Lifestyle

20 Lagu Terpopuler di Spotify Selama Masa Karantina di Rumah

  by: Alexander Kusumapradja       14/5/2020
    • Spotify mengungkap daftar lagu-lagu paling populer selama masa karantina pandemi COVID-19 di rumah.
    • Dari 20 lagu terpopuler, peringkat pertama diduduki oleh “Toxic” dari Britney Spears.


    Di masa karantina mandiri dan Pembatasan Sosial Berskala Besar yang telah berlangsung beberapa bulan terakhir ini, banyak dari kita dihadapkan dengan situasi baru beraktivitas sepenuhnya di rumah dan tentu salah satu tantangannya adalah menciptakan suasana yang tetap memotivasi kita untuk bekerja di rumah. Cosmo setuju kalau mendengarkan playlist berisi musik favorit kita adalah salah satu mood booster yang mampu membantu kita tetap “waras” dalam kondisi pandemi saat ini. Mendengarkan lagu atau podcast sambil beraktivitas pun tetap dilakukan oleh banyak orang di rumah. Lantas, lagu-lagu apa saja sih yang paling populer didengarkan selama masa pandemi ini? Well, salah satu layanan streaming musik populer Spotify mengungkapkan datanya.




    Metodologi yang Dipakai 

    Metodologi yang dilakukan untuk menyusun daftar ini adalah memasukkan kata kunci 'Coronavirus', 'COVID-19', 'lockdown' dan 'quarantine' ke dalam Spotify dan sekitar 500 playlist teratas dan paling banyak di-follow pengguna Spotify dengan kata-kata kunci tersebut di judulnya dikumpulkan. Dengan total lebih dari 35 ribu lagu, setiap playlist Spotify kemudian dibandingkan untuk diidentifikasi setiap lagu yang sama dan lagu dengan hasil terbanyak yang ditemukan di semua playlist dimasukkan ke dalam daftar lagu terpopuler ini. Berikut adalah hasilnya.


    20 Lagu Terpopuler Spotify di Playlist Pandemi

    1. “Toxic” – Britney Spears

    2. “Stayin’ Alive” – Bee Gees

    3. “U Can’t Touch This” – MC Hammer

    4. “Don’t Stand So Close To Me” – The Police

    5. “I Will Survive” – Gloria Gaynor

    6. “SICKO MODE” – Travis Scott

    7. “Mask Off” – Future

    8. “Work From Home” – Fifth Harmony, Ty Dolla $ign

    9. “Survivor” – Destiny’s Child

    10. “Fever” – Peggy Lee

    11. “It’s The End Of The World As We Know It (And I Feel Fine)” – R.E.M

    12. “Harder To Breathe” – Maroon 5

    13. “Closer” – The Chainsmokers, Halsey

    14. “Can’t Feel My Face” – The Weeknd

    15. “Down With The Sickness” – Disturbed

    16. “Take My Breath Away” – Berlin



    17. “Every Breath You Take” – The Police

    18. “I Feel It Coming” – The Weeknd, Daft Punk

    19. “Bohemian Rhapsody” – Queen

    20. “Toxicity” – System Of A Down



    Melihat hasil tersebut, tampaknya salah satu pertimbangan memasukkan lagu-lagu tersebut ke dalam playlist karena judul lagu atau temanya yang memang masih berkaitan dengan “racun”, “virus”, “kontak fisik”, maupun “bekerja dari rumah”. Peringkat pertama diduduki oleh “Toxic” dari Britney Spears yang masuk ke dalam 95 dari 500 playlist yang diriset. Lagu Britney dari tahun 2003 ini memang termasuk lagu pop yang tak lekang oleh waktu dan sampai sekarang pun disukai oleh berbagai kalangan (kangen party di Senopati, anyone?). Lagu ini sudah diputar lebih dari 407 juta kali di Spotify dan judul dan tema lagunya memang cocok untuk situasi saat ini tapi tetap mampu bikin kita ikutan bernyanyi atau joget, iya kan? 


    Di peringkat kedua ada lagu klasik Bee Gees, “Stayin’ Alive” yang muncul di 87 playlist. Dari judulnya saja, lagu yang menjadi soundtrack film Saturday Night Fever ini seolah bilang kita memang harus bertahan hidup dan sudah dimainkan lebih dari 16 juta kali di Spotify.


    Sementara di peringkat ketiga ada “U Can’t Touch This” dari MC Hammer yang muncul di 85 playlist dari 500 playlist bertema pandemi. Namun, tak semuanya merupakan lagu lawas. Ada juga lagu-lagu terbilang baru dari The Chainsmokers, The Weeknd, Maroon 5, dan Fifth Harmony. Yang cukup mengagetkan, meskipun lagu heavy metal biasanya bukan lagu yang mudah diterima semua orang, namun dua lagu bergenre heavy metal yaitu “Toxicity” dari System Of A Down dan “Down With The Sickness” dari Disturbed berhasil masuk ke dalam daftar 20 besar ini.


    Tiga Lagu Paling Sering Kamu Dengar Selama Karantina di Rumah

    Nah, bagaimana dengan kamu sendiri? Apa lagu yang paling sering kamu dengar selama masa pandemi ini? Kalau tidak tahu atau yakin, Cosmo kasih tahu caranya ya! Kamu bisa mengetahui tiga lagu paling sering kamu putar di Spotify selama masa pandemi dengan mencoba plug in yang dibuat oleh perusahaan tiket Tixel di mana plug in itu akan melacak tiga lagu paling kamu sering dengar dan menyulapnya ke dalam bentuk gambar yang bisa kamu simpan ke galeri foto dan share ke Instagram story atau media sosial lainnya. Wah kira-kira lagu apa saja hayooo? 


    (Alex.K/Image: bruce mars on Unsplash )