Beauty

Alasan Mengapa Kulitmu Membutuhkan Vitamin E

  by: Fariza Rahmadinna       21/5/2020
  • Vitamin E adalah salah satu bahan kandungan yang banyak ditemukan dalam produk perawatan kulit. Di dalamnya terdapat antioksian yang terkenal baik untuk sebagai penangkal anti aging dan sejumlah masalah kulit lainnya. Sudahkah kamu mengetahui fungsi dan manfaat vitamin E secara lebih detail? Find out here!

    Apa itu vitamin E?



    Vitamin E merupakan jenis vitamin yang mempunyai efek antioksidan yang dikenal mampu memperlambat kerusakan sel-sel kulit akibat radikal bebas. Dalam daftar produk perawatan kulit, vitamin E juga dikenal dengan sebutan tokoferol atau tokoferil asetat.

    Pada umumnya, vitamin E dapat digunakan oleh semua jenis kulit. Namun, bagi kamu yang memiliki kulit berminyak cenderung rawan berjerawat, sebaiknya kamu menghindari penggunaan vitamin E yang terlalu banyak dalam rutinitas perawatan kulit. Ini karena vitamin E bersifat acnegenic, sehingga mudah menimbulkan jerawat pada kulit berminyak dan berjerawat.

    Apa manfaat yang dapat diberikan vitamin E?

    1. Antioksidan yang Kuat

    Sifat antioksidan dalam vitamin E mampu melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas, faktor utama yang menyebabkan penghalang alami kulit (skin barrier) menjadi melemah. Sebuah penelitian menunjukan bahwa, sedikit saja terpapar sinar UV dapat menurunkan kadar vitamin E dalam kulit hingga 50 persen. Oleh karena itu, kulit kita membutuhkan produk perawatan kulit dengan kandungan vitamin E untuk mengembalikan kadar vitamin E yang hilang, sehingga kulit tampak lebih sehat.

    2. Merupakan Anti-Inflammatory



    Vitamin E dapat membantu kulit agar tetap lembab dan kenyal serta mampu melawan peradangan. Selain itu, berdasarkan sebuah studi, vitamin E mampu mengurangi gejala dermatitis atopik, yang menyebabkan kulit merah, gatal, dan iritasi.

    3. Merawat Luka dan Stretch Marks

    Vitamin E tidak hanya bermanfaat untuk kulit wajah saja, tetapi juga untuk kulit tubuh kamu. Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan vitamin E dapat membantu pemulihan bekas luka seperti luka bakar, luka pembedahan, hingga stretch mark.

    Itulah tiga alasan mengapa perlu memasukan vitamin E dalam perawatan kulit. Perlu diketahui, penggunaan vitamin E secara rutin akan sangat bermanfaat bagi kulit kamu.

    Jika kamu belum memasukan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin E, tunggu apa lagi, girls?  


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Aiony Haust on Unsplash)