningkatkan suasana hati! Ingin rekomendasi dari Cosmo? Berikut daftar film komedi romantis terbaik era 90-an, serta drama Korea komedi terlucu yang siap mencerahkan harimu!


    5. Menjaga diet

    Yes, comfort food is amazing… menghibur diri dengan semangkuk mi instan atau meminum kopi susu favorit dapat membuatmu bahagia untuk sejenak, namun ingat bahwa kamu tetap perlu menjaga kesehatan dan sistem imun di tengah pandemi ini. Berikut deretan superfood paling sehat yang dapat kamu simpan di rumah - plus, aktivitas memasak dan mempelajari resep baru dapat meningkatkan kreativitas dan mood!


    (Image: doc. @anthonytran via Unsplash)