Lifestyle

10 Gerai McDonald’s Paling Unik di Seluruh Dunia

  by: Alexander Kusumapradja       11/5/2020
    • Dari mulai pesawat terbang hingga vila bersejarah, ini lah 10 gerai McDonald's paling unik di dunia.
    • Beberapa gerai McDonald's di dunia punya desain arsitektur yang unik dan beda dari yang lain.

    Beberapa hari ini kamu tentu sudah mendengar kabar soal penutupan gerai McDonald’s di Sarinah Thamrin, Jakarta yang merupakan gerai pertama restoran cepat saji asal Amerika tersebut di Indonesia. Dibuka tanggal 14 Februari 1991, McD Sarinah memang menyimpan banyak kenangan selama 30 tahunnya berdiri di pusat kota tersebut, maka tak heran bila banyak orang yang akan merasa kehilangan tempat tersebut. Namun, di malam hari tadi, Minggu (10/5/2020) yang merupakan malam terakhir McD Sarinah beroperasi, banyak orang yang datang demi melihat seremoni penutupannya tanpa memedulikan himbauan Pembatasan Sosial Berskala Besar yang sedang dijalankan di Jakarta di masa pandemi Corona. Hal ini tentu sangat disayangkan, walaupun alasannya demi nostalgia. Padahal, dari segi arsitektur, masih banyak lho gerai McDonald’s yang jauh lebih ikonik dan unik yang tersebar di seluruh dunia. Berikut adalah 10 gerai McDonald’s paling unik di dunia.


    1. Pesawat McDonald’s di New Zealand

    Gerai McD di Taupo, New Zealand ini memang beda dari yang lain karena menggunakan badan pesawat Douglas DC-3 yang sebelumnya digunakan sebagai pesawat komersial di wilayah Pasifik Selatan dan New Zealand dari tahun 1961 sampai 1966. Ketika pesawat ini berhenti dipakai tahun 1984, McDonald’s membelinya dan menyulap bagian dalamnya menjadi area makan. Restoran ini menjadi satu-satunya restoran McDonald’s berbentuk pesawat di dunia dan menjadi atraksi wisata populer di Taupo yang bahkan didukung pemerintah setempat yang menyebut belum lengkap kunjunganmu ke kota tersebut tanpa berfoto di area pesawat ini.


    2. Happy Meal Raksasa di Texas

    Semboyan “Everything is bigger in Texas” kembali terbukti lewat gerai McD di Dallas, Texas ini yang dibangun menyerupai kotak Happy Meal raksasa lengkap dengan burger, fries, dan soft drink berukuran jumbo di sekitarnya. Tidak hanya menarik perhatian dari luar, bagian dalam resto ini juga terbilang unik karena memiliki chandelier kristal dari Austria, booth pemesanan dari kayu mahogani, dan wallpaper yang didesain oleh perancang mode terkenal Ralph Lauren di area makannya.


    3. Vila Klasik di Guangzhou

    Dibuka sebagai McCafe di bulan November 2015, gerai Mcdonald’s di Guangzhou, Cina ini dulunya adalah vila berusia 84 tahun yang pernah dihuni oleh mantan pemimpin Taiwan, Chiang Ching-kuo di tahun 1940-an sebelum kalah di perang saudara dan kabur ke Taiwan. Menjadi cagar budaya sejak 2004, kini sisi eksterior bangunan ini tak diubah kecuali penempatan logo McDonald’s dan bagian interiornya didekorasi poster tentang sejarah hidup Chiang. Sempat menimbulkan kontroversi ketika gerai ini dibuka untuk umum karena dianggap sebagai simbol kapitalisme Barat di Cina, restoran ini bukan satu-satunya franchise Barat di area tersebut yang juga memiliki gerai Starbucks sendiri yang juga tak kalah unik.


