Better You

Ini Dia Pengaruh Pluto Retrograde untuk Masing-masing Zodiak

  by: Alexander Kusumapradja       5/5/2020
  • Kalau kamu termasuk yang rajin mengamati perkembangan astrologi alias zodiak di media sosial, kamu mungkin sudah tak asing lagi dengan Mercury Retrograde yang kehadirannya kerap dibicarakan dengan heboh dan seolah identik dengan bencana, khususnya di bidang komunikasi dan perjalanan. Namun, ada satu lagi retrograde yang mungkin belum banyak diketahui orang dan sama menariknya untuk dibahas, yaitu Pluto Retrograde. Kebetulan kita saat ini sedang memasuki masa Pluto Retrograde tahun 2020 yang berlangsung dari tanggal 25 April kemarin sampai 4 Oktober mendatang.


    Well, pada dasarnya setiap planet di tata surya akan mengalami retrograde alias fenomena ketika sebuah planet terlihat seolah bergerak ke arah yang berlawanan dan seperti bergerak mundur walaupun sebetulnya itu hanya ilusi optik. Jadi tak heran bila Pluto yang walaupun termasuk planet mini dengan ukuran paling kecil dan terjauh dari Matahari juga mengalami fase retrograde dan punya pengaruh pada kehidupan astrologi kita dengan rentang waktu lebih dari setengah tahun.





    Pluto yang disebut sebagai planet yang menyimbolkan transformasi memiliki pengaruh untuk membawa sebuah perubahan yang signifikan dan menurut para ahli astrologi, di masa Pluto Retrograde ini, kita sebaiknya berefleksi dan menaruh perhatian lebih pada sisi psikologis kita yang lebih dalam dan alam bawah sadar. Kalau dimanfaatkan dengan baik, Pluto Retrograde bisa membantu kita mengetahui apa yang sebetulnya kita butuhkan secara mental untuk menghadapi ketakutan personal kita agar bisa maju ke depan dan menjadi versi yang lebih baik dari sebelumnya.


    Berikut adalah efek Pluto Retrograde untuk masing-masing zodiak:


    Aries (21 Maret – 19 April)

    Pluto Retrograde mendorong Aries untuk mencoba peruntungan mereka dalam mengambil risiko di bidang pekerjaan. Aries disarankan untuk menyeimbangkan sifat impulsif mereka dengan energi Pluto yang cenderung lebih lambat dan pertimbangkan matang-matang target apa yang ingin kamu raih dalam hal karier dan melawan rasa takut yang selama ini menghambat kemajuan karier dan image yang ingin kamu tunjukkan.


    Taurus (20 April – 20 Mei)

    Bagi Taurus yang cenderung monoton dan saklek dengan rutinitas, sedikit perubahan dalam rutinitas bisa membawa perspektif segar dan inspirasi baru. Perbanyak dialog dengan orang lain dengan cara berpikir yang berbeda atau menambah wawasan dengan mempelajari nilai-nilai atau filosofi baru yang bisa kamu ambil sisi positifnya.


    Gemini (21 Mei – 20 Juni)

    Pluto Retrograde membuat Gemini berpikir ulang soal hubungan dengan diri mereka sendiri maupun dengan orang lain. Kamu mungkin bertanya soal peranmu di komunitas saat ini dan beberapa kesempatan menarik akan terbuka seperti kolaborasi kreatif dan ajakan kerjasama, namun sebelum menjalin hubungan baru dengan orang lain, ada baiknya kamu mengenal lebih dalam diri kamu sendiri dulu.



    Cancer (21 Juni – 22 Juli)

    Cancer akan menghadapi perubahan dinamika dalam hubungan dengan orang-orang terdekat mereka. Untuk menghindari kesalahpahaman, kamu harus lebih jelas dan yakin dalam mengomunikasikan apa yang kamu rasakan dan butuhkan. Bila selama ini ada yang mengganjal baik dalam urusan asmara maupun pekerjaan, ini saatnya untuk menyampaikannya dengan jelas dan baik sampai mendapat solusi yang baik untuk semua pihak.


