Beauty

8 Cara Menjaga Makeup Agar Tetap Segar Saat Puasa!

  by: Astriana Gemiati       13/5/2020
    • Ingin makeup kamu terlihat tetap fresh walau sedang berpuasa?
    • Ikuti delapan cara berikut ini agar makeup kamu tetap segar dan juga tahan lama.


    Ladies, memasuki bulan puasa dan tentunya cuaca musim panas, terkadang menjadi dilema tersendiri bagi wanita untuk menggunakan makeup yang tepat agar tetap terlihat tahan lama dan tampak segar. Meningkatnya suhu, plus menahan dahaga saat sedang berpuasa memang bisa menyebabkan tampilan kulit wajah kamu jadi mudah tampak kering dan bahkan makeup mudah crack. (huuffft...)




    Untuk mencegah hal ini, Cosmo mengumpulkan beberapa tips yang bisa kamu coba untuk memastikan riasan wajah kamu tetap tampil segar, bahkan di saat musim panas yang terik ini:


    #1. Aplikasikan pelembap

    Selalu persiapkan kulit dengan menggunakan moisturizer sebelum melanjutkannya dengan makeup rutin kamu. Ini akan memastikan bahwa kulit kamu akan terhidrasi dengan baik ketika terkena cuaca panas khususnya saat berada di luar ruangan.


    #2. Selalu menggunakan krim tabir surya.

    Beranggapan tidak perlu menggunakan sunscreen di dalam rumah atau saat beraktivitas di luar sangatlah tidak disarankan. Bagaimanapun, paparan sinar UV bisa masuk dan mudah menyentuh ke kulit kamu walau hanya dihadang oleh jendela rumah. Kamu pun bisa memilih kadar SPF yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.


    #3. Investasikan produk primer.

    Sebelum mengaplikasikan produk dasar kamu, pastikan untuk memakai primer terlebih dahulu. Ini berfungsi seperti ‘lem’, sehingga riasan kamu akan bertahan jauh lebih baik dan bisa memperpanjang MOTD (Makeup Of The Day) kamu, lho!


    #4. Menggunakan alas dasar yang ringan.

    Dikarenakan panas terik, kamu pasti cenderung mengeluarkan keringat yang banyak, dan mengaplikasikan foundation dengan cakupan penuh agar dapat menyumbat pori-pori kamu. Coba rotasi produk makeup kamu dengan menggantinya menggunakan tinted moisturizer. Dijamin, kulit kamu akan berterima kasih!




    #5. Sembunyikan dark spot.

    Karena kamu akan menggunakan alas dasar produk yang ringan, kamu harus mengandalkan concealer untuk menyamarkan dark spot kamu. Rehat sejenak penggunaan concealer di bawah mata kamu untuk hari lain, dan terapkan saja pada area yang membutuhkan dengan bantuan jari manis.


    #6. Tap-tap bedak tabur.

    Untuk memberikan kesan riasan kamu mampu melawan panas matahari, kamu perlu menyiapkan bedak tabur. Gunakan kuas berbulu besar, dan sapukan bedak tipis-tipis pada kulit wajah kamu


    #7. Hindari powder blush.

    Untuk menambahkan kilau sehat pada pipi kamu, pilihlah blush on yang memiliki formula gel. Setelah itu, kamu juga bisa melapisinya dengan blush on bertekstur krim. Ini akan membuat riasan kamu semakin tampak alami.


    #8. Semprotkan hydrating mist.

    Untuk meratakan makeup kamu, gunakan face spray  yang mampu berfungsi untuk menjaga agar makeup tetap lembap. Ini adalah cara sempurna untuk menyegarkan dan mengunci kembali makeup kamu di tengah hari!




    ( Astriana Gemiati, Image: puhhha©123RF.com )