Beauty

Stop! Ini Risiko Menggunakan Makeup Kedaluwarsa

  by: Astriana Gemiati       6/5/2020
    • Menggunakan produk yang sudah kedaluwarsa merupakan ancaman berbahaya untuk penampilan dan kesehatan kamu.
    • Ini yang akan terjadi pada produk rias saat kedaluwarsa dan efek penggunaan berkelanjutan.


    Jika kulit kamu tengah mengalami breaking out baru-baru ini, dan kamu tidak dapat menemukan penyebab dibaliknya, well, mungkin kamu harus memeriksa tanggal kedaluwarsa produk makeup kamu. Sejak kapan foundation atau blush on kamu tersebut sudah singgah di sudut meja rias? Jika sudah beberapa tahun dari sekarang (ya!), tentunya yang terbaik adalah membuangnya.




    Membuang makeup bisa terasa seperti sia-sia, sedih (seperti diputuskan pacar, hehee!), apalagi jika kamu membayar banyak untuk membelinya. Selain itu, jika mereka masih “terlihat” layak, kamu pasti akan berfikir jika produk tersebut masih bisa digunakan, ya kan? Namun ada satu hal penting yang harus diperhatikan: Menggunakan produk yang sudah kedaluwarsa merupakan ancaman berbahaya untuk penampilan dan kesehatan kamu.


    Di bawah ini, Cosmo mencatat apa yang terjadi pada produk rias saat kedaluwarsa dan efek penggunaan berkelanjutan:


    Apa yang terjadi pada riasan saat kedaluwarsa?


    #1. Konsistensi dan penampilan produk akan terlihat berubah.

    Seiring waktu, maskara akan menggumpal, alas bedak akan terpisah, dan warna eyeshadow akan memudar. Produk kulit kamu juga dapat mengubah warnanya sebagai akibat dari oksidasi dan pertumbuhan bakteri.


    #2. Efektivitas produk diubah.

    Misalnya, jika fondasi kamu dengan SPF telah kedaluwarsa, pelindung matahari tidak akan seefektif dulu. Ini dapat menempatkan kamu dan kulit kamu dalam risiko.


    #3. Pigmentasi tidak akan seintens sebelumnya.

    Jika kamu telah menggunakan palet eyeshadow yang sama dengan yang kamu miliki saat di perguruan tinggi, kamu mungkin memerhatikan bahwa warnanya tidak sepekat ketika kamu pertama kali membelinya. Itu pertanda bahwa kamu harus “kemungkinan besar” membuangnya. (Atau, kamu bisa mengalami infeksi mata! Hiks..)


    Baca jugaMasa Kedaluwarsa Produk Kosmetik Sesuai Jenisnya




    Apa yang terjadi pada wajah kamu saat menggunakan riasan yang kedaluwarsa?


    1. Bakteri = cacat!

    Ketika kamu menggunakan produk makeup yang kedaluwarsa, itu akan menyebabkan peradangan, kemerahan, ruam, atau lebih buruk berjerawat. Ekstra hati-hati dengan produk berbasis krim seperti blush on, foundation, dan highlighters. Mencelupkan jari-jari kamu secara terus-menerus ke dalamnya dapat menyebabkan bakteri mudah berpindah, dan bisa juga sebabkan kulit teriritasi, serta pori-pori tersumbat.


    2. Kulit kamu dapat terinfeksi.

    Maskara dan cairan, khususnya, adalah yang benar-benar harus kamu buang setelah tiga hingga enam bulan. Karena produk tersebut terkandung dalam tabung gelap dan basah, serta kontak dengan bulu mata, hingga menjadi tempat berkembang biak yang ideal untuk bakteri. Menggunakan produk makeup yang kedaluwarsa untuk mata kamu setelah tanggal yang direkomendasikan menempatkan kamu pada risiko lebih tinggi terkena infeksi seperti konjungtivitis atau mata terlihat kemerahan.




    ( Artikel ini disadur dari cosmo.ph / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati Image: pogrebkov©123RF.com, Giphy.com )