Better You

Sejumlah Manfaat Pilates Bagi Kesehatan

  by: Fariza Rahmadinna       18/5/2020
  • Apakah kamu sedang mencari jenis olahraga yang cocok untuk dilakukan di rumah? Jika iya, mungkin kamu akan tertarik dengan olahraga pilates. Pilates adalah olahraga yang melatih kekuatan fisik dan kesehatan mental. Pada mulanya, pilates dikembangkan oleh Joseph Pilates seorang trainer asal Jerman. Sejak itu nama latihan ini disebut ‘pilates’ yang diambil dari nama belakangnya. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasannya berikut ini ya!

    Apa Itu olahraga pilates?



    Pilates adalah olahraga yang berfokus pada keseimbangan, penguatan postur tubuh, fleksibilitas, pemusatan konsentrasi dan pikiran serta pengaturan pernapasan. Sama seperti yoga, pilates juga merupakan latihan yang menghubungkan pikiran, tubuh dan pengaturan napas. Dengan kata lain, latihan pilates sangat efektif untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Selama latihan pilates, kamu dianjurkan untuk mengatur pernapasan dengan baik, karena asupan oksigen berperan penting untuk melancarkan sirkulasi darah yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

    Lantas, apa saja manfaat pilates?

    Nah, berikut ini beberapa manfaat pilates bagi kesehatan, antara lain:

    1. Menguatkan Otot Inti Tubuh

    Pilates adalah latihan yang ditujukan untuk menguatkan otot inti tubuh. Otot inti merupakan serangkaian otot mulai dari otot dada bawah, perut, punggung, hingga otot di sekitar panggul. Otot inti ini diperlukan dalam hampir setiap gerakan tubuh manusia. Otot inti yang tidak fleksibel atau lemah dapat mengganggu fungsi gerak tubuh. Dengan kata lain, otot inti yang kuat tentu akan mengoptimalkan fungsi gerak tubuh dan menstabilkan koordinasi tubuh.

    2. Menajamkan Fokus

    Pilates membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi, terutama karena latihan ini memerlukan perhatian yang lebih untuk menghubungkan fokus pikiran dengan gerakan tubuh dan pengaturan napas. Fokus inilah yang nantinya membantu setiap gerakanmu menjadi lebih terkontrol sehingga kamu tidak mudah terjatuh. Selain itu, sebuah penelitian di Tiongkok juga menemukan bahwa pilates membantu meningkatkan fungsi kognitif otak yang berhubungan dengan kinerja memori serta fungsi kognitif lainnya.



    3. Membentuk Postur Tubuh

     Seperti yang sudah kita ketahui di atas, gerakan-gerakan “kecil” pada pilates membantu kita melatih otot inti tubuh serta menjaga keseimbangan. Tak hanya itu, latihan pilates juga membantu otot inti tubuh tersebut menstabilkan koordinasi tubuh, sehingga perlahan-lahan akan membentuk dan menjaga postur tubuh menjadi lebih baik. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Cherie Wells, seorang pengajar seinor di terapi fisik Griffith University, Australia, manfaat yang diadapatkan oleh otot inti tubuh tersebut bisa memperbaiki poster tubuh serta mengontrol gerakan tubuh menjadi lebih luwes.

    4. Meningkatkan Kualitas Seks

    Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal US National Library of Medicine National Institutes of Health, selain berfungsi untuk menjaga kesehatan mental dan otot tubuh, latihan rutin pilates selama 12 minggu juga dapat meningkatkan fungsi seksual wanita. Yup, latihan pilates mampu membuat wanita lebih cepat mencapai orgasme. Sebagaimana diketahui, latihan pilates berfokus pada penguatan otot pinggul yang membuat area Miss Cheerful kamu semakin kencang dan berpotensi menambah keintiman saat bercinta. Dengan latihan pilates secara rutin, kamu mampu menjaga stamina yang bisa menambah durasi bercinta dengan pasangan.

    (Fariza Rahmadinna/ VA / Images: Dok. Sevivpetro on Freepik)