Lifestyle

Bosan? Ini 8 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan Selama PSBB!

  by: Alvin Yoga       14/5/2020
  • Walaupun secara fisik kamu tak bisa hang out bersama the girls di tengah kondisi PSBB saat ini, namun ada beberapa hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan sambil tetap berjauhan. Beberapa kegiatan di bawah ini bisa membantumu menghilangkan rasa kesepianmu, dan TBH, rasanya menyenangkan bisa mendengar suara lain selain suara TV. Berikut ini adalah delapan cara paling inovatif yang bisa kamu lakukan selama social distancing atau PSBB di rumah.


    1. Membuat kompetisi memasak

    Buat kompetisi yang sehat dan menyenangkan bersama teman-temanmu di Zoom. Tak jadi masalah jika kalian sebelumnya tidak bisa memasak. Cobalah untuk membuat sesuatu yang simpel—seperti telur dadar—lalu keluarkan sisi kreatif kalian dengan menghias telur tersebut. Kalian juga bisa menentukan bahan lain untuk melengkapi telur tersebut, seperti cabai, daun bawang, sosis, atau lainnya. Kalau kalian sudah pintar memasak, cobalah sesuatu yang lebih rumit, seperti membuat martabak manis. Atau, coba salah satu resep masakan yang Cosmo miliki di IGTV, seperti banana pudding regal atau gyudon atau choco peanut oatmeal.









    Atur waktu terbaik di mana kalian semua bisa memasak bersama, dan aktifkan Zoom kalian. Ingin lebih menantang? Coba atur waktu sebanyak 30 menit untuk mengkreasikan sebuah masakan layaknya Master Chef, dan lihat masakan siapa yang paling menarik. Tentu saja kreativitas dan presentasi yang baik akan membuat makananmu terlihat lebih menarik (soal rasa, umm, yah, boleh saja kalian tambahkan, namun cari juri yang lebih adil semisal ibu kalian untuk menilai makanan tersebut). Dijamin, kegiatan ini sangat seru!


    2. Berolahraga bersama

    Berolahraga sendirian memang terkadang bisa terasa...sepi, serta membosankan. Agar lebih termotivasi, sesekali berolahragalah bersama teman-temanmu lewat FaceTime. Bahkan akan lebih baik lagi jika kalian melakukannya secara rutin. Semisal, buat jadwal untuk FaceTime setiap hari Selasa dan Jumat jam 9 pagi, dan lakukan olahraga selama 15-30 menit. Kamu bisa mengikuti salah satu temanmu yang memang sudah sering berolahraga, atau coba tonton video olahraga dari YouTube. Kalian juga bisa mengintip IGTV Cosmo untuk mencoba pilates atau bahkan K-Pop dance.





    Apapun pilihan olahragamu, yang terpenting adalah kalian tetap berkeringat. Dengan cara ini kamu juga bisa saling mengecek keadaan teman-temanmu yang lain. Cosmo sendiri sudah mencobanya, dan kami banyak tertawa selama sesi olahraga karena ada saja yang melakukan pose aneh selama berolahraga. Hey, tertawa juga termasuk olahraga untuk kesehatan mental, kan? Hal ini akan membantumu menaikkan mood serta menurunkan rasa cemas selama #dirumahaja.


    3. Mencari teman pena baru


    Pernah ikut sebuah proyek di Instagram yaitu Friend of a Friend? Proyek ini sendiri cukup terkenal, namun kalau kamu belum pernah mendengarnya, tak masalah, akan Cosmo jelaskan. Kamu akan dipasangkan dengan teman dari temanmu (yang tidak kamu kenal sama sekali) di mana kalian akan saling bertukar pesan lewat e-mail (atau lainnya), dan kalian akan melanjutkan hal tersebut dengan saling mengirimkan novel favorit pada satu sama lain. Cosmo pernah mencoba hal ini, dan kami bahkan sempat mendapat kiriman novel dari seseorang di Perth!




