Better You

Menjaga Area Gigi dan Mulut Tetap Higienis Saat Pandemi

  by: Kissy Aprilia       5/5/2020
    • Area gigi dan mulut adalah 'gerbang utama' bagi kesehatan tubuh kita
    • Saat krisis pandemi corona masih berlangsung, jaga kebersihan peralatan gigi dan mulu agar tetap higienis


    Ketika mendengar berita tentang penyebaran virus covid-19, hal pertama yang dilakukan oleh semua orang adalah menjadi lebih sering mencuci tangan. Ketika pemerintah menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), semua orang (termasuk Cosmo) juga semakin memperhatikan kebersihan benda-benda di sekitar. Tapi apakah kamu sudah menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik? Pasalnya, area tersebut merupakan ‘gerbang utama’ tubuh, dan artinya berpengaruh besar terhadap kesehatanmu. Yuk, mulai terapkan hal-hal berikut ini mulai sekarang!




    Ganti sikat gigimu sekarang juga!

    Waktu terbaik untuk mengaanti sikat gigi adalah 3-4 bulan sekali. Namun dalam krisis pandemi ini, sebaiknya kamu menggantinya tiap 2 minggu sekali. Sikat gigi dapat menjadi tempat bersarang kuman dan bakteri, terlebih jika kamu meletakkannya di dekat closet. Simpan sikat gigimu di area yang kering dan tidak mudah terpapar oleh percikan air. 



    Jangan bertukar peralatan dengan orang lain (sekali pun itu adalah saudaramu)

    Ketika virus sedang merajalela, penting bagi kita semua untuk menjaga privasi peralatan gigi dan mulut demi mengurangi risiko penyebaran penyakit. Pastikan kamu tidak bertukar floss, sikat gigi, atau bahkan pasta gigi, serta apa pun yang bersentuhan langsung dengan area mulut. 


    Lebih ekstra saat membersihkan

    Jika kamu mengenakan retainer atau night guard, selalu bersihkan benda-benda tersebut dengan air dan sabun setiap sehabis digunakan. Bahkan, kamu sebaiknya tidak menggunakan produk desinfektan praktis yang memang diciptakan secara khusus, karena bisa saja belum cukup membersihkan dengan maksimal. Setelah dicuci, tempatkan di dalam wadah yang bersih agar tidak kembali terkontaminasi oleh kuman dan bakteri. 





    Hindari dulu makanan yang mudah terselip di gigi

    Kamu pasti tak ingin ‘kan, harus pergi ke dokter gigi di saat krisis pandemi ini? Jadi, hindari dulu makanan yang mudah terselip di gigi dan gusi, karena berisiko menimbulkan rasa ngilu, inflamasi, atau infeksi. Beberapa jenis makanan yang sebaiknya kamu hindari untuk sementara waktu adalah popcorn atau peremen yang bertekstur keras dan lengket. You got it?


    Bersih maksimal dengan alat tounge scraper

    Apakah kamu sudah pernah menggunakan tounge scraper? Alat ini berfungsi membersihkan lidah dari residu apa pun yang sulit dibersihkan oleh sikat gigi atau mouth wash. Meski cara ini terdengar kuno, namun tounge scraper benar-benar efektif menjaga area gigi dan mulutmu tetap efektif, sekaligus membantu meningkatkan kekebalan tubuh karena mengurangi penumpukan bakteri di dalam tubuh. 


    (Kissy Aprilia, images:  Analise Benevides on Unsplash)