Beauty

5 Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Gunakan Sheet Mask

  by: Astriana Gemiati       9/5/2020
    • Sesekali sisipkan rutinitas merawat kulit wajah dengan menggunakan sheet mask untuk hasil maksimal.
    • Ini yang perlu kamu perhatikan saat menggunakan sheet mask.


    Memasukan sheet mask ke dalam rutinitas tambahan perawatan kulit kamu adalah salah satu cara termudah untuk “meningkatkan” skill skincare kamu. Biasanya satu topeng wajah ini dibekali dengan esens dan serum yang bermanfaat untuk kulit. Plus, sangat mudah untuk digunakan. Kamu hanya perlu mengeluarkannya dari bungkusan dan mengaplikannya pada wajah. Namun, yang tidak kita ketahui adalah terkadang kita masih dapat membuat kesalahan, bahkan dengan produk yang begitu sederhana.

    via GIPHY




    Berikut daftar kesalahan potensial yang sering dilakukan saat menggunakan sheet mask. Catat, ya! 


    #1. Meninggalkan sheet mask terlalu lama.

    Saat menggunakan sheet mask, kamu akan menjadi terlalu mudah untuk masuk ke mode “rileks” dan lupa berapa lama durasi waktu seharusnya. Kamu mungkin sedang berpikir untuk mengambil semua serum dan esens dari produk dengan menggunakannya sampai kering. Padahal, kenyataannya, kebiasaan ini hanya membuat sheet mask menyedot kelembapan alami wajah kamu. Dan, membuat kulit kamu jadi mudah lebih kering daripada sebelumnya.


    Cosmo Tips: Untuk membantu kamu mengingat, cobalah untuk mengatur alarm pada ponsel dengan waktu telah ditentukan sesuai yang tertera pada kemasan. Jika kamu terlalu nyaman dengan mode “rileks” dan sulit untuk mengatur alarm, kamu dapat memilih untuk menggunakan sleeping mask . Masker ini dapat bekerja dengan cara yang sama seperti masker biasa, namun dirancang untuk penggunaan semalam.


    2. Menggunakan sheet mask yang tidak diperuntukkan untuk jenis kulit kamu.

    Sheet mask sering ditemui sebagai jenis produk “satu tipe untuk semua’, namun sebenarnya ada banyak variasi untuk dipilih, dengan masing-masing dimaksudkan untuk menjawab masalah kulit tertentu. Jika kamu tidak berhati-hati dalam memilih sheet mask yang tepat, kamu mungkin akan berakhir dengan jerawat atau iritasi.


    Cosmo tips: Jika kamu memiliki kulit berminyak atau rawan berjerawat, coba gunakan masker yang mengandung charcoal atau tea tree-infused. Jika kamu cenderung memiliki masalah kulit kering, pilihlah yang mengandung hyaluronic acid.


    #3. Menempatkannya sebelum membersihkan kulit kamu.

    Menggunakan sheet mask bahkan sebelum membersihkan wajah kamu tidak akan memberikan nutrisi menyerap masuk dan melakukan keajaibannya.


    Cosmo tips: Untuk memastikan kamu mendapatkan nutrisi penuh dari sheet mask, pastikan untuk selalu membersihkan dan eksfoliasi wajah kamu sebelumnya. Ini untuk memastikan bahwa nutrisi benar-benar akan meresap ke dalam kulit kamu dan tidak hanya menempel di permukaan saja.




    #4. Bilas wajah kamu sesudahnya

    Mencuci wajah kamu setelah mengaplikasikan masker hanya akan membuat khasiat produk menjadi sia-sia. Kulit kamu perlu waktu untuk menyerap semua manfaat dari sheet mask.


    Cosmo tips: Setelah melepas masker, lanjutkan dengan memberi essence atau serum untuk melengkapi nutrisi di kulit wajah kamu. Cukup dengan menepuk-nepuknya untuk bantu agar produk mudah lebih meresap. Ketika tidak lagi lengket, lanjutkan dengan krim malam atau moisturizer favorit kamu.


    Baca jugaApa Perbedaan Essence, Serum, Ampoule, dan Emulsion?


    #5. Membuang essence yang tidak digunakan.

    Saat membuat kemasan sheet mask baru, kamu mungkin memerhatikan bahwa sheet mask “menetes” dengan serum atau esens. Jangan abaikan sisa esens atau serum dengan membuangnya, kamu bisa menggunakan kembali cairan yang tersisa!


    Cosmo tips: Alih-alih memanfaatkan cairan yang tersisa, kamu dapat menerapkannya pada leher, siku, dan lutut.



    (Artikel ini disadur dari cosmo.ph  / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati Image: puhhha©123RF.com, Giphy.com)