Better You

Ini 6 Kebiasaan yang Wajib Dihindari oleh Penderita Maag!

  by: Giovani Untari       12/5/2020
    • Penyakit maag mungkin sudah tidak asing lagi dialami oleh sebagian orang saat ini.
    • Bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit maag, ini dia 6 kebiasaan yang wajib kamu hindari!

    Penyakit satu ini mungkin sudah tak terasa asing bagi sebagian orang. Maag sendiri merupakan penyakit yang ditimbulkan karena adanya peradangan atau iritasi dalam lapisan perut. Beberapa gejala yang sering menandai penyakit ini adalah rasa mual, munculnya gangguan pencernaan secara berulang, sakit perut, muntah, hingga kehilangan nafsu makan. Untuk itu bagi kamu yang memang memiki riwayat penyakit maag, ada 6 kebiasaan yang bisa kamu hindari untuk mencegah penyakit ini kambuh dan merusak aktivitasmu.

    Ini dia 6 kebiasaan yang wajib dihindari oleh para penderita maag:




    1. Makan Tidak Teratur

    Jika kamu sering menunda makan dalam jangka waktu yang cukup lama maka faktor ini dapat memicu terjadinya maag. Saat perut kosong, asam lambung memproduksi jumlahnya yang lebih banyak dari biasanya dan ini berdampak pada lapisan dinding perut yang akhirnya ikut teriritasi. Lalu saat kamu lapar, kamu akhirnya akan makan lebih banyak dari biasanya. Voila! Sistem pencernaanmu pun akhirnya menjadi lebih sensitif. Usahakan untuk makan teratur sehari 3 kali dalam porsi normal atau kamu bisa membagi pola makan mu menjadi 6 kali dalam porsi yang lebih kecil setiap kali makan. Cara ini membantu agar lambung dan saluran pencernaanmu terhindar dari iritasi.


     

    2. Tidak Mengatur Asupan Makan



    Apa yang kamu konsumsi memegang peranan besar bagi para penderita maag. Pasalnya, ada beberapa makanan tertentu yang jika tidak diatur jenis makannya maka dapat memperparah penyakit maag. Beberapa makanan yang sebaiknya dihindari bagi para penderita maag adalah kopi, makanan yang asam (termasuk buah-buahan asam), makanan yang terlalu berlemak, pedas, berminyak, bahkan minuman berkarbonasi. Jaga asupan makanan dengan memperbanyak menu rendah lemak yang mudah dicerna tubuh (seperti ikan dan daging ayam), serta makanan yang tinggi serat contohnya apel, wortel, brokoli, dan beberapa kacang. 


    3. Makan Dalam Jumlah Besar

    Kebiasaan yang wajib dihindari oleh para penderita maag adalah dengan makan dalam jumlah besar sekaligus! Cosmo mengerti bahwa segala hidangan di restoran all you can eat memang menggoda, but dear... makan dalam jumlah besar sekaligus adalah momok bagi para penderita maag! Itu karena kebiasaan ini mampu menimbulkan iritasi dan rasa tidak nyaman. Jadi usahkan kamu makan dalam porsi yang cukup dan tidak terlalu full agar lambungmu tetap aman saat menerima makanan.


    4. Mengonsumi Alkohol





    Alkohol juga merupakan salah satu yang wajib dihindari penderita maag. Sebab kandungan satu ini mampu mengiritasi sistem pencernaanmu. Bayangkan, hanya mengonsumsinya dalam jumlah sedikit saja sudah bisa membuat lambung memproduksi asam lebih banyak dari biasanya. Dan ini pun menjadi awal kabuhnya penyakit maag milikmu. Bad news-nya lagi, alkohol juga menimbulkan efek samping lainnya seperti mual, diare, bahkan sakit perut.


    5. Merokok

    FYI, nikotin dan zat lainnya di dalam rokok dapat meningkatkan produksi hydrochloric acid dalam perutmu. Inilah juga yang menyebabkan kamu menderita penyakit maag. Jadi sebaiknya kamu turut menghindari kebiasaan satu ini agar penyakit maagmu tidak semakin parah.


    6. Stres



    Stres memengaruhi berbagai kondisi dalam tubuhmu, tidak terkecuali pada penyakit maag yang kamu miliki. Cara terbaik agar terhindar dari maag adalah turut mengurangi rasa stres yang kamu alami. Kamu bisa mencoba dengan melakukan terapi pernapasan, meditasi, atau yoga untuk menyeimbangkan kondisi fisik dan mentalmu, girls! Atau coba cari hobi baru yang menyenangkan agar kamu menjadi lebih happy dan tidak terlalu memikirkan masalahmu secara over. Happy mind, happy life!


    (Giovani Untari / Images: Dok. Freepik, Tenor.com)