Beauty

Bolehkah AHA/BHA & Vitamin C Digunakan Secara Bersamaan?

  by: Fariza Rahmadinna       12/5/2020
  • Memilih dan menggunakan lebih dari satu produk perawatan kulit merupakan hal yang sering dilakukan oleh para wanita. Alasannya? Jelas saja untuk mendapatkan kulit wajah flawless dan mengatasi masalah kulit. Namun, memakai lebih dari satu produk skincare itu sebenarnya tidak boleh sembarangan, lho. Ada beberapa kandungan skincare yang tidak boleh digunakan secara bersamaan, karena dapat memicu break out, iritasi, serta masalah kulit lainnya.

    Beberapa kandungan skincare yang dikatakan tidak sebaiknya digunakan secara bersamaan adalah AHA/Bha dan Vitamin C. Padahal, kedua bahan tersebut menjadi formula andalan dalam perawatan kulit. Bagaimana penjelasannya? Simak!  




    Apa akibatnya jika AHA/BHA dan Vitamin C digunakan bersamaan?


    Sebagaimana diketahui, baik AHA/BHA maupun vitamin C kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan, sekaligus mencerahkan kulit. Akan tetapi, dikutip dari laman TheKlog, menurut dokter kulit yang berbasis di San Francisco, Dr. Caren Campbell, mengatakan bahwa vitamin C dan AHA/BHA sama-sama memiliki efek pengelupasan kulit. Itulah mengapa ia tidak menganjurkan untuk menggunakan kedua kandungan skincare ini secara bersamaan. Menggunakan vitamin C dan AHA/BHA secara bersamaaan justru dapat memicu iritasi pada kulit.


    Apakah ada tips jika ingin menggunakan kedua bahan tersebut?


    Ia menjelaskan, kombinasi antara vitamin C dan AHA/BHA bisa saja bekerja secara efektif bagi pemilik kulit berminyak yang ingin memudarkan bekas jerawat dan bintik-bintik hitam. Namun, ia tidak menganjurkan bagi pemilik kulit normal, kombinasi, kering dan sensitif, karena akan menyebabkan kulit terlalu kering. Jika dibiarkan, hal ini tentu saja dapat memicu iritasi pada kulit. Tipsnya, cukup gunakan vitamin C di siang hari dan AHA/BHA di malam hari 2-3 kali dalam seminggu. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko masalah kulit.

    Sementara itu, menurut ahli dermatologi Dr. Sue Ann Wee mengatakan bahwa penggunaan AHA/BHA justru dapat memengaruhi efektivitas vitamin C sebab bahan tersebut diformulasikan dengan kadar pH yang rendah. Jika kamu mengombinasikan vitamin C dengan AHA/BHA, hal ini dapat mengubah kadar pH, sehingga memengaruhi efektivitas vitamin C. Dengan kata lain, kamu bisa saja mengkombinasikan kedua kandungan skincare ini. Namun, jika kamu mengharapkan hasil yang lebih maksimal, ada baiknya gunakan kedua kandungan skincare ini secara terpisah. Ia menyarankan untuk menggunakan vitamin C pada pagi hari dan AHA/BHA di malam hari.




    Jangan lupa untuk mengetes kecocokan kulit!


    Remember! Selalu lakukan patch test terlebih dahulu untuk mengetahui reaksi yang kulitmu berikan ketika berinteraksi dengan kandungan skincare tertentu. Kamu dapat menguji produk perawatan kulit di area belakang telinga atau lengan bagian dalam. Lakukan patch test selama 3-5 hari untuk melihat reaksi kulit kamu terhadap produk yang kamu gunakan. Jika kulit kamu tidak memberikan reaksi apapun, barulah coba aplikasikan produk pada area wajah.


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Noah Buscher on Unsplash)