Lifestyle

Resep Karumeyaki, Cemilan Jepang yang Sedang Tren di TikTok

  by: Alexander Kusumapradja       4/5/2020
  • Belakangan ini kamu mungkin sudah sering mendengar dan bahkan mencoba membuat sendiri minuman kopi dalgona yang sedang viral di berbagai media sosial, khususnya TikTok dan Instagram. Minuman whipped coffee asal Korea Selatan tersebut menjadi viral ketika orang-orang mem-posting cara membuatnya sekaligus menjadi hiburan tersendiri di masa karantina mandiri akibat pandemi virus corona saat ini.




    Kalau kamu sudah sukses membuat kopi dalgona, sekarang ada juga cemilan yang sedang trending di TikTok dan berasal dari Jepang, yaitu karumeyaki alias kue caramel puff yang rasanya tak kalah lezat dengan dalgona. Konon, resep karumeyaki sudah berusia lebih dari 400 tahun dan dikenal dengan beberapa nama, namun secara umum karumeyaki bisa diterjemahkan sebagai “karamel panggang”. Karena teksurnya yang ringan dan airy, cemilan tradisional ini juga sering disebut “kue meringue ala Jepang”, namun karena pembuatannya secara tradisional menggunakan centong, bentuk kue ini ketika mengembang juga akan mengikuti bentuk centong dan membuatnya terlihat mirip permen sponge atau toffee.



    Di Jepang sendiri karumeyaki biasa ditemui di festival musim panas seperti matsuri dan kadang dijual dalam bentuk paket di beberapa toko kue. Penjual tradisional biasanya duduk di depan panggangan portable dengan centong tembaga yang digunakan sebagai wadah, namun ternyata cara pembuatan karumeyaki juga bisa dilakukan di dapur rumah kita sendiri dengan bahan dan peralatan yang tak terlalu sulit dicari.

    Di antara beberapa pengguna media sosial yang menunjukkan cara membuat karumeyaki, salah satunya adalah pengguna TikTok dengan username @mjoann69 yang videonya sudah ditonton lebih dari 750 ribu kali dan juga vlog masak Korea Selatan di YouTube dengan nama ddulgi yang membuat video berdurasi 6 setengah menit cara membuat kue permen ini. Kalau dilihat sih cara pembuatannya tidak terlalu ribet dan hasilnya bikin penasaran.


    Siap mencoba resep baru ini?


    Bahan-bahan yang dibutuhkan:

    • Air

    • Gula pasir

    • Putih telur



    • Baking soda

    • Cangkir yang aman untuk microwave

    • Sumpit untuk mengaduk

    • Centong alumunium


    Cara Membuatnya:

    Pertama-tama kocok putih telur dengan baking soda. Ketika campurannya sudah mengembang dan cukup tebal untuk dicolek dengan sumpit dan menempel di ujungnya, pinggirkan sejenak. Di cangkir yang sudah disiapkan (dan aman untuk dimasukkan ke microwave), campur gula pasir dan air lalu masukan ke microwave sekitar satu atau dua menit. Kamu akan melihat hasilnya berupa gelembung-gelembung karamel di cangkirmu, lalu campuran telur dan baking soda tadi dicolek dengan sumpit lalu diaduk ke dalam air gula yang masih hangat tersebut. Aduk sampai campurnya mengental, menipis, lalu kental lagi. Ketika warnanya sudah memutih, setop aduk, lalu perhatikan adonannya mengembang dan siap dimakan. Kalau kamu tak melihat adonannya mengembang, coba campur lebih banyak lagi dan aduk lagi dengan cepat.

    Cara kedua seperti yang ditunjukkan lewat video TikTok adalah adonannya langsung ditaruh di centong alumunium dan dibakar menggunakan api kompor. Setelah jadi, kamu bisa langsung mencicipinya di cangkir/centong atau pindahkan ke toples, namun karena teksturnya yang airy, kue ini sangat rapuh ketika dipegang atau digigit dan langsung meleleh begitu menyentuh lidah.


    Walau terlihatnya cukup simple tapi mungkin kamu harus mencoba membuatnya berkali-kali hingga tahu takaran yang sesuai untukmu dan cara yang paling efisien. Kamu pun bisa bereksperimen dengan mencampur berbagai rasa seperti sedikit kopi atau vanilla.


    Enjoy the sweet sensation!



    (Alex.K/Image: John Spacey untuk Japan Talk)