Beauty

Bolehkah Tidur dengan Kondisi Rambut Basah?

  by: Kissy Aprilia       6/5/2020
    • Tidur dengan kondisi rambut basah tidak akan membuatmu demam
    • Kebiasaan ini dapat membuat rambutmu menjadi lebih rapuh dan mudah rontok
    • Gunakan handuk microfiber untuk mengeringkan rambut lebih cepat


    Angkat tangan kalau kamu masuk ke dalam tim keramas di malam hari! Kebiasaan ini menjadi pilihan jika tidak memiliki banyak waktu di pagi hari untuk bersiap-siap. Tapi faktanya, banyak sekali yang malas mengeringkannya (termasuk Cosmo), dan berakhir tidur dengan kondisi rambut basah. Relatable?




    Benarkah dapat menyebabkan demam?

    Menurut trichologist, Dominic Burg, dan celebrity Hairstylist, John Ruggiero, tidur dengan kondisi rambut basah sebenarnya tidak akan menyebabkan demam. Menurut science, penyakit demam disebabkan oleh infeksi paparan virus di dalam tubuh, yaitu rhinovirus. Akan tetapi, kebiasaan ini tidak baik untuk rambut karena dapat memicu kerusakan, apalagi jika dilakukan terus menerus. 



    Seberapa buruk bahayanya untuk rambut?

    Hal pertama yang harus kamu pahami adalah: tidur dengan kondisi rambut basah bukanlah ide yang baik, tapi tidak terlalu buruk jika kamu lakukan sesekali. Dalam hal penataan, hal ini akan membuat tekstur rambut menjadi kusut dan sangat berantakan saat kering. Akhirnya, kamu jadi membutuhkan lebih banyak waktu untuk merapikannya di pagi hari.

    Unfortunately, menjadi kusut bukanlah satu-satunya hal yang akan terjadi jika kamu tidur dengan kondisi rambut basah. Menurut Burg, hal ini juga berisiko membuat rambut mudah patah dan rontok. Perlu kamu ketahui, saat basah, rambut berada dalam keadaan yang paling rapuh. Dan ketika rambut basah bergesek dengan sarung bantal, maka tak heran kamu menemukan banyak helaian rambut rontok di pagi hari. 


    via GIPHY




    Adakah tips khusus jika terpaksa tidur dengan rambut basah?

    Selalu ada trik yang bisa kamu lakukan di dunia kecantikan. Pertama, kamu tetap WAJIB membuat rambut setengah kering. Kamu dapat menggunakan handuk microfiber yang dapat menyerap kelebihan air lebih cepat. Saat tidur, angkat rambutmu ke atas menggunakan handuk, pita silk, atau scrunchie, dan gunakan sprei berbahan silk untuk menghindari gesekan terhadap rambut. 

    Ruggiero punya trik yang bisa kamu coba untuk tidur dengan kondisi rambut basah dan terbangun dengan rambut ikal bervolume. Gunakan leave-in conditioner, kepang rambut ke arah atas (tapi jangan terlalu kencang), lalu ikat membentuk hair bun. 



    Kesimpulannya…

    Tidur dengan kondisi rambut basah tidak akan menimbulkan demam. Akan tetapi, para pakar rambut tetap menyarankanmu untuk tidak melakukannya karena dapat merusak tekstur rambut. Jika terpaksa, gunakan leave-in conditioner lalu lindungi rambut dengan bahan yang halus. Jadi, sebaiknya keringkan dulu rambutmu sebelum tidur, ya, girls!


    (Kissy Aprilia, images: Oleg Ivanov on Unsplash)