Beauty

Perbedaan AHA dan BHA: Mana Yang Cocok untuk Kulitmu?

  by: Yovita Pratiwi       5/5/2020
  • Kulit melepaskan miliaran sel secara alami setiap harinya. Faktanya, sekitar 90% debu di rumahmu terdiri dari sel kulit mati, lho! Dengan pertambahan usia, proses alami ini melambat atau bahkan berhenti karena berbagai faktor, seperti paparan sinar matahari, kulit kering, kulit berminyak, genetika, atau penyakit kulit. Hasilnya, kulit jadi kusam, kering, pori-pori tersumbat, tumbuh jerawat, serta warna kulit tidak merata. Eksfoliasi ialah kunci agar kulit tetap mampu menyingkirkan sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan sehingga wajah jadi cerah dan glowing. Namun, pertanyaannya ialah, mana eksfoliator yang cocok untuk jenis kulitmu? AHA atau BHA?





    Apa Kegunaan Eksfoliasi?


    Eksfoliasi dapat membantu kulitmu tampak lebih muda, memperlancar peredaran darah, meningkatkan produksi kolagen, dan menutrisi kulit. 


    Apa Perbedaan Antara AHA dan BHA?


    Alpha Hydroxy Acid (AHA) ialah asam yang diperoleh dari bahan-bahan alami seperti tebu, susu, dan anggur. AHA bekerja dengan cara melelehkan lem antar sel yang menyatukan sel-sel kulit kita, untuk membantu proses pelepasan alami kulit. AHA terdiri dari molekul-molekul kecil pencinta air dan asam yang larut dalam air. Mereka cocok untuk kulit kering yang sering terkena paparan sinar matahari karena AHA mengeksfoliasi permukaan kulit dan juga meningkatkan kadar kelembapan pada kulit. Bedanya, AHA tidak dapat menembus sedalam BHA dan efeknya terasa pada permukaan kulit saja. AHA cocok untuk meremajakan kulit yang menua.




    Sementara itu, Beta Hydroxy Acid (BHA) adalah asam yang menyukai minyak. BHA cocok untuk pemilik jenis kulit berminyak dan mudah berjerawat, serta mampu mengatasi komedo. BHA dapat menembus minyak yang menyumbat pori-pori yang menyebabkan jerawat. Selain itu, BHA juga memiliki kadungan anti-inflamasi dan anti bakteri. BHA merupakan turunan dari salicylic acid yang biasanya diperoleh dari willow bark tree dan buah-buah sitrus.


    Setelah mengaplikasikan AHA/BHA pada wajah, jangan lupa gunakan sunscreen karena kedua kandungan ini dapat membuat kulit jadi sensitif terhadap sinar matahari. Kamu dapat mengaplikasikan produk AHA/BHA maksimal dua kali sehari, namun ingat untuk menghindari area mata. Aplikasikan pada wajah yang bersih setelah toner, lalu biarkan AHA/BHA mengering, lanjutkan dengan pelembap dan serum. 


    So, ladies, sudah tau mana yang tepat untukmu?


    (Yovita Pratiwi. Image: Dok. X ) on Unsplash.)