Lifestyle

Daftar Buku Inspiratif untuk Buatmu Termotivasi

  by: Givania Diwiya Citta       15/5/2020
    • Selama WFH, terkadang ada masa sulit yang membuat kita kehabisan ide untuk bekerja atau bebenah diri kala pandemi.
    • Daftar buku inspiratif rekomendasi Cosmo berikut bisa membuatmu tetap termotivasi selama melewati masa-masa sulit.


    Menonton sederet daftar K-Drama agar terhibur, sudah. Menjajal kegiatan seni untuk ngabuburit agar tak jenuh, sudah. Namun rasanya masih butuh dorongan untuk termotivasi? Coba pertimbangkan untuk unplug dan terhubung kembali dengan bacaan bagus. Karena kadang dari membaca buku, ada dorongan emosional yang membantu kita bebenah diri kembali agar bisa melewati masa-masa sulit. Tentunya, bekal ilmu dari membaca buku-buku bagus tersebut bisa digunakan setelah kita keluar dari rumah dan menjalani kehidupan normal setelah pandemi berakhir. Jadi, berikut adalah sederet daftar buku yang penuh inspirasi. Siap untuk mengubah hidup?




    Girl, Stop Apologizing – Rachel Hollis


    Kinokuniya - iLotte.com, harga: Rp316.000,-.

    Terkadang kamu butuh tendangan untuk tak sungkan-sungkan dalam mengejar mimpi. Percaya deh, buku inilah yang kamu butuh baca. Di dalamnya, Rachel Hollis membagi cara meraih mimpi dalam tiga bagian: alasan-alasan yang perlu direlakan dan dilepaskan, sikap untuk mampu beradaptasi, dan kemampuan-kemampuan untuk mencapainya. Semuanya akan membantu kamu menggapai impian bahkan yang terliar sekalipun.


    Very Good Lives – J.K. Rowling


    Gramedia.com, harga: Rp99.000,-.

    J.K. Rowling mungkin memang ratunya genre fiksi (dan merupakan pengarang terkaya sepanjang masa, bukan berita baru), tapi untuk mencapai posisi sukses ini, ia harus melewati (banyak sekali!) kegagalan. Dalam buku ini, ia menerangkan tentang bagaimana menerima kegagalan, karena hal itu justru yang membuat hidupnya jadi lebih baik.


    The Story of My Life – Helen Keller


    Opentrolley.co.id, harga: Rp167.000,-.

    Meski telah ditinggalkan sejak usia satu tahun dalam keadaan buta dan tuli, namun Helen masih bisa belajar untuk membaca, menulis, dan berbicara. Jika hal ini tidak dilabeli inspiratif, Cosmo tak bisa memikirkan definisi yang lain! Buku ini memberi kita semua detailnya, dalam kata-kata yang dirangkai sendiri oleh Helen, mulai dari bagaimana ia tak mengerti sebuah bahasa hingga bisa menjadi pengarang dan seorang aktivis politik terkenal di dunia.


    How to Stop Feeling Like Sh*t – Andrea Owen


    Kinokuniya - iLotte.com, harga: Rp262.000,-.

    Jika judulnya masih kurang jelas, ini adalah panduan tanpa bullsh*t untuk menjalani kehidupan terbaik kamu. Buku ini menerangkan semua sikap self-destructive yang perempuan cenderung lakukan (seperti terlalu mengkritik diri sendiri ataupun terlalu berorientasi untuk menyenangkan orang lain), dan cara bagaimana agar kita bisa menghentikannya sesegera mungkin.


    Make Your Bed – Admiral William H. McRaven


    Mybookaholic.com, harga: Rp231.446,-.

    Jika kamu merapikan kasur sekali dalam satu bulan lalu menyebut hal itu kesuksesan, maka buku ini akan diresepkan oleh seorang dokter kepadamu. Buku ini mengungkap gagasan jika kamu ingin mengubah dunia, maka kamu harus memulai hari dari menyelesaikan satu tugas kecil terlebih dahulu (merapikan kasur!), yang akan membuat kamu lebih siap untuk sukses menjalani sisa hari. Meskipun semua hal tak berjalan mulus setelahnya, toh kamu masih bisa pulang ke kasur yang nyaman di akhir hari.




    I Know Why the Caged Bird Sings – Maya Angelou


    Opentrolley.co.id, harga: Rp162.000,-.

    Memoar Maya Angelou DAN ada kata pembuka dari Oprah? Buku ini berlimpah inspirasi. Maya mendeskripsikan seperti apa rasanya tumbuh di wilayah selatan Amerika Serikat yang penuh prasangka, dan bagaimana ia pindah ke pesisir barat hingga belajar untuk kuat dan mencintai dirinya sendiri.


    Note to Self – Gayle King


    Opentrolley.co.id, harga: Rp391.000,-.

    Ingin nasihat hidup dari seseorang seperti Oprah dan Maya Angelou? Sama, Cosmo juga ingin. Pembawa acara CBS This Morning, Gayle King, berhasil menanyakan sederet orang sukses di dunia tentang apa yang akan mereka katakan pada diri mereka yang masih muda – jadi mungkin artinya… kalau kamu membacanya lekat-lekat, kamu bisa menjadi Oprah yang selanjutnya.


    The Happiness Project – Gretchen Rubin


    Gramedia.com, harga: Rp61.600,-.

    Gretchen terbangun di suatu hari dan memutuskan untuk mendedikasikan setahun penuh dalam hidupnya, untuk menjadi bahagia. Untungnya, buku ini memberikan kita detail bagaimana ia mempelajari segala sesuatunya selama 12 bulan, jadi kita pun bisa turut memulai proyek kebahagiaan kita sendiri.


    Becoming – Michelle Obama


    Periplus.com, harga: Rp512.000,-.

    Mantan Ibu Negara ini bercerita tentang kisah hidupnya, mulai dari bertumbuh di wilayah selatan kota Chicago sampai bisa tinggal di Rumah Putih. Jika Michelle Obama tak bisa membuat kamu terinspirasi, maka kamu tak tertolong.


    The Life-Changing Magic of Not Giving a F*ck – Sarah Knight


    Kinokuniya - iLotte.com, harga: Rp345.000,-.

    Sarah hanya ingin kamu berfokus pada energi untuk benar-benar peduli pada hal yang kamu sukai. Ia menawarkan bantuan berupa metodenya untuk memisahkan kehidupan kamu dengan hal-hal tak berguna yang selama ini menduduki pikiran kamu (contoh, peduli tentang siapa yang sudah atau belum pernah ke Islandia).


    (Artikel ini diadaptasi dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / FT / Images: Dok. Goodreads / Layout: Dyah Puspasari)