Beauty

7 Tips Memakai Foundation yang Perlu Kamu Tahu

  by: Fariza Rahmadinna       19/5/2020
  • Pemakaian foundation adalah salah satu trik penting untuk menghasilkan riasan wajah yang flawless. Secara teknis, cara mengaplikasikannya memang terlihat mudah. Kamu hanya perlu memulaskannya di kulit wajah, and voila.. semua kekurangan pada kulit terkoreksi dengan sempurna. Namun kenyataanya, kamu perlu memahami beberapa trik agar riasan wajah terlihat natural dan menyatu pada kulit.




    1. Kuncinya adalah: prep your skin!


    Mendapatkan hasil riasan wajah yang sempurna harus dimulai dengan mempersiapkan kulit dengan baik. Mulailah dengan kulit wajah yang dibersihkan secara menyeluruh. Kemudian, lanjutkan dengan penggunaan pelembap untuk memberi kelembapan. Semakin kulit terhidrasi, semakin kecil kemungkinan makeup kamu akan terlihat cakey.


    2. Pilih foundation yang tepat


    Selalu pastikan foundation yang kamu beli sesuai dengan jenis kulit kamu. Bagi kamu yang memiliki kulit kering, pilih foundation yang memiliki formula hydrating. Sementara bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, pilih foundation yang mampu mengontrol produksi minyak pada wajah (oil-free). Tetapi yang perlu diingat, seiring dengan lamanya pemakaian, foundation dengan label oil-free biasanya akan mengalami oksidasi pada kulit berminyak. Jadi, pastikan kamu mencobanya terlebih dahulu sebelum membeli. Tipnya, pump sedikit foundation pada punggung tangan, lalu tunggu tiga hingga empat menit kemudian. Jika, warna foundation berubah menjadi oranye atau menguning, itu berarti foundation tersebut mengalami oksidasi.


    Perhatikan juga bahwa foundation yang mengandung SPF, kemungkinan besar akan menyebabkan whitecast. Ada baiknya, hindari pemakaian foundation yang mengandung SPF pada malam hari atau set foundation kamu dengan tinted loose powder untuk mengurangi whitecast.


    3. Gunakan primer agar tekstur kulit lebih halus


    Penggunaan primer sangat penting untuk membantu meminimalisir tampilan pori-pori dan membuat makeup awet sepanjang hari. Jika ingin mengoreksi warna kulit, kamu dapat memilih produk correcting primer. Menggunakan primer sebelum mengaplikasikan foundation akan membantu kamu mendapatkan hasil riasan wajah yang lebih halus dan mulus.


    4. Untuk hasil medium coverage, gunakan beauty sponge




    Jika kamu menginginkan hasil riasan wajah yang lebih natural dan terlihat dewy, gunakan beauty sponge yang sedikit basah untuk meratakan foundation. Cukup rendam beauty sponge di air dan peras kelebihan airnya, lalu gunakan untuk meratakan foundation kamu. Trik ini bisa kamu terapkan dengan berbagai macam tekstur foundation, bahkan foundation yang full coverage sekalipun.


    5. Stippling for full coverage


    Teknik stippling adalah sebuah teknik meratakan foundation dengan gerakan tap..tap..tap… secara perlahan. Teknik ini bertujuan agar produk menempel sempurna ke kulit dan menghasilkan hasil yang full coverage. Untuk menerapkan teknik ini, kamu dapat menggunakan stippling brush atau beauty sponge; whatever you choose, hindari menyeret aplikator karena dapat menyebabkan hasil akhir foundation kamu terlihat bergaris-garis.


    6. Koreksi makeup dengan concealer


    Jika kamu ingin menambahkan coverage, hindari untuk menambahkan layer foundation pada wajah. Alih-alih ingin mendapatkan hasil riasan wajah yang full coverage, menambahkan layer foundation justru membuat hasil riasan wajah kamu menjadi terlihat cakey. Cukup gunakan satu layer foundation pada wajah, dan tambahkan penggunaan concealer pada area wajah tertentu yang masih membutuhkan coverage.


    7. Kunci makeup dengan setting spray


    Untuk hasil akhir riasan wajah yang menyatu dengan kulit dan flawless, semprotkan setting spray setelah mengaplikasikan foundation. Langkah ini juga akan membantu membuat riasan wajah kamu tahan sepanjang hari.


    (Fariza Rahmadinna / VA / Images: Dok. Roberto Delgado Webb on Unsplash)