Lifestyle

5 Kegiatan Seni yang Bisa Kamu Lakukan untuk Ngabuburit

  by: Shamira Priyanka Natanagara       11/5/2020
  • Ya, bulan Ramadan tahun ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, thanks to coronavirus. Selain perbedaan kemeriahan yang cukup jelas, rutinitas keseharian selama berpuasa pun juga terasa beda. I mean, bukan Cosmo saja, kan, yang sudah mulai kehabisan ide ngabuburit? Karena pada masa self-quarantine ini kita mulai mencoba hal-hal baru agar tidak bosan (dan demi menjaga kesehatan mental), tampaknya kita sudah kehabisan ide tentang kegiatan yang bisa dilakukan selagi menunggu waktu buka puasa. But wait... apakah kamu sudah mencoba kegiatan seni?

    Kalau jawabanmu "belum", Cosmo punya beberapa ide kegiatan artsy yang bisa kamu coba untuk ngabuburit! Tidak terlalu rumit, kok. Kamu yang pemula dalam dunia seni pun bisa mencobanya, dan kegiatan berikut ini tidak memerlukan alat-alat yang advanced. Let's try!




    Basic watercolor

    Mungkin bagi beberapa orang melukis menggunakan cat air terkesan agak, err, kekanak-kanakan. Namun Cosmo rasa kita tidak pernah terlalu tua untuk bereksperimen dengan cat air, kok! Justru teknik menggunakan cat air tidak semudah yang kamu kira—kamu harus pandai mengatur opasitas cat air, serta melatih kesabaran saat melukis—itulah sebabnya kegiatan ini sempurna untuk ngabuburit.

    Tertarik? Siapkan cat air, kuas, kertas, dan air (of course), lalu ikuti tutorial YouTube berikut ini:



    Simple doodling

    Tidak butuh alat-alat yang ‘mewah’ untuk berkarya. Hanya dengan pulpen dan kertas, kamu pun bisa membuat gambar yang cantik! Dalam video berikut ini, fashion illustrator tanah air Dinda Puspitasari mengajarkan para Cosmo Babes cara doodling bunga yang simpel tapi tetap cute. Selain itu, Dinda juga memberi tips doodling yang bermanfaat. Simak!



    Easy nail art designs

    Eits, siapa bilang nail art bukan termasuk kegiatan seni? It definitely is! Jika selama ini kamu merasa kekurangan waktu untuk berkreasi dengan cat kuku, sekarang adalah waktu yang tepat. Coba mulai dengan nail art simpel berikut ini. Kamu tidak membutuhkan banyak warna, dan juga tidak memerlukan alat manicure keren yang biasa ditemukan di salon kecantikan. Kamu hanya perlu merapikan bentuk kuku, mengaplikasikan base coat, lalu membuat bentuk hati dengan warna pilihan. Easy!





    Wardrobe makeover

    Daripada membuang pakaian yang sudah jarang digunakan, ada baiknya untuk upcycle pakaian tersebut. Yup, upcycle! Berbeda dengan recycle (daur ulang) yang mengubah kembali produk menjadi bahan, upcycle adalah proses mengubah suatu benda menjadi benda lain. So semisal kamu memiliki sepasang rok mini yang sudah nyaris tidak pernah kamu gunakan, kamu bisa upcycle rok tersebut menjadi item lain—dompet, contohnya. Atau bahkan tank top! Kegiatan ini membutuhkan keterampilan menjahit dasar, yang mungkin cukup challenging untuk beberapa orang—but it’s worth it.

    Butuh ide? Cosmo adalah penggemar karya upcycling Diana Rikasari. Ia telah berhasil mengubah sweater tua menjadi sepasang celana yang modis, so you know she’s good! 



    Cut and collage

    Punya majalah atau koran yang menumpuk di rumah? Jangan langsung dibuang, girls! Sambil menunggu adzan magrib dan menghilangkan rasa bosan, kamu bisa membuat kolase, yakni karya seni tempel yang terbuat dari beragam macam material yang ditempel pada suatu permukaan. Isi majalah dan koran dipenuhi dengan foto dan teks yang indah dan menarik, cocok untuk dijadikan bahan kolase.

    Coba telusuri kembali halaman-halaman majalah dan koran yang kamu miliki. Gunting bahan-bahan yang sesuai dengan tema kolasemu, kumpulkan, kemudian atur pada selembar kertas. Jika sudah puas dengan penataannya, rekatkan menggunakan lem kertas.  




    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Estée Janssens on Unsplash)