Better You

Cara Menjaga Postur Tubuh dan Posisi Duduk Selama WFH

  by: Kezia Calesta       15/5/2020
  • Apakah kamu memiliki kebiasaan duduk terlalu lama di depan komputer? Yes, we get that it’s your job… Namun jika kamu duduk seharian dengan postur tubuh yang buruk setiap hari, kebiasaan ini dapat menimbulkan berbagai penyakit. Cosmo akan memberikan kamu beberapa tips untuk menjaga postur tubuh dan posisi duduk selama Working From Home (WFH).


    Menurut American Posture Institute dan riset yang dilakukan di Jepang, postur tubuh yang salah dapat menyebabkan kelelahan, sakit punggung, sakit di area tubuh bagian atas, pegal di bagian lengan, dan sakit kepala. Selain itu, riset di Jepang juga membuktikan bahwa orang-orang dengan postur tubuh yang benar dapat bekerja dengan lebih produktif.




    Charlotte Sayers, seorang fisioterapis dari New York, mengungkap bahwa banyak klien mengeluh soal sakit punggung atau lower back pains, khususnya sejak bekerja di rumah. “Penyebabnya adalah durasi duduk yang lebih lama, dan tubuh mereka tidak seaktif biasanya. Punggung kita tidak suka berdiam dalam satu postur selama berjam-jam, khususnya dalam posisi duduk.” Dilansir dari Greatist, berikut tips untuk postur tubuh agar aktivitas duduk menjadi lebih nyaman.


    1. Berikan bantalan di area bawah punggung

    4 dari 5 orang dewasa mengalami sakit di punggung bagian bawah. Untuk membantu mengatasinya, duduklah dengan posisi bokong menempel ke punggung kursi. Lalu, tempatkan bantal kecil yang keras di lekukan tulang belakang bagian bawah.


    2. Tentukan posisi dagu yang benar

    Pegal di pagian leher dan sakit kepala dapat timbul jika kamu menghabiskan waktu di depan layar yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Untuk mencegah pegal, posisikan layar komputer di hadapan wajah, alias eye level. Jangan membiasakan posisi dagu yang menengadah ke atas juga, karena ini bisa menimbulkan rasa sakit di tulang belakang leher.


    3. Tekuk siku dengan posisi 90 derajat

    Apakah ketinggian kursi kamu dapat diatur? Idealnya, ketinggian meja kerja dan kursi kamu harus mengizinkan lengan dan siku untuk menekuk sebanyak 90 derajat.




    4. Perbaiki posisi pundak

    Open your shoulders. Kebanyakan orang seringkali duduk dengan pundak yang membungkuk, dan kebiasaan ini dapat menimbulkan sakit di area tulang belakang dan punggung. Putar pundak ke arah bawah, kemudian dorong ke belakang sampai kamu dapat merasa pergerakan otot di bagian atas punggung.


    5. Tekuk lutut sebanyak 90 derajat dengan telapak kaki yang rata dengan lantai.

    Kaki kamu berfungsi sebagai fondasi untuk postur tubuh yang baik. Duduk dalam posisi tegak menjadi semakin susah jika kaki tidak ditempatkan secara rata di permukaan lantai, maka hindari kebiasaan mengangkat satu kaki atau melipat kaki jika tidak ingin otot tertarik atau pegal.


    6. Lakukan olahraga mudah

    Meskipun kamu sudah bisa duduk dengan postur tegap sepanjang hari, kamu perlu ingat bahwa tubuhmu tidak dirancang untuk duduk selama 8 jam setiap hari. Berdiri setiap jam dapat membantu meregangkan otot dan menggerakkan sendi, dan jangan lupa untuk stretching!


    (Image: doc. @icons8 via Unsplash)