    4. McMansion di New York

    Sekitar 20 mil dari Manhattan yang super sibuk, terdapat salah satu gerai McDonald’s paling mewah di dunia. Berlokasi di sebuah mansion dari abad ke-18, McDonald’s membeli tanah rumah ini (yang sebelumnya bernama Denton House) di tahun 1985 dan berniat merobohkan rumah itu, namun hal ini ditentang oleh warga sekitar yang berhasil membuat rumah ini menjadi salah satu cagar budaya di North Hempstead. Warga setempat pun membeli lisensi McDonald’s untuk menjalankan restoran McD tanpa mengubah arsitektur aslinya. Kini, pengunjung bisa menikmati menu McD favorit mereka di area beranda yang cantik, tangga klasik yang mewah, dan bahkan bisa menjadi lokasi pesta pernikahan.


    5. Piring Terbang di Roswell

    Para pecinta konspirasi alien tentu sudah tak asing mendengar soal kota Roswell , New Mexico yang konon menjadi lokasi pertama ditemukannya piring terbang alien di tahun 1947. Sesuai dengan tema UFO yang membuat kota Roswell populer, gerai McDonald’s di Roswell ini pun memiliki desain piring terbang raksasa untuk area bermain anak-anaknya, lengkap dengan patung Ronald McDonald yang memakai baju astronot. Ketika malam, lampu di area piring terbang pun menyala keren dan mengundang siapapun untuk mampir. Termasuk alien?


    6. McDonald’s Futuristik di Georgia



    Lebih mirip seperti galeri seni atau bangunan startup modern, gerai McDonald’s di Batumi, Georgia ini memang menarik perhatian karena didesain oleh lulusan Harvard bernama Giorgi Khmaladz yang menggunakan 460 panel kaca sehingga pengunjung di dalamnya bisa makan sambil melihat area kolam atau duduk di area balkon terbuka di lantai dua. Tidak kalah keren dengan butik kaca Louis Vuitton di Marina Bay Sands, Singapura nih!


    7. Kuil McDonald’s di Norwegia

    Dari luar, gerai McD di Kristiansand Norwegia ini mengingatkan kita pada kuil-kuil Yunani dengan tiang-tiang marbel yang tegak berdiri di depannya. Sebelumnya, bangunan ini merupakan bekas bangunan bank lama yang menghadap indahnya pemandangan Laut Baltik. Meskipun sebetulnya bagian dalamnya biasa saja seperti McD pada umumnya, namun tak bisa dipungkiri bila bagian eksterior gerai McD satu ini memang unik dan beda dari yang lain.


    8. Logo McDonald’s Warna Biru di Sedona

    Gerai McD di Sedona, Arizona ini merupakan gerai McD satu-satunya di dunia yang warna logonya biru bukan kuning seperti umumnya. Hal ini dikarenakan pemerintah kota setempat melarang warna merah dan kuning yang merupakan warna khas McDonald’s di bagian eksterior karena dianggap merusak koordinasi warna batu-batu merah alami khas kota gurun tersebut.


    9. Rumah Victoria di Penang

    Terletak di George Town, Penang, Malaysia, gerai McD ini disebut dengan nama The Birch House yang sebelumnya merupakan gedung kantor untuk sebuah pabrik peleburan timah bernama Eastern Smelting yang berdiri tahun 1908. Mansion tua ini sempat dibiarkan begitu saja sebelum grup Ivory Properties membelinya di awal tahun 2000-an sebagai markas mereka dan kini juga memiliki gerai McDonald’s dua lantai yang buka 24 jam lengkap dengan layanan drive-through.


    10. Imperial McDonald’s di Portugal

    Terletak di kota pinggir pantai Porto di Portugal, gerai McDonald’s yang dibuka tahun 1995 ini menempati bekas bangunan Café Imperial yang merupakan kedai kopi terkenal yang dibuka di kota tersebut sejak tahun 1930-an. Dengan arsitektur Art Deco yang dipertahankan dari aslinya, gerai ini disebut sebagai salah satu gerai McDonald’s paling indah di dunia dengan hiasan patung elang perunggu yang dibuat oleh pematung terkenal Henrique Moreira di pintu masuknya dan hiasan stained glass karya seniman Ricardo Leone serta chandelier kristal di bagian dalamnya. Sekilas, bagian dalamnya mengingatkan pada Grand Central Terminal di New York.


    (Alex.K/Image: Twitter @pretty_pebbles4)