Beauty

Alasan Kamu Tidak Boleh Meminjam Produk Skincare Orang Lain!

  by: Kezia Calesta       14/5/2020
  • Sharing is caring, but not when it comes to skincare! “Mencicip” skincare baru memang menyenangkan, namun ada alasan mengapa kamu sebaiknya berpikir dua kali sebelum mencoba produk skincare milik orang lain. Yes, meskipun skincare tersebut berkualitas tinggi ataupun terbukti bermanfaat untuk teman atau saudaramu, ini tidak berarti kamu bisa mencobanya sesuka hati. Simak alasan Cosmo berikut!

    Tipe produk skincare yang seharusnya tidak kamu pinjam:




    Produk yang menggunakan resep dokter

    Ada alasan mengapa produk skincare ini harus menggunakan resep dokter: karena produk ini diciptakan untuk jenis kulit satu orang saja. Tergantung produk dan bahan-bahan yang digunakan, skincare yang menggunakan resep dokter biasanya lebih kuat dibanding skincare lain - artinya, kulit kamu bisa rusak, kering, atau membuatnya iritasi.


    Produk dalam jar

    Bila kamu membuka sebuah produk skincare yang disimpan dalam jar, dan kamu melihat banyak bekas jari dalamnya… jangan gunakan produk tersebut. Why? Skincare yang tersentuh oleh jari akan menyimpan bakteri, termasuk sel kulit mati dan kotoran dari bawah kuku orang tersebut. Ewww! Apakah kamu bisa membayangkan betapa kotornya share in jar yang biasanya disediakan di toko-toko skincare? Namun, jika kamu melihat bahwa ada sendok steril yang digunakan khusus untuk mengambil produk dari dalam jar, then that’s OK.


    Produk yang sudah berdebu atau berkerak

    Bila Anda melihat bahwa produk skincare yang ingin dipinjam sudah berdebu atau terlihat jarang dibersihkan, let’s skip it. Also, gentle reminder: meninggalkan produk skincare secara terbuka selama beberapa menit saja dapat mengumpulkan debu dan bakteri, maka cegah kebiasaan buruk ini di rumah.




    Makeup brush dan beauty blender

    Of course, this is a no-no! Alat yang orang lain gunakan untuk mengaplikasikan makeup juga tidak boleh kamu pinjam, karena dapat mengandung bakteri E. coli dan S. aureus dari area kamar mandi dan kulit wajah. Oh, no! Bila ingin membersihkan atau mengeringkan wajah, gunakan paper towel sekali pakai.


    Selain itu, ingat untuk mengecek jenis kulitmu. Asal meminjam produk skincare dapat menyebabkan iritasi atau reaksi kulit yang lebih kering atau berminyak. Namun, bila kamu dan orang tersebut memiliki tipe kulit yang sama, minta izin untuk mencoba sebanyak dua tetes saja. Berikut deretan skincare milik orang lain yang aman untuk dicoba: micellar water, gentle face wash, gentle makeup remover, dan sunscreen.


    (Image: doc. @racool_studio via Freepik)