Better You

5 Makanan Yang Akan Menjaga Kesehatan Vagina

  by: Fariza Rahmadinna       16/5/2020
  • Makanan yang dikonsumsi tidak hanya berdampak pada kesehatan kulit, rambut dan kuku, tetapi juga pada kesehatan Miss Cheerful. Sayangnya, sebagian besar orang kurang atau bahkan tidak memperhatikan kesehatan Miss Cheerful melalui makanan yang dikonsumsi. Berikut ini ada beberapa makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan vagina. Penasaran? Jangan lupa dicatat, ya!

    Sebelumnya, kamu perlu tahu bahwa ada tanda-tanda awal jika Miss Cheerful sedang tidak pada tingkat pH yang sehat. Di antaranya frekuensi bersendawa lebih dari biasanya, perut kembung dan sembelit, serta rasa gatal, kemerahan dan iritasi pada area kewanitaanmu. Selain itu, penting untuk diingat bahwa Miss Cheerful tidak seharusnya mengeluarkan bau (amis), keputihan tidak biasa (berwarna abu-abu), gatal-gatal dan kering.



    Berikut adalah beberapa makanan yang bisa menjaga kesehatan vagina:


    1. Makanan Tinggi Probiotik


    Greek yoghurt adalah salah satu makanan tinggi probiotik yang mengandung lactobacillus, yakni bakteri baik untuk tubuh. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Archives of Gynecology and Obstetrics, lactobacillus dapat membantu menjaga kesehatan urogenital dan memainkan peran penting dalam mencegah bakteri vaginosis, ISK (Infeksi Saluran Kemih) dan ragi vaginitis. Selain yogurt, makanan yang difermentasi seperti kimchi juga dapat menyeimbangkan tingkat PH dan membantu mencegah dan melawan bakteri atau jamur penyebab infeksi. Pastikan bahwa makanan tersebut tidak melewati proses pemanasan berlebihan sebab dapat membunuh bakteri baik yang terkandung di dalamnya.


    2. Makanan Kaya Vitamin C


    Makanan kaya vitamin C seperti buah jeruk, cranberry, dan buah beri lainnya dapat membantu menangkal radikal bebas sekaligus mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Cranberry berperan untuk menjaga kesehatan Miss Cheerful berkat kandungan antioksidan dan senyawa asam yang sangat bermanfaat untuk mencegah infeksi saluran kemih pada wanita. Secara spesifik lagi, lemon dapat menjaga tingkat pH Miss Cheerful secara alami.




    3. Buah Alpukat


    Alpukat kaya akan lemak baik, vitamin B6 dan kalium yang memiliki efek positif pada libido. Dikutip dari Healthline, buah alpukat juga dapat meningkatkan produksi estrogen, memperkuat dinding vagina dan meningkatkan lubrikasi. Untuk memperoleh manfaatnya, cukup konsumsi 1/4 buah alpukat setiap paginya.


    4. Makanan kaya omega


    Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang dipercaya dapat mencegah bau tidak sedap pada Miss Cheerful kamu. Bahkan makanan ini juga dapat merangsang gairah seks dengan membantu meningkatkan sirkulasi dan aliran darah ke area intim.


    5. Sayuran hijau


    Selain ikan salmon, banyaknya nutrisi yang terkandung dalam sayuran hijau juga dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi dan aliran darah pada area intim, sehingga dapat mencegah kekeringan pada Miss Cheerful.


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Maddi Bazzocco on Unsplash)