Beauty

Produk Skincare yang Wajib Diprioritaskan Agar Lebih Hemat

  by: Kissy Aprilia       12/5/2020
    • Saat berhemat, kamu tetap diperbolehkan untuk membeli skincare.
    • Hanya ada lima jenis produk skincare yang wajib diprioritaskan.
    • Pilih produk yang lebih affordable dan menghasilkan efek yang dibutuhkan.


    Pandemi covid-19 telah menimbulkan krisis di berbagai aspek, dan salah satu yang paling banyak dialami adalah perubahan ekonomi. Kita tahu bahwa kondisi ini menyebabkan penurunan kinerja bisnis pada sejumlah warga, bahkan di kalangan menengah ke atas. Lalu, bagaimana cara menghadapinya? Berhemat. Kamu harus lebih cerdas mengatur pengeluaran dan mengutamakan kebutuhan esensial. Apakah egois jika memasukkan daftar belanja skincare ke dalam kategori tersebut? Tidak. Asalkan kamu memprioritaskan produk mengikuti tips berikut ini.




    Facial Cleanser

    Berapa harga facial cleanser favoritmu? Apakah nominalnya melebihi rata-rata harga di drugstore? Jika iya, coba hitung kembali apakah sesuai dengan pemasukanmu saat ini. Use your money wisely. Faktanya, banyak sekali produk facial cleanser yang affordable dan bisa membersihkan kulit wajah dengan maksimal. 

    Lihatlah kemasan facial cleaser yang kamu gunakan sekarang, lalu temukan bahan kandungan yang membuat kulitmu cocok dengan produk tersebut. Selain itu, pastikan kamu membeli pembersih wajah yang bersifat moisturizing atau hydrating, karena dengan menjaga kelembapan maka kulit akan terhindar dari berbagai masalah.



    Toner

    Beauty enthusiast tentu sudah mengetahui pentingnya menggunakan toner setelah mencuci wajah: mengembalikan keseimbangan pH alami kulit. Toner juga berfungsi mengangkat lapisan sel-sel kulit mati sehingga wajahmu tetap terlihat cerah meski (we know) bosan menjalankan social distancing. 

    Kamu dapat menemukan sejumlah produk toner yang affrodable seperti Secret Key Tea Tree Refresh Calming Toner 248ml (Rp90.000), Wardah Lightening Face Toner 150ml (Rp24.000), Mineral Botanica Acne Care Toner 90ml (Rp28.900). Untuk cara pemakaian yang lebih hemat, gunakan kapas alih-alih menuangkannya langsung ke tanganmu. 


    Eye Cream

    Banyak orang mengeluhkan tentang waktu tidurnya yang berantakan selama social distancing. Karena itulah, kamu membutuhkan eye cream dalam daftar prioritas skincare! And let’s be honest.. tidak ada produk eye cream yang dapat membuat garis-garis halus di sekitar mata kembali kencang, melainkan mencegahnya bertambah buruk. Pada dasarnya, kamu hanya membutuhkan produk yang dapat membantu menjaga kelembapan di area mata. Don’t skip eye cream! Apa pun mereknya, pastikan sudah terdaftar oleh BPOM dan memang diformulasikan khusus untuk area mata yang sensitif. 





    Pelembap Multifungsi

    Berhemat bukan berarti membeli sembarang produk skincare. Meski berfungsi menjaga kelembapan, beda jenis kulit, beda pula kebutuhan formulanya. Jika kulitmu cenderung berminyak, pilih pelembap bertekstur gel, dan tesktur creamy untuk kulit yang kering. Tapi sebenarnya, kamu dapat mengganti produk moisturizer dengan minyak jojoba yang dapat digunakan semua jenis kulit dan di berbagai area kulit, bahkan rambut dan kuku. 


    Penting: Sunscreen!

    Apa yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan sistem imun tubuh? Berjemur di bawah sinar matahari sebelum pukul 10:00. Namun, selain memberikan Vitamin D, sinar matahari juga berkontribusi pada penuaan kulit, kerutan, dan bintik hitam. Setidaknya, kamu dapat melindungi area kulit yang sensitif dan lebih mudah terbakar dengan menggunakan sunscreen. Saat mencari produk sunscreen yang lebih affordable dibandingkan milikmu saat ini, pilihlah formula yang lebih cepat menyerap dan tidak meninggalkan white cast. 


    (Kissy Aprilia, images: Racool_studio/ Freepik)