    Leo (23 Juli – 22 Agustus)

    Bagi Leo, Pluto Retrograde akan menjadi masa untuk mengevaluasi kembali apa yang sebaik dipertahankan dan tidak dalam kehidupanmu saat ini. Bila ada beberapa hal yang sudah tak ada manfaatnya atau malah menghabiskan energimu, ini waktunya untuk mencoba mengakhirinya dan menentukan kembali apa yang menjadi prioritas dalam hidupmu.




    Virgo (23 Agustus – 22 September)

    Virgo memang dikenal sebagai pekerja keras, namun jangan sampai lupa bila istirahat yang cukup dan bersenang-senang menikmati waktu juga menjadi cara untuk lebih produktif dan kreatif dalam bekerja. Saatnya bagi Virgo untuk melihat kembali apakah waktu bekerja dan waktu untuk diri sendiri mereka sudah seimbang atau belum karena itu yang menjadi kunci kebahagiaan untuk Virgo.


    Libra (23 September – 22 Oktober)

    Isu utama Libra di Pluto Retrograde adalah menuntaskan masalah yang berhubungan dengan keluarga dan rumah yang selama ini mungkin dipendam atau dibiarkan begitu saja. Banyak Libra yang selama masa karantina di rumah mungkin merasa di posisi yang awkward dan tak bisa lagi mengelak dari persoalan tersebut. Bicara dari hati ke hati dan bersedia mendengar pendapat orang lain adalah kunci komunikasi yang harus dicoba Libra.



    Scorpio (23 Oktober – 21 November)

    Pluto Retrograde punya efek signifikan pada Scorpio yang memang dinaungi oleh Pluto. Kamu akan merasakan perubahan dalam cara kamu menerima ide, hal, atau orang-orang di sekitarmu dan fase ini akan menjadi guru terbaik bagi Scorpio untuk mengomunikasikan sisi emosional mereka yang lebih dalam dan membantu transformasi Scorpio menjadi pribadi yang lebih terbuka dan membawa perubahan untuk orang sekitarnya.


    Sagittarius (22 November – 21 Desember)

    Yang harus diperhatikan baik-baik oleh Sagittarius di masa Pluto Retrogade adalah hal-hal yang berkaitan dengan keuangan dan materi. Kamu mungkin tergoda untuk jor-joran membeli keperluan yang berhubungan dengan minat atau hobi barumu, yang sebetulnya boleh-boleh saja asalkan masih masuk ke dalam bujet dan tetap harus membuat pertimbangan matang sebelum membeli sesuatu agar tak terjebak masalah finansial di kemudian hari.


    Capricorn (22 Desember – 19 Januari)

    Kamu mungkin berpikir hidup terasa semakin sulit belakangan ini dan banyak perubahan yang terjadi, namun ini juga menjadi kesempatan untuk meninggalkan kebiasaan lama dan membuat kebiasaan baru yang lebih positif. Hal ini bisa membantumu mewujudkan kehidupan yang selama ini kamu inginkan dan dambakan.


    Aquarius (20 Januari – 18 Februari)

    Untuk Aquarius, masa Pluto Retrograde adalah masa yang tepat untuk menyelami dunia alam bawah sadar dan melakukan soul searching. Traveling untuk membuka mata dan menambah wawasan tidak harus selalu diartikan secara fisik dengan berpergian ke tempat baru karena traveling secara spiritual juga sama pentingnya. Coba ingat dan catat mimpi yang kamu alami setiap malam dan bermeditasi untuk mencari tahu maknanya karena mimpi sebetulnya adalah bisikan alam bawah sadar yang coba disampaikan oleh dirimu untuk kamu sendiri.


    Pisces (19 Februari – 20 Maret)

    Pisces juga mengalami perubahan dinamika dalam kehidupan sosial mereka dan mempertanyakan kembali makna orang-orang di sekitar mereka. Merupakan hal yang wajar untuk meninggalkan teman-teman yang selama ini tak memberi pengaruh positif dan menghabiskan energimu. Dan ingat, energi yang kita pancarkan adalah magnet untuk menarik orang-orang dengan vibe yang sama, jadi jangan lupa untuk memancarkan energi positif ya!



    (Alex.K/Image: Vonecia Carswell on Unsplash )