Beauty

5 Langkah untuk Bersihkan Kuas & Kosmetik dari Bakteri

  by: Yovita Pratiwi       11/5/2020
  • Kita semua menggunakan produk-produk makeup hampir setiap hari. Namun, menurut penelitian, berbagai jenis bakteri termasuk E.coli dan Staphylococci dapat ditemukan pada 9 dari 10 produk yang kita gunakan setiap harinya. Contoh produk yang paling banyak jadi sarang bakteri ialah maskara, beauty blenders, dan lip gloss. Hasil penelitian tersebut cukup mencengangkan. Pasalnya, hanya sekitar 61% wanita yang rutin membersihkan makeup kit setiap bulan, sedangkan 31% sisanya bahkan tak tahu cara membersihkan alat makeup dengan benar. Jadi, jika pouch makeup milikmu dipenuhi sisa concealer yang tumpah dan kamu tak ingat berapa lama botol foundation itu telah berada di sana, tandanya kamu perlu melakukan pembersihan! Simak caranya berikut ini:


    1. Singkirkan Maskara yang Sudah Kering




    Berusaha mengambil sisa produk pada dasar tabung maskara akan mendorong lebih banyak udara masuk, menghasilkan sarang bakteri yang gelap dan kering. Buang maskara yang telah digunakan selama tiga bulan dan ambil produk yang menempel pada dinding, bukan pada dasar tabung.


    2. Bersihkan Bibir Sebelum Touch Up


    Mengaplikasikan ulang lipstik sehabis makan memang wajar. Namun, lipstik yang terkontaminasi sisa makanan yang menempel pada bibir dapat menjadi sarang bakteri. Pastikan kamu membersihkan bibir dengan tisu sebelum mengaplikasikan ulang lipstik.


    3. Pilih Kontainer yang Lebih Higienis


    Tentunya ada alasan mengapa para ahli kulit lebih memilih kemasan dengan pompa tanpa udara, karena mengurangi kemungkinan mikroba tumbuh pada produk perawatan kulitmu. Paparan udara serta menjulurkan jari ke dalam jar berisiko mengontaminasi isi produk. Jadi, kamu dapat memindahkan isi produk ke dalam kontainer dengan pompa agar lebih higienis. 




    4. Pisahkan Kuas Makeup


    Kuas multifungsi memang buat dompet jadi lebih hemat, sekaligus sarang bakteri dari satu palet ke palet selanjutnya. Bersihkan kuasmu sebelum beralih produk atau gunakan jari yang bersih.


    5. Bersihkan Kuas & Tas Makeup Secara Rutin


    Tentunya kamu sudah tahu betapa pentingnya kebersihan kuas. Peralatan makeup yang kotor dapat mengakibatkan jerawat, kulit kusam, dan alergi. Selain itu, kebersihan tas makeup juga penting. Cuci tas makeup milikmu minimal sekali dalam satu bulan.


    (Yovita Pratiwi. Image: Dok. Kelly Sikkema on Unsplash.)