Beauty

Cara Melepaskan Eyelash Extension Di Rumah

  by: Kissy Aprilia       8/5/2020
    • Cara paling aman untuk melepaskan eyelash extension adalah dengan bantuan profesional
    • Melepas eyelash extension sendiri berisiko mencabut bulu mata asli
    • Kamu dapat meluruhkan perekat eyelash extension dengan mandi air hangat atau menggunakan pembersih wajah oil-based. 


    Sebagai penggemar eyelash extension, Cosmo merasa bahwa perawatan ini benar-benar telah mengubah hidup. Okay, tidak bermaksud berlebihan, tapi Cosmo tidak perlu lagi repot membuat eye makeup agar penampilan terlihat on, bahkan bisa memangkas waktu rutinitas di pagi hari. Isn’t it awesome?

    Akan tetapi, semua kesenangan itu akan berakhir saat eyelash extension mulai rontok. Pertama, helaian bulu yang sudah tidak rapi menganggu pengelihatan atau bahkan menimbulkan rasa gatal, dan kedua: penampilan menjadi awkward. Satu-satunya cara yang (mau tidak mau) dilakukan adalah melepaskan eyelash extension sendiri di rumah, apalagi di masa PSBB yang tidak memungkinkan kita untuk keluar rumah. Bagaimana caranya?




    Aman atau tidak?

    Satu hal yang harus kamu pahami ketika memutuskan untuk melepaskan eyelash extension sendiri di rumah. Salah sedikit saja, justru bulu mata aslimu yang akan ikut tercabut. Jadi sebenarnya, menggunakan bantuan profesional adalah cara yang paling aman, mengingat mereka sudah pasti well-trained dalam mengendalikan alat-alatnya. Jika terpaksa melakukannya sendiri di rumah, ini cara yang dapat kamu lakukan:


    Jangan tarik eyelash extension!

    Tahukah kamu bahwa eyelash extension akan terlepas dengan sendirinya mengikuti siklus pertumbuhan bulu mata yang asli? Celebrity lash and brow expert, Clementina Richardson, mengingatkan untuk tidak menggunting atau pun menarik eyelash extension sekali pun. Jika salah, cara ini akan membuat bulu mata yang asli ikut tercabut, lalu pertumbuhannya menjadi terhambat 


    Mandi dengan air hangat.

    Tidak ada alasan untuk menarik atau menggunting eyelash extension. Lagi pula, menyentuh eyelash extension dapat menyebabkan perpindahan bakteri dari tangan ke area mata. Namun, kamu dapat membuat perekatnya cepat hilang dengan cara mandi air hangat, seperti peringatan yang dilarang oleh therapist di salon langgananmu.




    Gunakan pembersih wajah oil-based.

    Selain tidak disarankan untuk mandi dengan air hangat, pengguna eyelash extension juga sebaiknya tidak membersihkan wajah dengan formula oil-based. Kandungan minyak dapat meluruhkan perekat eyelash extension, dan artinya kamu dapat mencoba trik yang satu ini. Saat membersihkan aera mata, gerakan tanganmu membentuk lingkaran secara perlahan, dan lakukan hal ini sampai eyelash extension-mu terlepas satu-persatu.


    ..atau pembersih lem profesional

    Perekat yang digunakan untuk menempelkan eyelash extension memiliki kekuatan seperti power glue. Karena itu, kamu memerlukan sesuatu yang lebih ekstra untuk menghilangkannya, tanpa merusak bulu mata yang asli. Kamu dapat membeli produk eyelash glue remover, lalu rendam kapas ke dalam cairan tersebut, dan aplikasikan ke eyelash extension dengan posisi mata tertutup. 


    (Kissy Aprilia, images: Calicadoo on Unsplash)