Lifestyle

GoPlay Adakan Festival Film & Serial Online di Masa Pandemi

  by: Shamira Priyanka Natanagara       15/5/2020
  • Mungkin kamu sudah mendengar kabar bahwa sejumlah festival film di berbagai negara telah ditunda. Mulai dari Sydney Film Festival, Edinburgh International Film Festival, hingga Cannes Film Festival yang tahun ini seharusnya merayakan tahun ke-73 sejak acara tersebut pertama kali diadakan. Semua dibatalkan, berkat pandemi COVID-19.

    Meskipun begitu, tentu saja industri perfilman memiliki cara kreatif untuk mengakali situasi ini—termasuk industri perfilman Indonesia. Platform streaming GoPlay, yang merupakan bagian dari Grup Gojek, berkolaborasi dengan Badan Perfilman Indonesia (BPI), serta lebih dari 50 asosiasi perfilman yang berafiliasi dengan BPI, untuk menghadirkan Festival Film & Serial Online (FFSO). 





    Melalui festival ini, para pengguna GoPlay dapat menyaksikan deretan film dan serial karya anak bangsa terbaik pilihan GoPlay. Ada 27 Steps of May dan Kucumbu Tubuh Indahku yang berhasil meraih Piala Citra 2019, dan untuk anak-anak, tersedia film Koki-Koki Cilik 1 yang tak hanya menghibur, tapi juga menginspirasi. Jika ingin bernostalgia, festival film online ini juga menghadirkan beberapa film Indonesia tahun 20000-an, seperti Virgin, Heart, dan Kuntilanak. Namun jika kamu ingin menyaksikan film yang lebih modern, GoPlay juga akan menyajikan Pretty Boys dan Ratu Ilmu Hitam, dua film yang dirilis pada tahun 2019 kemarin. 

    Menariknya, GoPlay pun telah mengelompokkan film dan serial terpilih berdasarkan tema dan genre, dan setiap minggu, tema dan genre yang dihadirkan akan berubah. Pada minggu ini (13 sampai 19 Mei), deretan film dan serial yang ditayangkan bertopik ‘Love and Heartbreak’. Tema ini akan digantikan dengan ‘Kembali pada Keluarga’ yang akan dimulai pekan depan. Berikut adalah jadwal lengkap FFSO:





    Acara ini pun didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Menteri Kemenparekraf RI Wishnutama Kusubandio merasa FFSO adalah inisiatif yang baik untuk “menggerakkan industri perfilman agar tidak padam dan lebih kuat dari sebelumnya.” Ia pun yakin bahwa sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan kembali bangkit setelah pandemi ini berakhir.

    So, kalau ada film atau serial Indonesia dari line-up film FFSO yang ingin kamu tonton, atau mungkin kamu dengan tulus ingin mendukung karya industri perfilman tanah air, unduh aplikasi GoPlay ASAP! Selama periode festival ini, pengguna setia dapat mengakses GoPlay selama satu bulan seharga Rp49.000,-, atau Rp29.000,- selama dua minggu. GoPlay juga akan menyalurkan 20% dari hasil penjualan akses nonton ke BPI, sebagai upaya untuk mendukung pekerja film di masing-masing asosiasi.


    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Dok. GoPlay Indonesia / Images: Dok. GoPlay Indonesia)