Beauty

Manfaat Minyak Zaitun untuk 4 Masalah Rambut Sehari-hari

  by: Fariza Rahmadinna       15/5/2020
  • Seperti diketahui, minyak zaitun adalah salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat. Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut. Kandungan vitamin A, E, dan K, asam oleat, dan asam palmitat yang terkandung dalam minyak zaitun dinilai efektif untuk memberikan nutrisi pada rambut. Ingin tahu apa saja manfaat minyak zaitun untuk rambut? Simak artikel ini sampai habis ya, dear!




    1. Melembutkan Rambut


    Apakah rambutmu tergolong kering? Rambut yang cenderung kering biasanya terjadi akibat terlalu banyak terpapar oleh bahan kimia, alat styling rambut atau cuaca panas. Selain itu, rambut kering juga bisa terjadi karena lapisan luar rambut sangat rapuh, sehingga tidak bisa mempertahankan kadar air rambut. Kondisi semacam ini juga bisa menyebabkan rambut bercabang, kaku dan terlihat tidak sehat.

    Sebelum semakin parah dan rusak, rambut kering harus segera diatasi, lho. Minyak zaitun adalah salah satu bahan alami terbaik yang mampu memberi kelembapan pada rambut. Ini berkat kandungan asam oleat dan asam palmitat di dalam minyak zaitun, sehingga membuat rambut tampak lebih sehat, lembut, halus, kuat, dan berkilau.


    2. Mengurangi Ketombe


    Munculnya ketombe dapat disebabkan karena kulit kepala kering dan terkelupas. Untuk mengurangi ketombe pada rambut, kamu juga bisa memanfaatkan minyak zaitun. Caranya: campurkan satu sendok makan jus lemon dengan minyak zaitun, kemudian aplikasikan pada kulit kepala sembari dipijat. Lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit, barulah dibilas dengan menggunakan sampo.

    Jus lemon membantu mengatasi masalah ketombe, sementara minyak zaitun memberi kelembapan pada kulit kepala untuk mencegah munculnya ketombe di kemudian hari. Namun, pastikan kamu tidak menggunakan jus lemon dalam jumlah yang banyak, karena alih-alih mengurangi ketombe, terlalu banyak menggunakan jus lemon justru dapat merusak rambut. Another tips: cukup lakukan perawatan ini seminggu sekali.




    3. Mengatasi Rambut Bercabang


    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lapisan luar rambut yang rapuh juga dapat menyebabkan rambut bercabang. Rambut bercabang bisa menjadi salah satu tanda kerusakan pada rambut. Kondisi ini bisa disebabkan oleh paparan radikal bebas, seperti debu, polusi dan sinar ultraviolet.

    Untuk mengatasi hal ini, tuang beberapa tetes minyak zaitun pada tangan yang bersih, lalu aplikasikan secara merata pada rambut setelah keramas. Minyak ini diperkaya vitamin E yang dapat melawan radikal bebas penyebab rambut rusak. Lakukan cara ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.


    4. Mengembalikan Kilau Alami Rambut


    Tak hanya mampu melembapkan rambut, minyak zaitun juga dapat mengembalikan kilau alami rambut. Kandungan vitamin A dan antioksidan yang terkandung di dalam minyak zaitun dapat melindungi keratin sekaligus menjaga kelembapan rambut, sehingga rambut lebih sehat dan berkilau.


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Element 5 Digital on Unsplash)