Better You

7 Makanan ‘Sehat’ Ini Ternyata Kurang Baik Untukmu

  by: Fariza Rahmadinna       20/5/2020
  • Demi menjaga agar tubuh tetap sehat, banyak orang melakukan olahraga secara rutin, istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan-makanan sehat karena dianggap baik bagi tubuh. Namun perlu kamu ketahui, ada beberapa makanan yang dianggap ‘sehat’ yang ternyata kurang baik bagi tubuh. Mau tahu apa saja? Keep scrolling, girls!




    1. Yoghurt Kemasan


    Sebagaimana diketahui, yoghurt merupakan salah satu makanan yang dipercaya baik bagi tubuh, khususnya bagi sistem pencernaan, karena produk olahan susu ini mengandung bakteri baik. Namun sayangnya, tidak semua yoghurt memiliki kandungan baik bagi tubuh. Beberapa dari yoghurt tersebut justru berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara terus-menerus, seperti yoghurt kemasan dengan berbagai macam rasa yang ternyata mengandung gula dan perasa buatan yang cukup tinggi serta sedikit nutrisi dan vitamin. Sebagai alternatif, kamu bisa memilih yoghurt tanpa rasa atau greek yoghurt yang lebih sehat, bebas gula dan tanpa perasa buatan.


    2. Salad


    Salad merupakan makanan yang terdiri dari sayur-sayuran dan buah-buahan yang menyehatkan. Namun sayang, beberapa jenis dressing atau saus salad yang kamu gunakan dapat membuat salad menjadi kurang baik. Terutama saus thousand island, saus mayones yang satu ini mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi, sehingga dapat merugikan tubuh jika digunakan dalam jumlah yang banyak. Untuk menyiasatinya, gunakan dressing yang cenderung netral seperti balsamic vinegar, Italian dressing atau minyak zaitun agar lemak tubuh tetap terkontrol. Kamu juga bisa menggunakan air perasan lemon sebagai dressing.

    Selain itu, perhatikan juga sayur-sayuran yang kamu gunakan untuk saladmu. Beberapa sayuran seperti selada putih, selada hijau, tauge, kol dan brokoli merupakan jenis sayuran yang mengandung banyak gas. Oleh karena itu, penderita penyakit mag kurang dianjurkan untuk mengonsumsi salad dengan bahan di atas sebagai makanan pengganti karbohidrat.

    Oh ya, jika kamu penggemar salad buah, kamu juga dianjurkan untuk mengurangi porsinya. Di setiap porsinya, salad buah mengandung banyak gula, kalori dari mayones, serta lemak dari keju parut. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, tentu saja tidak baik bagi tubuh.


    3. Energy Bar


    Energy bar adalah salah satu camilan favorit bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Akan tetapi, tidak semua energy bar sesehat yang kamu bayangkan, karena kebanyakan justru mengandung pemanis dan sirup fruktosa yang cukup tinggi. Ini membuat energy bar memiliki kalori yang cukup tinggi, yaitu sekitar 300-400 kalori. FYI, terlalu banyak kalori yang menumpuk di dalam tubuh dapat meningkatkan risiko strok, obesitas, penyakit jantung hingga kanker.




    4. Keripik Sayuran


    Kata “sayuran” yang disematkan mungkin membuat kamu berpikir bahwa makanan ini terkesan menyehatkan bukan? Padahal tidak juga, karena sayuran yang telah dijadikan keripik sebenarnya telah kehilangan nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalamnya saat proses penggorengan. Alih-alih menyehatkan, keripik sayuran justru mengandung lemak dan garam yang cukup tinggi, sehingga tidak baik bagi tubuh.


    5. Smoothie Bowl


    Makanan yang satu ini kerap diasumsikan sebagai makanan sehat karena terdiri dari berbagai macam buah dan sayuran. Memang benar demikian, namun tetap berhati-hati ketika memilih campuran topping saat membeli. Menggunakan terlalu macam buah dan sayuran dapat menimbulkan reaksi gula yang memicu peningkatan kadar insulin di dalam tubuh, lho!


    6. Granola


    Granola sering dijadikan pilihan camilan sehat karena terbuat dari perpaduan kacang-kacangan yang baik. Bahan tersebut dinilai mampu meningkatkan asupan serat dan protein di dalam tubuh. Akan tetapi, selain terbuat dari kacang-kacangan, granola bar juga biasanya dikombinasikan dengan cokelat sebagai perekat dan juga buah kering. Nah, tambahan inilah yang dapat meningkatkan gula darah jika dikonsumsi secara berlebihan. Menurut US National Library of Medicine, granola dengan kandungan gula yang tinggi justru akan membuat tubuh cepat merasa lemas.


    7. Jus Buah Kemasan


    Hampir semua orang menilai bahwa jus buah adalah minuman yang menyehatkan dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Namun perlu diketahui, jus merupakan hasil proses ekstraksi dari buah-buahan atau sayuran. Meskipun cairan hasil ekstraksi tetap mengandung vitamin, akan tetapi serat yang terkandung di dalam buah dan sayur tetap hilang saat proses ekstraksi. Apalagi jika kamu mengonsumsi jus buah kemasan siap minum setiap hari. Selain terbuat dari hasil proses ekstraksi, jus buah kemasan juga biasanya diberi tambahan gula dan perasa buatan untuk memperkuat rasa. Berdasarkan Journal Fruit Juice: Just Another Sugary Drink?, gula dan perasa buatan dapat meningkatkan kadar gula darah di tubuh.


    (Fariza Rahmadinna / VA / Images: Dok. Annelies Brouw on Pexels)