Better You

Konsumsi 4 Makanan Ini Saat Puasa

  by: Fariza Rahmadinna       11/5/2020
  • Makanan yang kamu konsumsi saat sahur, tentu akan memengaruhi tingkat energi yang kamu miliki sepanjang hari. Terkadang, demi mendapatkan banyak energi, godaan untuk makan berlebih dan mengonsumsi minuman manis tidak dapat dihindarkan. Padahal, hal ini dapat memberi dampak buruk untuk kesehatan tubuh. Dikutip dari laman The National UEA, Rahma Ali, ahli diet klinis di Rumah Sakit Burjeel Abu Dhabi, mengatakan bahwa makanan berbuka puasa dan sahur harus mengandung gizi yang seimbang. Berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat puasa. Apa saja? Keep scrolling!




    1. Makanan Berkalium


    Kalium berperan penting untuk tubuh karena membantu menjaga sel agar berfungsi normal, menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit di dalam tubuh, meminimalkan kram otot, membantu aktivitas jantung, serta membantu ginjal menyaring darah. Mengonsumsi makanan yang kaya akan kalium pada saat berbuka puasa dapat membantu menghidrasi tubuh dengan cepat dan mengembalikan energi tubuh, sehingga membuat kamu merasa berenergi kembali setelah seharian berpuasa. Berdasarkan penelitian US National Library of Medicine National Institutes of Health tahun 2013, perempuan yang berpuasa selama Ramadan cenderung mengalami penurunan kalium secara signifikan selama periode tersebut. Oleh karena itu, pastikan kamu mengonsumsi makanan kaya kalium selama puasa seperti sayuran berdaun gelap, kentang, labu, kacang-kacangan, yoghurt, alpukat, jamur, kurma dan pisang.


    2. Makanan Kaya Serat dan Air


    Makanan kaya serat dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mencegah sembelit selama bulan Ramadan. Serat juga dapat memperlambat pencernaan, yang membantu menurunkan kolesterol dan glukosa darah, serta membuat kamu tetap berenergi sepanjang hari. Mengonsumsi sayuran yang kaya serat dan air seperti mentimun dan selada juga dapat menjaga kulit tetap sehat dan mendinginkan suhu tubuh yang tinggi akibat udara panas. Makanan kaya serat juga dapat kamu dapatkan pada apel, pir, alpukat, pisang, bayam, brokoli, kangkung, dan kacang panjang.


    3. Makanan Berprotein




    Mengapa saat puasa tubuh membutuhkan makanan tinggi protein? Ini karena makanan kaya protein seperti telur, ikan, ayam, dan kacang dapat membantu memberi rasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan makanan kaya karbohidrat dan lemak.


    4. Makanan Kaya Vitamin


    Perlu diketahui, makanan kaya vitamin dapat membantu mempertahankan fungsi metabolisme tubuh dan memberikan lebih banyak energi. Apa saja vitamin yang dibutuhkan tubuh saat puasa? Vitamin D berperan untuk mengaktifkan sistem imun tubuh dan melepaskan hormon serotonin dan dopamin, sehingga dapat meningkatkan suasana hati. Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin D dari telur, daging, dan susu.

    Tak hanya vitamin D, tubuh juga memerlukan vitamin C saat berpuasa. Vitamin C merupakan sumber antioksidan yang berperan untuk mempertahankan daya tahan tubuh dan fungsi metabolisme tubuh. Sebagai diketahui, memiliki daya tubuh yang baik dapat mengurangi risiko terserang penyakit selama puasa. Kamu bisa mendapatkan vitamin C dari buah dan sayuran seperti buah jeruk, jeruk bali, blewah, dan brokoli. Saat puasa, asupan makanan yang mengandung vitamin A juga diperlukan tubuh untuk membantu menyehatkan mata dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin A antara lain bayam, wortel, telur, susu, dan ubi.

    Itulah empat makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat puasa. Ingatlah juga untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih dalam jumlah cukup agar puasa lancar dan terhindar dari dehidrasi. Pada dasarnya, kebutuhan cairan tubuh setiap orang itu berbeda-beda. Namun, rata-rata setiap orang membutuhkan sekitar 8 gelas per hari untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Saat berpuasa, kamu dapat menerapkan pola 2–4–2, artinya minum 2 gelas air putih saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa, dan 2 gelas air putih di malam hari atau sebelum tidur. Selamat berpuasa, girls!


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Daria Shevtsova on Pexels)