    4. Menyelesaikan teka-teki silang bersama

    Punya buku teka-teki silang? Bagus, kamu bisa menggunakan buku tersebut untuk bersosialisasi bersama teman-temanmu. Coba atur waktu agar kalian bisa bertemu via Google Hangout di pagi hari, atau atur jadwal semisal setiap Rabu jam 9 pagi untuk menyelesaikan teka-teki tersebut sambil sarapan. Kalian bisa menyelesaikan satu sampai tiga teka-teki silang bersama-sama. Ingin sesuatu yang lebih seru? Minta temanmu mengajak satu teman lainnya yang belum kalian kenal agar kalian bisa menambah kenalan. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui.


    5. Netflix party

    Cosmo yakin kamu pasti sudah pernah mencoba hal ini setidaknya sekali, dan kalau belum, mungkin ini waktu yang tepat untuk memulainya. Bisa dikatakan Netflix Party adalah salah satu penemuan terbaik saat ini, karena dengan adanya fitur tersebut, setidaknya rasa rindu Cosmo pada malam-malam menyenangkan ketika menonton bioskop bisa sedikit terbayar. Chrome extension juga sudah menambahkan chat room, sehingga kalian bisa saling mengobrol dan mengejek satu satu sama lain—you know, like normal people do. Belum tahu bagaimana cara mengikuti Netflix Party? Tenang, ikuti langkah berikut:

    a) Download extension berikut di Google Chrome.

    b) buka Netflixmu, dan putar sebuah film atau serial TV

    c) Ikon Netflix Party di address bar akan berubah warna dari abu-abu menjadi merah. Klik ikon tersebut

    d) Sebuah jendela pop-up akan muncul dan memberi instruksi untuk “Create a Netflix Party.” Nah, kamu memiliki opsi untuk mengajak teman-temanmu dan menonton secara privat, atau membuat link tersebut terbuka sehingga bisa ditonton oleh siapapun yang ingin menonton. Kemudian klik “Start the party.”

    e) Sebuah jendela pop-up lainnya akan muncul dengan sebuah link. Klik “Copy URL” dan sebarkan pada teman-temanmu. Kamu juga bisa melihat kembali link tersebut dengan mengklik ikon Netflix Party.

    f) Netflix Party secara otomatis akan memberimu sebuah ikon. Dengan mengklik ikon tersebut, kamu bisa mengubahnya (ada beberapa pilihan) serta nickname-mu. Mudah, kan?


    6. Bermain game bersama

    Jackbox.tv saat ini sedang sangat terkenal. Website tersebut memiliki berbagai permainan trivia yang bisa kamu mainkan bersama teman-temanmu. Atau, kamu juga bisa mencoba online escape room bertemakan Harry Potter bersama-sama di sini.


    7. Ikut kelas online bersama


    Ada banyak sekali kelas seni gratis yang bisa kamu tonton di IGTV. Kamu juga bisa menonton kelas dooling Cosmo di bawah ini. Atau, banyak pilihan menarik yang juga bisa kamu lihat di AirBnb Online Experiences dengan harga terjangkau. Pilihan lainnya, kamu bisa mencoba berbagai kelas gratis dari Coursera (kamu tetap harus membayar kalau ingin mendapatkan sertifikat, ya). Cosmo sendiri tengah mencoba salah satu kelas populer mereka, “The Science of Well-Being” dari Yale University (hanya dengan mendaftarkan akun Facebook, mudah kan?), dan kelas ini sangat membantu Cosmo tetap tenang di tengah kepanikan. Very enlightening!


    8. Mencoba Tantangan QuaranTHEME dari Harrison Kohen

    Ini yang paling seru. Kamu suka segala hal yang berbaru fashion? Coba tantangan QuaranTHEME dari Harrison Kohen di IG @Hkohen12. QuaranTHEMES yang pernah dilakukan contohnya adalah seperti Bed Sheet Met Gala, Views From My Sunday Stroll Pics, Wig/Wacky Hair Wednesday, Quarantine Kitchen Baked Goods Photos, All Dressed Up With No Where to Go, dan masih banyak lagi. Atau, buat tantanganmu sendiri dengan mengunggah foto OOTD-mu di Instagram. Cosmo tunggu pose terbaikmu, dan jangan lupa tag @cosmoindonesia, ya!


    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. lightfieldstudios©123RF.com / Thought Catalog on Unsplash / ASHLEY EDWARDS on Unsplash)