Lifestyle

Instagram Kenalkan Stiker Pesan Makanan Untuk Bisnis Kuliner

  by: Kezia Calesta       4/5/2020
    • Instagram meluncurkan Stiker Pesanan Makanan di Stories untuk memudahkan bisnis kuliner mengajak pelanggan mereka melakukan pemesanan.
    • Instagram kembali menghadirkan program pelatihan Akademi Instagram edisi #dirumahaja yang secara khusus dikemas untuk membantu pebisnis menyesuaikan strategi pemasaran di tengah pandemi.


    Akibat pandemi COVID-19 yang belum usai, banyak pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang terus berjuang menjaga kelangsungan bisnis mereka dengan memanfaatkan teknologi dan pemasaran di platform daring seperti Instagram. Berangkat dari hal tersebut, hari ini Instagram meluncurkan dua inisiatif untuk membantu pelaku bisnis di Indonesia, terutama di bidang kuliner, dalam membangun strategi pemasaran yang sesuai dan meningkatkan penjualan.




    Stiker Pesanan Makanan di Instagram Stories

    Instagram meluncurkan fitur untuk memudahkan bisnis kuliner mengajak pelanggan mereka untuk melakukan pemesanan. Jika kamu menggunakan akun bisnis Instagram, kamu akan melihat opsi stiker “Pesanan Makanan” di Stories untuk memasukkan tautan bisnis kamu di aplikasi mitra pengantar makanan. Dengan menggunakan stiker ini untuk mempromosikan makanan atau minuman yang kamu jual, followers kamu bisa mengetuk tulisan ‘Pesan’ untuk langsung melakukan pemesanan di aplikasi layanan pesan antar. Saat ini, kamu hanya bisa memasukkan tautan bisnis di layanan GrabFood, namun mitra akan ditambah secara berkala untuk menyediakan lebih banyak pilihan bagi pebisnis. How awesome is that?





    “Di masa sulit seperti ini, setiap penjualan begitu berarti, terutama bagi pelaku usaha kecil dan menengah. Kami ingin membantu mereka agar tidak patah semangat dalam mempertahankan bisnis mereka dan terhubung dengan pelanggan. Kehadiran stiker ‘Pesanan Makanan’ ini diharapkan dapat memberi kemudahan untuk masyarakat Indonesia berinteraksi dan membantu bisnis kuliner favorit mereka di Instagram,” ujar Kaylie Smith, Head of Market Operations, Instagram APAC.


    Akademi Instagram edisi #dirumahaja

    Selain meluncurkan fitur ‘Pesanan Makanan’, Instagram juga memberikan pelatihan gratis untuk membantu menyesuaikan strategi pemasaran di tengah pandemi COVID-19. Bersama Kreavi, Instagram kembali menghadirkan program Akademi Instagram, yang akan dilakukan secara virtual dan mengusung kurikulum yang telah didesain mengikuti tantangan-tantangan yang tengah dihadapi pebisnis saat ini. Para peserta Akademi Instagram #dirumahaja akan dilatih langsung oleh para pakar dari berbagai bidang tentang cara mengelola bisnis di tengah pandemi, serta dibekali dengan ilmu kreatif membangun komunikasi dengan pelanggan melalui kekuatan visual dan copywriting. Program Akademi Instagram #dirumahaja akan disiarkan secara terbuka di akun Facebook Kreavi dari tanggal 8 Mei hingga 10 Mei 2020. Interested?


    (Image: doc. courtesy of Instagram / Cover: @neonbrand via Unsplash)